Esports di PON XX Papua Tambahkan PUBG Mobile dan Lokapala

Beberapa hari lalu, Persatuan Besar Esports Indonesia (PBESI) baru saja mengumumkan kehadiran esports ke dalam eksibisi esports di dalam PON XX Papua. Ketika itu, PBESI mengumumkan akan ada 3 game saja yang dipertandingkan yaitu Mobile Legends, Free Fire, dan eFootball PES 2021.

Kini, menyambut antusiasme para gamers, PBESI pun mengumumkan dua game tambahan yang akan dipertandingkan dalam eksibisi esports PON XX Papua. Dua game tersebut adalah PUBG Mobile dan Lokapala.

PUBG Mobile diikutsertakan sebagai cabang resmi eksibisi epsorts di PON XX Papua, sementara Lokapala diikutsertakan sebagai pertandingan persahabatan guna mempromosikan game buatan Indonesia ke khalayak yang lebih besar.

Berhubung Lokapala adalah pertandingan persahabatan, maka PBESI selaku panitia memperbolehkan calon peserta mendaftarkan timnya, walau anggotanya berasal dari provinsi yang berbeda. Nantinya, finalis akan diberangkatkan ke Papua untuk memperebutkan hadiah total Rp200.000.000. Pendaftaran babak kualifikasi Pertandingan Persahabatan Lokapala sudah dibuka pada 22 Agustus 2021 di platform Garudaku.com. Pertandingannya akan berlangsung pada 6-7 September 2021.

Pada sisi lain, PUBG Mobile yang merupakan cabang resmi eksibisi esports di PON XX Papua sendiri mengharuskan tim pendaftar berasal dari satu provinsi yang sama. “Untuk saat ini sendiri, sudah ada sekitar 40 ribuan peserta mendaftar di platform Garudaku.com untuk mengikuti cabang-cabang eksibisi esports di PON XX Papua.” Ujar Ashadi Ang selaku ketua bidang humas dan komunikasi PBESI.

Menyambut kehadiran dua game tersebut, Ketua Harian PBESI Komisaris Jenderal Pol. Drs. Bambang Sunarwibowo, S.H., M.Hum. menyatakan, “Masuknya Lokapala sebagai friendly match atau laga persahabatan dalam Ekshibisi PON ke XX di Papua tahun 2021, tak lepas dari aspirasi dan antusiasme gamers esports yang ingin gim lokal ini dihadirkan. Hal ini juga merupakan realisasi dukungan PBESI terhadap industri pengembangan gim lokal. Kami percaya, industri gim nasional memiliki potensi yang besar untuk go internasional, sehingga harus selalu kita dukung bersama.”

Aswin Atonie, Country Manager Tencent Games selaku publisher PUBG Mobile juga menambahkan pendapatnya terkait masuknya PUBG Mobile ke dalam eksibisi esports di PON XX Papua, “kami sangat mengapresiasi PBESI yang telah membantu esports untuk pertama kalinya masuk ke PON XX 2020. Tencent Games menyadari bahwa PON merupakan perhelatan olahraga terbesar dan paling prestisius di Indonesia dalam tingkat nasional dan siap untuk mendukung penuh kesuksesan PON XX 2020.”

Tak lupa, Ivan Chen selaku CEO Anantarupa sebagai developer dari Lokapala menyatakan. “Saya mewakili segenap tim pengembang Lokapala berterimakasih kepada PB Esports Indonesia atas dukungannya terhadap Lokapala, game esports pertama buatan Indonesia sehingga Lokapala digunakan untuk pertandingan persahabatan dalam ekshibisi esports PON XX Papua. Jika PON pertama di Surakarta untuk menunjukkan kedaulatan Indonesia di mata dunia, maka hadirnya pertandingan persahabatan Lokapala bersamaan dengan diselenggarakannya ekshibisi esports PON XX Papua merupakan sebuah pernyataan bahwa Indonesia juga berdaulat di dalam industri game esports.”

Eksibisi esports di PON XX Papua 2021 sepertinya akan menjadi semakin menarik dengan penambahan dua game tersebut. Tentunya, kompetisi tersebut akan menjadi kesempatan emas bagi tim-tim amatir untuk mendapat panggung di kancah esports Indonesia.

More Stories
RBL Fearless diduga melakukan pelecehan seksual terhadap seorang wanita.
Diduga Lakukan Pelecehan Seksual, RBL Fearles Dipecat!