5 Serial Netflix Bertema Isu Sosial yang Wajib Kamu Tonton

Cocok ditonton saat bersantai di akhir pekan

Pada awal tahun 2022 lalu, serial Netflix Don’t Look Up berhasil menjadi buah bibir gara-gara isu sosial menarik yang diangkat sebagai tema utama.

Don’t Look Up adalah salah satu serial Netflix yang mencubit permasalahan sosial yang sangat marak terjadi saat ini: Ketidakpedulian terhadap berbagai hal kecuali diri sendiri.

Sebenarnya, ada beberapa serial Netflix lain yang juga mengangkat tema serupa. Kontributor YODU merangkum setidaknya ada 5 serial dan film Netflix ini yang punya tema serupa!

1. 3-Nen A-Gumi (Mr. Hiiragi’s Homeroom)

Salah satu serial Netlflix yang cukup fenomenal dari Jepang karena mengangkat isu yang seringkali terjadi di dunia maya namun menjadi sesuatu yang abu-abu batasannya, Cyberbullying.

3-Nen A-Gumi atau Mr. Hiiragi’s Homeroom menceritakan tentang Ibuki Hiiragi, wali kelas dari kelas 3-A di Sekolah Menengah Atas Kaio. Menjelang hari-hari kelulusan, Ibuki mengatakan hal yang mengejutkan kepada kelas asuhannya: “Kalian semua akan menjadi sanderaku”.

Mr. Hiiragi’s Homeroom merupakan salah satu serial drama yang mengingatkan kita bagaimana jari-jarimu di dunia maya bisa membuat orang lain semakin hidup atau justru merasa terkucilkan.

Drama 10 episode ini juga mengajarkan terkait nilai hidup keseharian melalui masalah yang dihadapi oleh murid-murid dari Hiiragi Ibuki serta misteri seputar kematian Reina Kageyama, salah satu siswi kelas 3-A.

2. Black Mirror

Black Mirror merupakan serial fiksi ilmiah dari Netflix yang membahas terkait masa depan yang suram di mana teknologi menguasai kehidupan sehari-hari dari manusia.

Berbeda dengan kebanyakan, serial yang satu ini jarang memiliki keterikatan antara satu dengan episode lain. Salah satu pesona terkuat dari Black Mirror adalah bagaimana mereka menggunakan elemen prediksi masa depan jika sebuah isu sosial yang ada terus berada hingga ke masa depan.

Sejauh ini ada 22 episode yang terdiri dari 5 musim dan sebuah film yaitu, Bandersnatch yang tergabung dalam semesta Black Mirror. Tidak ada urutan di mana kalian harus menonton episode-episode ini karena semuanya mempunyai cerita yang berbeda.

3. Rascal Does not Dream of Bunny Girl Senpai

Setelah 2 serial di atas, kita akan berpindah ke divisi animasi Netflix dan dimulai dengan anime Rascal Does not Dream of Bunny Girl Senpai atau Seishun Buta Yaro wa Bunny GIrl Senpai no Yume o Minai yang mempunyai judul cukup unik.

Jangan tertipu dengan judulnya, Rascal Does not Dream of Bunny Girl Senpai menabrak sindrom atau masalah sosial yang dimiliki oleh remaja yang ingin mencari jati diri mereka sebenarnya. Mulai dari star syndrome, cyberbullying, dan juga hero syndrome.

Anime dengan 13 episode dan juga 1 film ini akan mengajak kalian melihat hidup dari kacamata Sakuta Azusagawa di mana dirinya akan menolong menyembuhkan orang-orang yang terjangkit Sindrom Masa Muda yang ironinya juga terdapat pada dirinya.

4. If Anything Happens I Love You

Animasi Netflix yang baru rilis tahun 2021 ini mengangkat sebuah isu yang terjadi di dunia yaitu orang tua yang kehilangan anaknya karena penembakkan di sekolah.

If Anything Happens I Love You menceritakan tentang sepasang orang tua yang baru saja kehilangan putrinya karena penembakkan yang terjadi di sekolah tempat dirinya belajar. Masih terselimut dalam duka, film ini akan menceritakan bagaimana keduanya menyikapi kejadian yang menimpa mereka.

Berbeda dengan ketiga serial di atas, If Anything Happens I Love You merupakan sebuah film dengan durasi 12 menit saja. Namun, film pendek yang satu ini akan membawa kalian merasakan luapan dan juga gejolak emosi dari pasangan tersebut di setiap detiknya.

5. Itaewon Class

Terakhir ada salah satu serial dari Korea Selatan yang cukup fenomenal di Indonesia dan seringkali menjadi titik awal menyukai drama negeri ginseng lainnya, Itaewon Class.

Serial Korea Netflix yang satu ini memang memiliki cerita yang menarik tentang Park Sae-ro-yi, seorang bekas narapidana. Park dipenjara karena menyerang anak sebuah CEO kaya yang menabrak ayah Sae-ro-yi. Setelah keluar, dirinya membuka sebuah restaurant sekaligus bar dan ingin membalas dendam kepada yang bertanggung jawab membawa dirinya ke penjara.

Itaewon Class memiliki banyak sekali pelajaran terutama bagaimana menjalankan perusahaan dan juga menjalani hidup, khususnya di era start-up.

Apakah kamu termasuk penikmat film yang hobi senam otak dengan tema-tema sosial yang diangkat ke dalam film? Kalau iya, share artikel ini dan rekomendasikan jajaran film/serial Netfilx di atas ke kawan-kawanmu ya!

More Stories
Promo Yodu untuk para pengguna premium Desember 2022.
Top Up Spesial di YODU Premium, Dapetin Diskon Asyik hingga 50%