7 Fakta Gojo Satoru Jujutsu Kaisen: Inspirasi Kekuatan dari Black Hole?

Kabarnya dia juga suka makanan manis dan menggemari anime Digimon!

Gojo Satoru adalah salah satu karakter paling menarik di anime Jujutsu Kaisen.

Sekilas, dia terlihat karakter yang sangat santai dan malas, tetapi ternyata memiliki kekuatan yang tidak bisa diremehkan. Dia bahkan disebut-sebut sebagai sorcerer terkuat dalam dunia Jujutsu Kaisen dengan teknik-teknik keren dan kemampuan bertarung yang luar biasa.

Akan tetapi, tahukah kamu kalau Gojo Satoru lebih dari hanya sekedar Sorcerer terkuat? Berikut ini 7 fakta Gojo Satoru yang jarang diketahui oleh fans!

1. Kekuatannya Terinspirasi dari Black Hole

Nama Cursed Technique Gojo adalah Infinity. Bisa dibilang teknik ini terinpirasi dari Black Hole dan segala sesuatu fenomena yang mengelilinginya.

Black Hole dikenal sebagai obyek dengan kekuatan gravitasi tinggi di luar angkasa. Saking tingginya gravitasi ini, bahkan bisa membuat cahaya tidak bisa lepas darinya lho!

Nah, menariknya, jika kamu tertarik ke dalam Black Hole, kamu tidak langsung tersedot ke dalamnya, tetapi kamu akan terlihat seperti berhenti di tempat.

Hal ini sangat mirip dengan bagaimana setiap serangan tidak mampu menyentuh Gojo. Semua serangan tersebut akan melambat dan terlihat berhenti di udara sebelum menyentuh Gojo.

Kemampuan Domain Expansion, Immeasurable Void, milik Gojo juga sangat mirip dengan teori bagaimana jadinya jika kamu berada di dalam Black Hole. Sama seperti Immeasurable Void, kamu akan bisa melihat segala sesuatu di sekelilingmu. Hal ini karena gravitasi Black Hole membuat pergerakan cahaya menjadi tidak beraturan, sehingga kamu bisa melihat apa yang ada di balik kepalamu.

2. Six Eyes Membuat Dirinya Tidak Pernah Kehabisan Cursed Energy

Six Eyes memiliki kemampuan yang luar biasa. Selain bisa melihat dan merasakan segala sesuatu di sekitarnya, Gojo juga bisa menggunakan Six Eyes untuk “melihat” atau menakar cursed energy yang akan dia gunakan.

Hal ini membuat Gojo sangat efisien dalam menggunakan cursed energy bahkan sampai-sampai orang-orang, seperti Okkotsu Yuta yang memiliki kapasitas Cursed Energy tertinggi di Jujutsu Kaisen, menyebut Gojo hampir tidak pernah kehabisan cursed energy ketika bertarung.

3. Gemar Makanan Manis Demi Kemampuan Otaknya

Meskipun kuat, tetapi kekuatan Six Eyes ini menguras energi otak Gojo, lho! Ini dikarenakan Gojo butuh melakukan kalkulasi menggunakan otaknya setiap kali menggunakan Six Eyes.

Untuk meningkatkan dan mempertahankan kemampuan otaknya, Gojo mulai memakan makanan manis (gula mampu meningkatkan kinerja otak manusia). Awalnya Gojo bisa dibilang tidak gemar makanan manis, tetapi karena kebiasaan, akhirnya dia menjadi suka dengan makanan manis.

4. Orang Paling Berpengaruh dalam Dunia Jujutsu

Gojo bisa dibilang orang paling berpengaruh dalam dunia Jujutsu. Saking berpengaruhnya, gara-gara kekuatannya. Dia bahkan bisa mempengaruhi keputusan mutlak para petinggi dunia Jujutsu. Dia setidaknya pernah dua kali menyelamatkan orang yang dijatuhi hukuman eksekusi oleh para petinggi dunia Jujutsu: Okkotsu Yuta dan Itadori Yuji.

Tidak sampai di situ, dalam Shibuya Arc, diceritakan kalau banyak sekali Sorcerer jahat yang bersembunyi karena adanya Gojo. Begitu kabar mengenai tersegelnya Gojo muncul, Sorcerer jahat ini tampak bahagia.

Rekan Gojo dan sorcerer senior, Kento Nanami, bahkan mengatakan kalau melepaskan Gojo dari segel adalah prioritas karena keseimbangan dunia akan runtuh jika sosok Gojo tidak ada.

5. Tidak Mau Terlalu Terlibat dengan Dunia Jujutsu Demi Generasi Selanjutnya

Meskipun kuat dan dikatakan sendiri oleh mangaka Jujutsu Kaisen, Gege Akutami, kalau Gojo bisa melakukan segala hal dengan terlalu mudah, tetapi Gojo lebih memilih untuk tidak terlalu terlibat dalam semua masalah yang ada.

Dia lebih memilih untuk menyerahkan masalah ini kepada murid-muridnya demi melatih mereka menjadi sorcerer yang tangguh. Meskipun terlihat tidak serius, tetapi Gojo ternyata sangat memikirkan masa depan dunia ya? Haha.

6. Penggemar Berat Digimon

Dalam Jujutsu Kaisen chapter 66, disebutkan kalau Gojo sangat suka dengan Digimon semasa SMA. Menariknya, baik pengisi suara Jepang dan Inggris anime Jujutsu Kaisen untuk Gojo juga pernah mengisi suara karakter-karakter Digimon, lho!

7. Punya Satu Kelemahan Besar, Tetapi Bukan Masalah Baginya

Meskipun disebut sebagai sorcerer terkuat, tetapi bukan berarti Gojo tidak memiliki kelemahan sama sekali. Salah satu kelemahan terbesar Gojo adalah: kekuatannya tidak cocok digunakan untuk bertarung di tempat umum.

Ya, Gojo memiliki daya hancur yang luar biasa sampai-sampai bisa membahayakan semua orang di sekitarnya—tidak peduli itu kawan atau lawan. Hal ini juga yang menyebabkan Gojo lebih baik bertarung seorang diri dalam menghadapi musuhnya.

Kelemahan ini sangat terlihat ketika di Shibuya Arc. Kenjaku dan Special Grade Cursed Spirit lainnya sengaja bertarung dengan Gojo di stasiun kereta bawah tanah yang penuh dengan orang-orang.

Hal ini sangat membatasi Gojo untuk mengerahkan kekuatan penuhnya. Meskipun begitu, hal ini bukan masalah besar bagi Gojo. Meski jatuh korban, tetapi Gojo mampu mendesak dan bahkan membunuh salah satu musuhnya.

Gimana? Jadi tambah tahu tentang karakter Jujutsu Kaisen yang satu ini kan! Apa pendapatmu? Apakah Gojo Satoru termasuk karakter favoritmu? Share artikel ini dan tuliskan pendapatmu yaaa~

More Stories
7 Fakta Jugram Haschwalth Bleach: Sumber Kelemahan Sang Raja Quincy?