10 Seri Anime Jadul Favorit, Enggak Lagi Tayang di Televisi!

Bisa jadi daftar tontonan kamu buat akhir pekan nanti!

Jepang memiliki sejarah panjang terkait anime/manga. Televisi Indonesia juga ikut menyiarkan beberapa judul anime selama bertahun-tahun. Bahkan tak sedikit teman-teman yang masa kecilnya ditemani oleh seri anime tahun-tahun lama alias jadul.

Nostalgia sedikit yuk! Berikut ini beberapa seri anime jadul yang sempat tayang di televisi dan menemani masa kecil kalian. Simak ya!

1. Dragon Ball

Dragon Ball adalah salah satu anime wajiib yang pasti pernah ditonton oleh anak-anak 90an, walau hanya sekali.

Serial satu ini mengisahkan petualangan Goku dan Bulma dalam mengumpulkan bola Naga yang sering menemui rintangan, misalnya dari Piccolo sang Raja Iblis. Kalian yang masa kecilnya ditemani anime Dragon Ball pasti sangat menantikan tayangannya di hari Minggu.

2. Captain Tsubasa

Captain Tsubasa adalah seri anime bertema olahraga yang tayang di televisi sejak tahun 2000an.

Anime ini merupakan cerita tentang seorang anak SD berumur 11 tahun yang sangat mencintai olahraga sepak bola. Tsubasa Oozora mengatasi segala rintangan dan tetap semangat mengejar impiannya untuk menjadi pesepak bola profesional

3. Samurai X

Beberapa dari kalian mungkin mengingat bahwa Samurai X tidak tayang di hari Minggu. Namun seri anime satu ini bisa disaksikan pada libur sekolah. Samurai X atau dikenal juga dengan judul Rurouni Kenshi adalah cerita tentang seorang samurai pengelana bernama Kenshi Himura.

Sosoknya yang tampak lemah dengan samurai (pedang) terbalik sering orang-orang meremehkannya. Namun siapa yang sangka bahwa Kenshi adalah Battosai, seorang samurai legendaris dan terkenal sebagai pembunuh darah dingin.

4. Sailor Moon

Meski dikenal sebagai anime-nya para gadis, tak sedikit juga anak laki-laki yang suka menonton Sailor Moon. Cerita serial ini berpusat pada Usagi Tsukino, seorang siswa biasa yang bertemu dengan kucing bernama Luna.

Kucing yang bisa berbicara ini pun memberikan kekuatan padanya untuk berubah menjadi Sailor Moon dan bertarung menjaga kedamaian di bumi. Sempat tayang di televisi nasional, Sailor Moon sukses menemani masa kecil anak-anak kelahiran 90an hingga 2000an.

5. Ninja Hatori

Kalian pasti banyak yang teringat dengan Doraemon saat menonton serial Ninja Hatori. Wajar aja sih, soalnya kreator dua manga ini adalah orang yang sama, yaitu Fujiko Fujio.

Kenichi Mitsuba adalah seorang siswa biasa yang bersahabat dengan ninja cilik bernama Hanzo Hattori. Baik hati dan cerdas, Hatori dikenal sebagai ninja yang menjaga anak-anak saat bermain di taman. Kalian pastinya rindu dengan keseharian dua sahabat yang penuh aksi kocak ini.

6. Inuyasha

Inuyasha sempat tayang di televisi nasional dan menjadi hiburan anak-anak kelahiran 90an. Serial ini bercerita tentang Kagome Higurashi yang memiliki kekuatan magis sehingga terlempar ke zaman Sengoku. Di era Jepang kuno ini dia bertemu dengan siluman setengah manusia yang licik bernama Inuyasha.

Kagome tak sengaja memecahkan Shiko no Tama dan membuatnya tersebar ke seluruh penjuru. Akhirnya Kagome dan Inuyasha memulai petualangan untuk mengumpulkan pecahan Shiko no Tama demi menjaga kedamaian.

7. Tokyo Mew Mew

Satu lagi serial kepahlawanan yang diperankan oleh para wanita, Tokyo Mew Mew. Anime yang sempat tayang di televisi ini menceritakan tentang sekelompok gadis berkekuatan animal. Ichigo Momomiya dan kawan-kawannya berjuang untuk mengalahkan alien yang berusaha menguasai bumi.

8. Cardcaptor Sakura

Cardcaptor Sakura adalah salah satu serial anime yang jadi favorit anak kelahiran 90an, khususnya anak perempuan. Selain ceritanya seru, anime satu ini juga menampilkan banyak kostum-kostum cantik nan imut.

Cardcaptor Sakura mengisahkan tentang anak perempuan bernama Sakura Kinomoto yang tak sengaja melepaskan kartu berkekuatan magis, Kartu Clow. Setelah membangunkan Cerberus sang penjaga, Sakura mendapatkan kekuatan untuk menjinakkan para penghuni kartu yang mengacau kota.

9. Dewi Karin

Mungkin tak banyak yang pernah menonton Dewi Karin, sebab serial anime ini tayang di saluran tertentu. Meski demikian, cerita seru dan plot twist membuatnya menjadi salah satu anime jadul yang dirindukan.

Sesuai dengan judulnya, kisah anime ini menceritakan Karin Hanazono yang selama 13 tahun hidup dalam kesepian. Lalu suatu hari, kekuatan dewi yang dimilikinya bangkit setelah bertemu dengan Kazune Kujo dan Himeka Kujo. Petualangan Karin untuk mengungkap masa lalunya pun dimulai.

10. Saint Seiya

Bicara soal anime jadul, rasanya tak akan lengkap jika tidak membahas serial Saint Seiya. Cerita petualangan Seiya membuat anak-anak kelahiran 90an mengerti banyak soal mitologi Yunani dan konstelasi.

Karakter yang ada di anime Saint Seiya juga sangatlah banyak dan ceritanya pun tergolong rumit untuk ukuran anak kecil. Apakah kalian berniat menonton anime satu ini setelah dewasa?

Sayangnya, kebanyakan anime jadul di atas sudah tak pernah lagi tayang di televisi. Kira-kira, mana nih seri anime jadul yang paling kalian suka dan rindukan?

More Stories
10 Fakta Yhwach Bleach: Pemimpin Quincy, Anak Soul King?