Biografi Eiichiro Oda, Sang Mastermind Kisah One Piece

biografi eiichiro oda

Biografi Eiichiro Oda akan jadi salah satu materi yang paling dicari setiap kali nakama (baru) menyadari bahwa kisah One Piece sangatlah kompleks dan mengagumkan. Orang seperti apa sih yang menciptakan dunia One Piece? Simak ulasan lengkap biografi Eiichiro Oda berikut ini.

Biografi dan Profil Singkat Eiichiro Oda

biografi eiichiro oda one piece umur istri dan anak

Eiichiro Oda lahir di Prefektur Kumamoto, Jepang, pada tanggal 1 Januari 1975. Di tahun 2024, Eiichiro Oda tepat menginjak usia 49 tahun. Pria ini akrab disapa penggemarnya dengan sebutan “Oda-sensei”. Wajah Eiichiro Oda jarang diperlihatkan di muka umum.

Ia lebih sering menggunakan ilustrasi ikan dan Den Den Mushi sebagai representasi dirinya. Sejak kecil Oda sudah bercita-cita menjadi seorang mangaka dan menuliskan cerita tentang bajak laut.

Baca Juga: Bukan Jadi Raja Bajak Laut, Eiichiro Oda Ungkapkan Apa Impian Luffy Sebenarnya

Sudahkah Eiichiro Oda menikah? Apakah dia memiliki anak? Yap, sudah! Pada tahun 2002, mangaka One Piece ini bertemu dengan seorang model bernama Chiaki Inaba dan menikahinya dua tahun kemudian.

Istri Eiichiro Oda melahirkan seorang anak perempuan di tahun 2006. Kemudian pada tahun 2009, Chiaki melahirkan anak perempuan kedua Eiichiro Oda.

Awal Karier Sang Mangaka One Piece

awal karier eiichiro oda one piece

Oda pertama kali mengerjakan One Piece di tahun 1997, tepatnya saat ia berusia 22 tahun. One Piece adalah salah satu manga yang mendapatkan rekor dunia dari The Guinness World Book of World Record karena telah mencetak ratusan kopi sejak awal terbit.

Cerita perjalanan Monkey D. Luffy dan kawan-kawan disebutkan sebagai manga yang paling laku di sepanjang sejarah. Tak hanya disajikan dalam anime, seri populer buatan Eiichiro Oda ini bahkan diadaptasi ke versi live action pada tahun 2023 dan mendapatkan popularitas yang lebih tinggi lagi.

Tentu semua ini bisa tercapai berkat kerja keras, usaha, dan semangat pantang mundur. Jika ditarik mundur, Eiichiro Oda terjun ke dunia mangaka sejak berusia 17 tahun dan memulai kariernya dengan serius sebagai seorang asisten mangaka pada usia 19 tahun.

Baca Juga: Total Bounty Luffy Si Topi Jerami dari Pertama Hingga Sekarang

Laki-laki gigih ini bekerja sama dengan banyak mangaka ternama sebagai asisten pada waktu yang bersamaan. Sebut saja seperti Shinobu Kaitani (Suizan Police Gang), Masaya Tokuhiro (Jungle King Ta-chan dan Mizu no Tomodachi Kappaman), dan Nobuhiro Watsuki (Rurouni Kenshin).

Berkat itu, Oda bersahabat dengan tiga asisten Watsuki lainnya yang kemudian menjadi mangaka ternama. Mulai dari Shin Galactic (Detective Q), Mikio Itou (Normady Himitsu Kurabu), dan Hiroyuki Takei (Shaman King). Selama kariernya, Oda juga menjalin hubungan pertemanan dengan kreator Dragon Ball, Akira Toriyama dan mangaka Naruto, Masashi Kishimoto.

Demikianlah biografi singkat Eiichiro Oda, sang pencipta universe One Piece. Meski kehidupan pribadinya sangat tertutup, Oda sensei selalu memberikan yang terbaik untuk karier dan penggemarnya. Semoga ulasan ini menghibur kalian ya!

More Stories
yu-gi-oh indonesia comic con
“Yu-Gi-Oh! OCG Duel Monsters STRUCTURE DECK SALAMANGREAT SANCTUM” English Edition for Asia Sudah Tersedia di Indonesia