5 Fakta si Thor Perempuan: Kekasih Thor yang Menerima Kekuatan Mjolnir!

Kemunculan Jane Foster (kekasihnya Thor) sebagai Mighty Thor pada film Thor: Love and Thunder kini terkonfirmasi sudah.

Pada trailer pertama yang dirilis untuk film tersebut, Jane Foster yang diperankan Natalie Portman muncul sosok pemegang Mjolnir kedua (selain Thor sendiri) setelah Captain America; yang ditampilkan pada Avengers Endgame.

Dengan menggunakan Mjolnir, maka Jane akan mendapatkan gelar The Mighty Thor, atau lebih sering dipanggil sebagai Thor saja. Tidak hanya gelar “Thor”, tapi dia juga mendapatkan semua kekuatan Thor.

Akan tetapi, tahukah kamu kalau Jane sebagai Mighty Thor sudah muncul semenjak tahun 70-an? Berikut ini 5 fakta Jane Foster yang menarik untuk kalian ketahui!

1. Jane Foster Pertama Muncul sebagai Thor dalam Komik Marvel What If…?

Kebanyakan fans MCU mengetahui seri What If…? dari serial Disney+.

Tetapi, seri cerita tersebut sebenarnya dibuat berdasarkan adaptasi dari komik Marvel yang diterbitkan 1977 dengan judul sama. Layaknya yang ada di film animasi, seri komik ini juga menceritakan tentang skenario-skenario alternatif di dunia Marvel.

Nah, What If…? #10 menceritakan tentang, bagaimana jika Jane Foster mengangkat Mjolnir.

Dalam komik rilisan tahun 1978 itu, Jane Foster diceritakan sebagai orang pertama yang menemukan Mjolnir. Palu tersebut menganggap Jane worthy untuk menggunakannya sehingga memberi Jane kekuatan Thor. Sebagai Thor, Jane Foster pun memulai karir superheronya. Dia mengalahkan supervillain seperti Mr. Hyde, Radioactive Man, dan juga Loki.

2. Jane Foster Mengidap Kanker saat Menjadi Thor

Hampir sama seperti di film, hubungan Thor dan Jane Foster dalam komik juga putus-sambung.

Dalam komik, Jane didiagnosa menderita kanker, saat Thor sedang sibuk dengan petualangannya. Ketika Thor kehilangan ke-worthy-annya, Mjolnir menghubungi Jane secara telepati dan membiarkan wanita tersebut mengangkatnya.

Jane pun mendapatkan seluruh kekuatan dan kemampuan Thor.

Jane mahir menggunakan Mjolnir karena belajar lewat melihat Thor bertarung dan menggunakan palu tersebut pada tahun-tahun kedekatannya. Jane kemudian bertemu dengan Thor dan dia diminta untuk mengembalikan Mjolnir.

Akan tetapi, Thor menyadari kalau palu tersebut bukanlah miliknya lagi. Dia kemudian memberikan senjata tersebut dan gelar “Thor” kepada Jane. Thor pun kini menggunakan nama Odinson.

3. Jane Foster Pernah Bergabung dengan The Avengers

Menariknya, kalau di komik, tidak ada yang tahu identitas asli dari sosok Mighty Thor. Bahkan, setelah event besar seperti Secret Wars sekalipun, identitas Jane Foster masih tersembunyi.

Sampai akhirnya dia bergabung bergabung dengan The Avengers.

Ya, Mighty Thor juga bergabung dengan Avengers yang saat itu terdiri dari Sam Wilson sebagai Captain America, Miles Morale sebagai Spider-Man, Kamala Khan sebagai Ms. Marvel, Tony Stark sebagai Iron Man, Sam Alexander sebagai Nova, dan Vision.

Identitas Jane akhirnya terbuka saat dia dipanggil ke masa depan oleh Kang the Conqueror. Perbedaan waktu tersebut membuat Jane terpisah dari Mjolnir.

Satu-satunya Avengers yang mengetahui hal ini adalah Sam Wilson. Sam pun berjanji kalau dia akan merahasiakan identitas Jane sebagai Mighty Thor. Saat kejadian ini terjadi, Jane masih menjalani perawatan kemoterapi untuk mengobati kankernya.

4. Kekuatan Thor Membuat Penyakit Kankernya Jadi Makin Parah

Sayangnya, perubahan Jane menjadi Thor justru malah membuat penyakit kanker yang diidapnya jadi semakin parah.

Setiap kali dia berubah menjadi Thor, efek dari perawatan kemoterapi yang sebelumnya dia dapatkan menghilang. Hal tersebut membuat penyakit kankernya jadi semakin parah. Pada satu titik, Doctor Strange memperingatkan Jane, jika dia berubah sekali lagi menjadi Thor maka penyakit kankernya benar-benar tidak akan bisa disembuhkan.

Jane memutuskan untuk pensiun menggunakan Mjolnir. Akan tetapi, sifat heroiknya membuat dia mengangkat kembali Mjolnir untuk menyelamatkan Asgard yang berada dalam bahaya. Untungnya, Odin dan Odinson kemudian menghidupkan kembali Jane dengan menggunakan God Tempest.

5. Jane Bersenjata Mjolnir, Tetapi Thor Tidak Bersenjata Stormbreaker

Menariknya, senjata digunakan Thor (atau Odinson) itu beda, antara versi komik dengan film.

Pada saat Jane bersenjatakan Mjolnir, Thor versi film Marvel menggunakan Stormbreaker sebagai senjata utamanya. Tapi, kalau di komik, Thor atau Odinson menggunakan senjata utama lain yang bernama Jarnbjorn.

Jarnbjorn hampir mirip dengan Stormbreaker versi MCU: keduanya adalah senjata berbentuk kapak. Dalam komik, Jarnbjorn adalah kapak yang menjadi senjata utama Thor sebelum ia dianggap worthy menggunakan Mjolnir. Senjata ini memiliki kekuatan untuk memotong apapun, bahkan bisa memotong makhluk kosmik seperti Celestial setelah sang Odinson memberikan darahnya kepada Jarnbjorn.

Kurang lebih itu dia beberapa fakta seputar Mighty Thor, Jane Foster alias pacarnya Thor yang dianggap worthy untuk menggunakan Mjolnir.

Apakah kamu tidak sabar menyaksikan Thor: Love and Thunder? Share artikel ini dan ceritakan hal yang bikin kamu kepingin nonton film Marvel yang satu ini ya!

More Stories
EVOS Saykots
REKT Bandingkan-bandingkan EVOS Saykots Dengan Dua Pro Player Ini