5 Tips Main Pasif di Free Fire: Anti Barbar, Poin Tetap Maksimal!

Ada banyak pola permainan di dalam Free Fire, bermain pasif adalah salah satunya.

Namun, pemain cenderung main agresif barbar supaya bisa mengumpulkan poin kill. Padahal, kalian tetap bisa koleksi kill walau dengan permainan pasif sekalipun.

Lalu, bagaimana cara dapat banyak poin kill dengan pola permainan pasif? Simak strateginya berikut ini.

1. Cermat Memilih Tempat Persembunyian

Tempat persembunyian adalah hal yang penting saat kalian ingin bermain pasif. Ada banyak lanskap yang bisa dimanfaatkan pemain untuk berlindung dan menyembunyikan keberadaan. Mulai dari rumput tinggi, pohon, undakan tanah, bukit, rumah, gedung, tembok, bahkan kendaraan.


Jika sudah menguasai map, kalian akan lebih mudah memilih tempat persembunyian. Jangan lengah, kalian harus tetap waspada kalau saja ada musuh lain yang mengintai dari titik buta.

2. Melatih Ketenangan dan Skil ‘Petak Umpet’

Inti dari strategi pasif adalah: pelan tapi pasti. Bukan karena takut, namun pemain harus ekstra hati-hati agar tak terlalu menarik perhatian musuh. Permainan pasif menuntut kalian untuk bergerak sabar, menunduk alias ‘ngendog’, dan mengamati pergerakan yang ada di sekitar.
Kalian juga harus pasang telinga lebar-lebar untuk mendengar suara langkah kaki, kendaraan, atau tembakan yang mungkin ada di dekat kalian. Jika sudah menemukan musuh, pemain harus sigap melancarkan tembakan agar bisa mendapatkan kill.

3. Mengasah Reflek

Pemain-pemain pasif terbiasa untuk memburu lawan dalam senyap. Penggambaran yang paling sering diambil sebagai contoh adalah sniper yang mampu melancarkan tembakan maut dari tempat tersembunyi.


Namun tenang aja, enggak cuma sniper yang bermain pasif, kok! Kalian yang ahli bertarung di jarak dekat-menengah juga bisa menggunakan strategi ini. Sebab pada dasarnya, semua role pemain harus memiliki refleks yang tinggi untuk bertahan di arena battle royale.

Bekerjasamalah dengan tim untuk bergerak dalam formasi yang tenang dan terstruktur. Jika ada musuh yang mendekat, kalian bisa langsung melumpuhkan lawan demi melindungi petarung jarak jauh. Sebab, tak menutup kemungkinan kalian disergap oleh musuh saat berotasi. Latihlah refleks untuk membidik musuh yang sedang bergerak cepat di mode training dan classic.

4. Hindari Pertempuran dalam Ruangan Sempit

Pertempuran dalam ruangan sempit adalah hal yang sangat tidak disarankan untuk kalian yang bermain dengan strategi pasif. Pasalnya, keterbatasan ruang gerak ini sangat menguras fokus dan energi. Jika ingin bersembunyi di dalam rumah, pastikan kalian sudah memikirkan dengan matang bagaimana cara menjebak musuh secara akurat serta jalan keluar untuk kabur.

5. Siapkan Med Kit dan Gloo Wall

Walaupun bermain dengan lebih aman, pemain harus tetap menyiapkan med kit dan Gloo Wall untuk mengantisipasi situasi genting. Tambahan HP dari med kit sangat berguna untuk memperpanjang umur di sepanjang permainan. Selain itu, Gloo Wall akan jadi perlindungan yang amat berguna jika kalian terjebak di tengah pertempuran.

Rekomendasi Karakter Free Fire untuk Bermain Pasif

Karakter Free Fire memiliki skill beragam yang bisa kalian sesuaikan dengan strategi permainan pasif. Kalian bisa menggunakan karakter Free Fire yang punya kemampuan deteksi untuk memantau keadaan sekitar. Misalnya karakter Clu FF yang mampu mengetahui lokasi musuh dalam radius 30-75 meter.

Moco Free Fire juga mampu menandai musuh dan membagikan informasinya kepada rekan satu tim. Karakter satu ini sangat direkomendasikan untuk pemain yang sedang belajar jadi sniper. Soalnya, tembakan Moco selalu tepat sasaran pada target yang ditandai.

Kemampuan ini juga mirip dengan karakter Shirou Free Fire yang bisa menargetkan dan menembak musuh dari jarak 80 meter. Selain itu, sniper juga cocok menggunakan Dasha dan Laura yang skill-nya membuat tembakan menjadi lebih akurat dan stabil.

Kalian juga bisa memanfaatkan karakter yang memiliki durability tinggi seperti Andrew atau Hayato yang mampu meningkatkan penetrasi armor untuk menyergap lawan.

Pemain bisa menggunakan karakter yang memiliki skill buff untuk men-support tim. Misalnya karakter Alok dan K yang mampu meningkatkan movement speed dan healing. Selain mempermudah rotasi, kemampuan Alok maupun K mampu memberi HP tambahan untuk rekan yang sedang sekarat.

Last but not least, untuk permainan pasif kalian bisa menggunakan meta rumput milik Wukong. Jika skillnya diaktifkan, karakter Free Fire satu ini mampu berkamuflase menjadi rumput sehingga bisa berotasi dengan mulus. Dengan meta rumput kalian juga bisa mengendap-endap ke arah lawan dan melancarkan serangan dengan mudah di area semak-semak.

Apakah kalian punya tips tambahan atau rekomendasi karakter lain untuk pola strategi pasif? Tinggalkan opini di kolom komentar bawah ya!

More Stories
Hero Terkuat Mobile Legends
5 Hero Terkuat di Mobile Legends Desember 2022, Wajib Pick!