5 Film Anime Terbaik Ghibli yang Menghibur dan Penuh Magis, Penggemar Fantasi Wajib Tahu

Studio Ghibli dikenal sebagai produsen film yang menggarap anime melegenda nan membekas di hati. Karya-karya dari studio ini bagaikan punya kekuatan untuk menembus batasan waktu. Sebab meski sudah lewat puluhan tahun, film anime garapan Studio Ghibli tetap menarik untuk disaksikan.

Beberapa film yang bertema fantasi juga seolah memberikan pengalaman magis bagi penontonnya. Berikut ini daftar film anime terbaik Ghibli yang wajib kalian tonton. Coba kroscek dulu, film anime mana yang belum kalian tonton? Simak!

1. Spirited Away (2001)

Film ini menceritakan tentang Chihiro dan keluarganya yang pindah ke sebuah kota terpencil. Tersesat, di tengah perjalanan mereka memutuskan untuk mampir ke sebuah taman hiburan yang terbengkalai.

Sejak awal Chihiro sudah merasa tak nyaman dengan tempat ini. Namun kedua orang tuanya malah dengan santai berjelajah bahkan menyantap makanan dari sebuah kedai tanpa meminta izin.

Karena keserakahan, orangtua Chihiro dikutuk dan berubah menjadi babi. Mereka terjebak di dunia roh. Alhasil Chihiro pun berjuang untuk bertahan hidup dan membebaskan orangtuanya.

Cerita ini memuat banyak pelajaran hidup meski diperankan oleh seorang anak kecil dan dikemas dalam visual anime. Di sepanjang tayangan, penonton juga akan diperkenalkan dengan banyak kebudayaan dan mitologi Jepang.

Saking melegendanya, film ini bahkan memenangkan penghargaan di berbagai ajang, misalnya seperti Academy Award (2003) dan Oscar (2003).

2. My Neighbor Totoro (1988)

Sebuah keluarga kecil dengan dua anak perempuan pindah ke rumah pedesaan yang letaknya dekat dengan bukit. Mereka harus tinggal di daerah terpencil ini agar dekat dengan rumah sakit tempat sang ibu dirawat.

Satsuki dan Mei adalah dua anak pemberani yang punya jiwa petualang. Mereka bahkan berteman dengan Totoro, roh penjaga yang bersemayam di bukit sebelah. Persahabatan mereka sungguhlah manis, apalagi Totoro digambarkan dalam wujud yang sangat imut.

Film ini juga banyak memberikan pelajaran tentang kehidupan. Apalagi Satsuki yang berhasil memberi contoh sebagai anak yang berbakti sekaligus kakak tangguh bagi Mei. Meski terlibat konflik, Satsuki rela berlari mengelilingi desa demi menemukan adiknya.

3. Howl’s Moving Castle (2004)

Ghibli sering kali mengangkat latar tempat yang unik di setiap film fantasinya. Pada anime Howl’s Moving Castle, penonton akan disajikan pemandangan berlatarkan di era victorian yang masih kental dengan suasana peperangan.

Kalian bisa melihat beberapa teknologi yang sudah ada di zaman revolusi industri. Nuansa ini kemudian diberi sentuhan magis berupa sihir yang penuh keajaiban. Howl’s Moving Castle bercerita tentang seorang gadis muda bernama Shopie yang tak sengaja bertemu dengan penyihir tampan.

Namun karena hal itu, Shopie malah bertemu dengan penyihir lain yang mengutuknya hingga menjadi nenek tua. Dengan tubuh rentanya dia berjalan mendatangi kastil Howl demi melepaskan kutukan.

Howl’s Moving Castle menjadi film anime Jepang yang berhasil menembus penjualan tertinggi di dunia. Lalu pada tahun 2006, film ini dinominasikan ke ajang penghargaan Academy Award.

4. Ponyo (2008)

Ponyo adalah seekor ikan keturunan dewi laut yang ingin melihat kehidupan di daratan. Ia berus kabur dari rumahnya yang ada di dasar laut dan lepas dari ayahnya. Secara tak sengaja, Ponyo diselamatkan oleh seorang anak laki-laki bernama Sosuke yang tinggal di mercusuar.

Ponyo juga berhasil berubah menjadi anak perempuan lalu tinggal bersama Sosuke dan ibunya. Sosuke selalu merindukan ayahnya, sang nahkoda kapal yang sering pergi berlayar. Kehadiran Ponyo memberikan penghiburan tersendiri bagi Sosuke maupun ibunya.

Namun ternyata, keberadaan Ponyo di daratan telah mengganggu keseimbangan dunia. Tanpa mereka sadari, bencana alam kian berdatangan semenjak kedatangan Ponyo.

Meski dikemas ringan, penonton akan tetap merasa ketegangan konflik dalam film animasi ini. Film ini juga memberikan pelajaran hidup mengenai keluarga dan lingkungan sosial. Maka tak heran jika Ponyo tetap membekas di hati banyak orang.

5. Kiki’s Delivery Service (1989)

Ketika sudah menginjak usia 13 tahun, setiap anak penyihir harus pergi meninggalkan rumah dan berlatih untuk mengasah kekuatannya. Begitu juga dengan Kiki, gadis penyihir yang bermimpi untuk tinggal di kota pinggir laut. Usut punya usut, ternyata kota yang didatangi Kiki tak terlalu familiar dengan keberadaan penyihir.

Kehadirannya membawa kejutan tersendiri bagi warga kota. Namun untuk melangsungkan hidup, Kiki harus bekerja dan mendapatkan uang. Ia pun memilih pekerjaan sebagai jasa pengiriman barang. Dengan kekuatannya, Kiki mampu terbang mengirimkan barang ke seluruh penjuru kota.

Akan tetapi, suatu hari Kiki tiba-tiba kehilangan kekuatan sihirnya. Ia mencoba berbagai cara agar bisa kembali menerbangkan sapu terbang. Tentunya kalian pun penasaran dengan apa yang dilakukan Kiki agar kekuatan sihirnya kembali, kan?

Film ini mengajarkan tentang arti persahabatan dan rasa percaya diri. Jadi, enggak ada salahnya jika kalian memasukkan film anime Kiki’s Delivery Service ke watchlist.

Film karya Studio Ghibli memang banyak memberikan kesan di hati penonton. Terlebih lagi setiap film animasi diberi sentuhan soundtrack yang mengharukan dan magical. Nah, di antara judul-judul di atas manakah yang paling kalian sukai?   Tulis komentar kalian di kolom bawah ya!

More Stories
nama FF kamu nanya yang lagi banyak dicari para pemain Free Fire
100+ Nama FF Kamu Nanya Alif Cepmek yang Lucu dan Unik