Arti Kata Ratio Ratioed, Anak TikTok dan Twitter Wajib Vaham!

arti kata ratio ratioed

Arti kata ratio ratioed kini kian membangkitkan rasa penasaran khalayak ramai. Pasalnya, kata ini kerap kali muncul di media sosial seperti TikTok maupun Twitter. Baik itu di kolom komentar maupun caption sebuah postingan.

Perlahan-lahan, anak muda di kota besar juga mulai menggunakan kata ini dalam percakapan sehari-hari. Apa sebenarnya arti kata ratio ratioed? Bagaimana cara penggunaan kata ini?

Kita akan bahas satu per satu secara perlahan biar kalian enggak penasaran dan enggak salah menggunakannya.

Dalam bahasa Inggris, ratio memiliki arti ‘perbandingan’. Sedangkan bentuk ketiganya, yakni ratioed berarti ‘dibandingkan’.

Secara lebih dalam dijelaskan bahwa ratio adalah hubungan kuantitatif dari dua jumlah yang menunjukkan perbandingan. Kata ratio atau ratioed biasanya muncul dalam bahasan finansial, bisnis, hingga sains seperti Matematika atau Fisika.

Ratio atau dalam bahasa Indonesia disebut ’rasio’ sering juga digunakan sebagai alat untuk menganalisa sebuah data. Namun entah mengapa belakangan kata ini sering digunakan dalam percakapan di kolom komentar sosial media.

Hal ini bermula ketika netizen Twitter membandingkan interaksi mana yang lebih banyak antara jumlah reply dan like-retweet dalam sebuah tweet. Jika ternyata ‘cuitan’ tersebut menerima komentar ‘ratioed’, artinya jumlah reply lebih banyak dibandingkan like-retweet.

Baca Juga: AI Manga TikTok Viral! Simak 7 Tren yang Sedang Populer

Kata ini juga digunakan oleh netizen TikTok. Perlu kalian ketahui bahwa universe TikTok memang sedikit berbeda. Konten yang kalian posting bisa di-create ulang oleh user lainnya menggunakan audio atau sound sama.

Tentunya ini bisa dilakukan jika pengunggah pertama atau kreator utama memberikan izin ya. Jika konten yang kalian buat viral, maka tak menutup kemungkinan audio atau sound tersebut di-recreate oleh user lain.

Terkadang konten hasil recreate jauh lebih viral atau terkenal dibandingkan konten originalnya. Kata ratio atau ratioed digunakan untuk menggambarkan keadaan ini.

Kasus seperti ini sering terjadi dan cukup diwajarkan. Sebab kreativitas setiap orang dalam mengemas dan memandang satu hal juga berbeda.

Masih wajar ya, ges. Yang bikin sebagian orang bingung, arti kata satu ini mulai bergeser makna sedikit demi sedikit.

Ratio atau ratioed juga digunakan sebagai istilah ‘keinginan’ atau ‘harapan’. Misalnya, ketika sebuah konten mendapatkan likes 1M dan seseorang berkomentar “ratio 1:1”. Itu artinya, dia juga ingin atau berharap bisa mendapatkan likes sebanyak itu.

Baca Juga: Kumpulan Meme Kaesang Nikah, Banyak Momen Lucu dan Unik

Ada juga beberapa orang yang menggunakan kata ratio untuk mengemukakan pendapat setuju atau tidak. Dalam hal ini kata yang muncul adalah “Ratio W (Win)” untuk setuju atau “Ratio L (Lose)” bagi yang tidak setuju.

Misalnya, seseorang mengatakan bahwa kopi di Starbucks sangat enak dan murah. Kemudian netizen berkomentar Ratio W yang menandakan bahwa mereka setuju. Ada pula yang mengatakan Ratio L alias ketidaksetujuan.

Apakah penggunaan yang seperti itu sudah benar? Nah, kalian sendiri bisa menilainya ya ges. Walau tidak menggunakannya dalam percakapan, yang penting kalian sudah paham apa arti kata ratio ratioed.

Semoga informasi ini membantu ya!

More Stories
yu-gi-oh-duel-rush
“Rush Duel” Hadir di YU-GI-OH! DUEL LINKS! Nikmati Cara Dinamis Baru untuk Duel di Mobile dan PC