Build Albedo Genshin Impact: Kupas Tuntas Build Sub-DPS dan Burst Support

Akhirnya … Karakter yang ditunggu-tunggu rerun bannernya bakal hadir di Genshin Impact update 2.3.

Siapa kah dia? Siapa lagi kalau bukan si Chalk Prince atau Albedo.

Kita yakin nih, pasti kebanyakan kalian udah nungguin Albedo.

Tapi, mungkin beberapa dari kamu juga masih bingung. Apakah perlu pull banner Albedo? Kalau iya, harus build seperti apa karakter ini?

Well, sebagai persiapan menuju peluncuran banner Albedo, mending kalian simak dulu deh pembahasan Albedo yang satu ini!

1. Overview Skill dan Passive

Tak kenal maka tak sayang.

Sebelum bahas build, mari kita kenalan dulu dengan Albedo. Mari kita mulai dari elemental skill dan burst-nya.

Elemental Skill (Abiogenesis: Solar Isotoma): Albedo meletakkan Solar Isotoma dan membuat sebuah area di mana setiap musuh akan terkena hit Transient Blossoms setiap kali diserang oleh karakter apapun tiap dua detik.

Damage dari Transient Blossoms ini diambil dari total DEF Albedo.

Elemental Burst (Rite of Progeniture: Tectonic Tide): Albedo menembakkan AoE Geo DMG ke depan dan apabila sebelumnya ada Solar Isotoma (skill), 7 Fatal Blossoms akan dikeluarkan.

Damage dari Tectonic Tide dan Fatal Blossoms nggak akan meng-trigger Transient Blossoms.

1st Ascension Passive (Calcite Might): Damage Transient Blossoms lebih besar 25% ketika ngehit musuh yang darahnya di bawah 50%

4th Ascension Passive (Homuncular Nature): Ketika mengeluarkan Elemental Burst, semua Elemental Mastery karakter terdekat bertambah 125 untuk 10 detik

Utility Passive (Flash of Genius): Setiap kali melakukan craft untuk material senjata, ada 10% kesempatan dapat item dua kali lipat

2. Guide Artefak Albedo, Harus Fokus ke Mana?

Saat mau build Albedo, kemungkinan kamu akan bimbang setelah melihat dan mengerti kedua skillnya.

Jadi, apakah Albedo lebih bagus jadi build full DEF atau full ATK kayak DPS lainnya? Well, itu tergantung kebutuhanmu.

Sebenarnya Albedo punya dua pilihan build yang bisa kamu gunakan, yaitu sebagai Sub-DPS atau Burst Support.

Kedua build ini sebenarnya sama-sama membuat Albedo akan jarang on-field, hanya saja ada perbedaan dalam stat artefaknya.

3. Albedo sebagai Sub-DPS

Kalau kamu memutuskan untuk menjadikan Albedo sebagai Sub-DPS di party, itu artinya talent yang harus difokuskan adalah Elemental Skill (Abiogenesis: Solar Isotoma).

Jadi, nantinya kamu hanya menggunakan Albedo untuk mengeluarkan Elemental Skill dan langsung swap ke karakter lain.

Nah, sesuai dengan attribute scaling Elemental Skill-nya Albedo yang berasal dari DEF, artinya kamu harus menggunakan stat artefak DEF% dengan Crit Rate serta Crit DMG untuk stat sekunder.

Singkatnya, kamu bisa pakai Sand of Eon untuk dapat DEF%, Goblet Geo untk DMG Bonus dan Circlet untuk Crit Rate atau Crit DMG, tergantung mana yang kurang.

Sedangkan untuk set artefak, kita sih menyarankan untuk menunggu set yang akan rilis nanti, yaitu Husk of Opulent Dreams.

Berikut penjelasan pasif Husk of Opulent Dreams:

  • 2- piece: DEF +30%
  • 4- piece: Setiap karakter yang menggunakan artefak ini on field (digunakan), mendapatkan satu stack Curiosity setiap kali hit musuh dengan Geo setiap 0.3 detik.
  • Kalau karakternya off field, kamu akan mendapat stack setiap 3 detik sekali. Setiap stack menghasilkan tambahan 6% DEF dan 6% Geo DMG Bonus yang bisa ditumpuk sebanyak empat kali.
  • Kalau selama 6 detik nggak nambah stack, maka satu stack akan hilang.

Untuk senjatanya, Albedo sebenarnya punya banyak pilihan.

Namun yang terbaik dan cocok untuk player F2P (Free to Play) adalah Harbinger of Dawn atau Cinnabar Spindle, pedang baru yang digadang-gadang sebagai signature weapon Albedo.

Cinnabar Spindle ini nantinya akan memiliki stat DEF% dan pasif menambah damage Elemental Skill sampai 80% dari DEF. Kita tunggu aja ya pedang ini hadir di Genshin!

4. Albedo sebagai Burst Support

Maksud Burst Support di sini adalah menggunakan Albedo sebagai pemberi buff, sambil menyumbang damage yang cukup besar lewat ulti atau Elemental Burst.

Seperti yang kita sudah baca di atas, 4th ascension passive memberi efek tambahan 125 EM selama 10 detik kepada seluruh party.

Berbeda dengan Elemental Skill, damage dari Elemental Burst Albedo mengambil dari total ATK. Maka dari itu kamu harus fokus ke ATK% atau Energy Recharge saat memilih artefak.

Contohnya kamu bisa ambil Sand of Eon dengan ATK% atau Energy Recharge, Goblet dengan Geo DMG Bonus dan Circlet dengan Crit Rate atau Crit DMG.

Kalau ditanya set artefaknya, ada dua pilihan yang patut kamu coba. Dua pilihan itu adalah set Noblesse Oblige dan Archaic Petra

Noblesse Oblige:

  • 2- piece: Elemental Burst DMG +20%
  • 4- piece: Setiap kali ulti, semua party mendapatkan bonus 20% ATK selama 12 detik.

Archaic Petra:

  • 2- piece: Geo DMG Bonus +15%
  • 4- piece: Setiap kali mendapatkan elemental shard yang dihasilkan dari Crystallize, semua anggota party mendapatkan 35% DMG Bonus dari elemen yang dihasilkan.

Lalu, kenapa dua set itu jadi pilihan?

Jawabannya mudah. Ketika Albedo dibuat menjadi Burst Support, fokus kita adalah membuat Albedo bisa memaksimalkan potesni buff untuk anggota party.

Dengan tujuan tersebut, maka kedua set di atas jadi pilihan yang paling cocok.

Sedangkan untuk senjatanya, kamu bebas memilih antara Harbinger of Dawn, Skyward Blade, Favonius Sword, atau Alley Flash yang fungsinya adalah mendongkrak stat Energy Recharge.

Nah, kira-kira itulah rekomendasi build Albedo terbaik saat ini.

Mau jadi sub-DPS atau support, semua tergantung keputusan kamu. Jadi, pastikan kamu lihat dulu kondisi party kamu seperti apa dan butuh apa untuk melengkapinya.

More Stories
10 Fakta Byakuya Kuchiki Bleach: Calon Kapten Komandan Selanjutnya!?