Inilah 10 Game RPG PS1 Terbaik yang Jadi Pionir Pada Masanya!

Game dengan tema RPG atau Role Playing Game bisa dikatakan mencapai era keemasannya saat konsol Playstation 1 (PS1) rilis. Karena banyak judul-judul yang berkesan dan menarik, genre ini pun memiliki banyak percabangan mulai dari Tactical RPG hingga Action RPG.

Memilih 10 dari sekian banyak judul bukanlah hal yang mudah karena kumpulan game-game dalam konsol pertama Sony ini hampir bagus semua. Untuk itu, jika judul favorit kalian tidak ada di dalam daftar ini, percayalah … game favorit kalian itu tetap sama bagusnya dengan apa yang ada di dalam daftar ini.

Agar daftar ini tidak dipenuhi oleh satu serial saja, kami sengaja menggunakan satu judul terbaik saja dari masing-masing seri. Berikut sepuluh judul RPG terbaik yang rilis dalam konsol PS1:

10. Breath of Fire IV

Sebuah judul yang cukup familiar di telinga pemain RPG, Breath of Fire IV merupakan judul ke-4 dari serial Breath of Fire. Menariknya setiap game dalam seri ini mempunyai karakter bernama Ryu dan Nina.

Breath of Fire IV masih mengusung gameplay turn based JRPG, namun memiliki beberapa hal menarik yang bisa dilakukan di dalam field seperti field skill untuk menyelesaikan puzzle. Kerennya, kalian akan memainkan 2 sudut pandang yaitu dari sang protagonis, dan antagonis utama yaitu Fou Lu.

9. Tactics Ogre: Let Us Cling Together

Tactics Ogre: Let Us Cling Together merupakan game tactical RPG dari serial Ogre Battle buatan Quest Corporation yang sekarang menjadi bagian dari Square Enix. Gameplay Tactics Ogre adalah Tactical RPG. Dalam genre ini, kita mengendalikan satu party berisi ragam karakter dengan ragam kemampuan dalam sebuah level.

Tactics Ogre memiliki percabangan cerita tergantung dari pilihan yang kalian pilih: Law, Neutral, dan Chaos. Masing-masing memiliki variasi ending yang berbeda tergantung dari keputusan kalian ambil.

8. Persona 2:Eternal Punishment

Persona memang mendapat kesuksesan besar melalui Persona 3 yang rilis di Playstation 2. Namun, Persona 2: Eternal Punishment merupakan game yang membuat pondasi kokoh dari serial fenomenal buatan Atlus ini

Persona 2: Eternal Punishment merupakan sekuel langsung dari Persona 2: Innocent Sin dan masih bercerita tentang sekumpulan murid sekolah tingkat tinggi yang berusaha memecahkan misteri dari Joker. Namun, seri ini menyajikan rentetan twist unik ala Persona.

7. Brave Fencer Musashi

Brave Fencer Musashi merupakan game action RPG yang populer berkat tingkat kesulitannya dan puzzle yang kadang sollusi pemecahannya di luar nalar; membuat pemain pusing tujuh keliling memecahkannya.

Brave Fencer Musashi juga mempunyai sistem waktu yang berdampak kepada jadwal harian para penduduk dan musuh yang kalian hadapi. Selain itu, juga ada bar Fatigue Points yang akan berkurang seiring dengan waktu. Tidur akan mengisi bar tersebut sekaligus membuat waktu berjalan.

6. Star Ocean: The Second Story

Seri ini masih berjalan hingga sekarang dengan latar belakang luar angkasa yang luas. Star Ocean: The Second Story menggunakan konsep dua protagonis yang berbeda dan bisa kalian pilih di awal dengan cerita yang sedikit berbeda pula.

Dalam game ini, kedua protagonis yaitu Claude C. Kenni (anak dari Ronyx J. Kenni, karakter di Star Ocean pertama), dan Rena akan menginvestigasi tentang fenomena meteor yang membawa bencana ke planet Expel.

5. Chrono Cross

Chrono Cross adalah sekuel tidak langsung dari Chrono Trigger, game legendaris yang digambar oleh Akira Toriyama sang pencipta Dragon Ball. Berbeda dengan Chrono Trigger yang memiliki grafis 2D, Chrono Cross menggunakan grafis 3D.

Selain dari cerita menarik yang mengusung tema waktu, battle dari Chrono Cross termasuk unik dengan menggunakan unsur deck building ditambah kombinasi serangan untuk mengerahkan serangan kalian. Terdapat juga serangan gabungan dengan karakter lain yang membuat lineup karakter jadi salah satu penentu kemenangan dalam battle.

4. Vagrant Story

Vagrant Story membawa cerita kelam yang kelam dalam balutan gameplay strategis, battle yang menantang, serta unsur rhythm game di dalamnya. Berbeda dengan game RPG rata-rata, Vagrant Story tidak menggunakan sistem party. Kita hanya mengendalikan sang protagonis, Ashley Riot.

Kita tidak akan menemukan NPC ataupun toko di Vagrant Story. Bahkan, tidak ada sistem level di dalam game ini! Hanya ada set equipment yang bisa kita kustomisasi dan akan meningkatkan stats kalian. Salah satu RPG terunik!

3. Suikoden II

Ini dia salah satu primadonna JRPG di Playstation 1. Hampir semua pemain konsol buatan Sony tersebut mengenal game yang satu ini. Game ini terkenal gara-gara fitur unik yang bisa mengumpulkan 108 member party serta balutan cerita penuh intrik nan menarik. Alhasil, Suikoden II jadi sangat melekat di hati para pemainnya.

Suikoden II juga memberikan pemainnya kebebasan untuk menjelajahi dunia yang luas dengan side quest yang menarik dan cerita-cerita sampingan yang menggugah emosi.

2. Xenogears

Xenogears merupakan salah satu game dengan twist yang paling berkesan sepanjang masa. Selain itu, cerita dari game ini juga merupakan salah satu yang terbaik sehingga melahirkan dua penerus spiritual: Xenosaga dan Xenoblade yang mungkin lebih sering terdengar namanya.

Xenogears mempunyai combat yang sangat keren karena menggabungkan combo unik dari karakter dengan beragam skill. Selain itu, juga terdapat Gears atau robot yang bisa kalian kendalikan untuk melawan musuh ukuran raksasa.

1. Final Fantasy 7

Kalian mungkin sudah bisa menebak munculnya judul ini dalam daftar RPG terbaik PS1 buatan kami.

Game ini adalah salah satu judul paling fenomenal di sepanjang sejarah RPG merupakan dan merupakan game terbaik di era Playstation 1. Sejak awal, Final Fantasy 7 sudah menyandang status sebagai masterpiece yang menciptakan revolusi seri Final Fantasy dari 2D ke era 3D seperti yang kita kenal sekarang.

Battle yang disajikan oleh seri yang ini pun masih memiliki bekas di JRPG kebanyakan. Penyebabnya adalah sistem Active Time Battle. Pada sistem tersebut, kedua sisi akan bertarung terus menerus tanpa bertukar giliran hingga salah satu kubu berhasil ditaklukan.

Selain dari judul-judul di atas, beberapa judul yang mungkin bisa disebut namun belum masuk ke dalam daftar ini adalah Wild Arms, Legend of Legaia, Legend of Mana, Tales of Eternia (Tales of Destiny 2), dan Legend of Dragoon.

Itulah sepuluh game RPG PS1 terbaik. Apakah kalian setuju dengan pilihannya? Yang manakah favorit kalian?

More Stories
Sambut Rilisnya Tower of Fantasy, Indonesia Game Festival Berhasil Tarik Antusiasme Gamers