Ternyata Segini Gaji BA Esports, Dibocorin Langsung Sama EVOS Age!

gaji ba esports

Pertanyaan mengenai besaran gaji di industri esports tentunya menjadi salah satu hal yang paling menarik di bahas, salah satunya yaitu gaji para Brand Ambassador (BA).

Pasalnya, hampir semua tim esports besar di Indonesia memiliki BA sebagai salah satu strategi pemasaran.

Mulai dari memberikan dukungan kepada para pemain yang sedang bertanding, menjadi talent untuk pembuatan konten dengan sponsor hingga menjadi daya tarik untuk menggaet para penggemar baru.

Hingga akhirnya bocoran gaji BA diungkapkan langsung oleh Steven ‘Age‘ Gunawan sebagai salah satu sosok senior di EVOS Esports.

EVOS Age Bocorkan Gaji BA Esports

Meski tidak menyebutkan secara spesifik, mantan pelatih BTR Alpha tersebut memberikan bocoran kisaran gaji para Brand Ambassador di Esports.

Tidak tanggung-tanggung, ternyata para BA tersebut mengantongi angka yang cukup fantastis setiap bulannya.

“Lumayan loh mas kalau BA tuh sebulan kayak 100-200 juta kalau di EVOS,” kata Age kepada KB dalam livestream terbaru-nya yang dikutip dari unggahan TikTok.

Hal itu tentunya membuat KB cukup kaget dan ikut tertarik mempertimbangkan jika ada penawaran yang masuk kepadanya.

Tugas BA Esports

Meski kerap hanya sebagai penghias tontonan, ternyata tugas para BA di dunia Esports itu keren banget dan penting banget buat membangun hubungan antara brand dan komunitas gamers.

Secara umum, BA Esports memiliki tanggung jawab untuk mewakili brand atau sponsor di berbagai acara, turnamen, dan bahkan di media sosial. Nah berikut ini beberapa tugas utama BA di dunia Esports:

  1. Mempromosikan Brand: Tugas utama BA adalah mempromosikan brand yang mereka wakili, baik itu produk, game, atau sponsor, lewat berbagai saluran, seperti media sosial, event live streaming, atau bahkan dalam percakapan sehari-hari dengan komunitas. Misalnya, kalau mereka bekerja dengan brand headset gaming, mereka akan sering tampil memakai produk itu, memberikan review positif, atau mengadakan giveaway.
  2. Engagement dengan Komunitas: BA harus aktif berinteraksi dengan fans dan audiens melalui platform seperti Twitch, Twitter, Instagram, atau Discord. Dengan menjalin komunikasi yang baik, mereka bisa memperkuat hubungan antara brand dan komunitas gaming. Mereka juga sering ikut terlibat dalam diskusi seputar game atau acara yang mereka promosikan.
  3. Membangun Kredibilitas: Sebagai Brand Ambassador, mereka harus bisa membangun kredibilitas dan kepercayaan terhadap brand yang mereka wakili. Jika audiens melihat mereka sebagai pemain atau influencer yang sudah dipercaya, maka promosi yang mereka lakukan akan lebih efektif.
  4. Konten Kreatif: Banyak BA Esports yang harus membuat konten kreatif seperti video, livestream, atau bahkan blog untuk meningkatkan visibilitas brand. Mereka akan sering mengunggah konten yang berhubungan dengan produk yang mereka promosikan, misalnya unboxing produk gaming atau membahas fitur-fitur keren dari sebuah game.
  5. Mendukung Turnamen dan Kompetisi: BA juga terlibat dalam mendukung penyelenggaraan turnamen Esports, baik secara langsung sebagai bagian dari tim penyelenggara atau dengan memberikan dukungan lewat promosi dan eksposur kepada para pemain dan event tersebut.

Melihat banyaknya peran yang harus mereka tanggung, tentunya tidak heran para BA memiliki gaji yang sangat fantastis di dunia Esports.

Baca Juga: Jadwal MPL ID S15: Tim, Format, Hasil dan Cara Menonton

Ikuti kanal resmi YODU Indonesia di Instagram untuk mendapatkan seluruh berita, panduan, dan highlight Free Fire, Mobile Legends, dan PUBG Mobile, atau game lainnya.

More Stories
nama free fire korea
​​Nama Free Fire Keren Pakai Bahasa Jepang, No Wibu!