Inilah 7 Komik DC yang Menginspirasi Film The Batman

The Batman yang disutradarai oleh Matt Reeves dan dibintangi oleh Robert Pattinson menjadi salah satu film adaptasi komik Batman yang dinanti-nanti.

Nah, kalau kamu belum nonton The Batman, tidak ada salahnya membaca komiknya terlebih dahulu, yang menginspirasi film tersebut.

Kalaupun sudah menonton filmnya, komik Batman ini tetap worth it dibaca jika ingin menyelami sepak terjang cerita Batman di komik.

Apa saja daftar komiknya? Berikut rekomendasi 7 komik Batman dari kontributor YODU yang menginspirasi film The Batman!

1. Penguin: Pain and Prejudice

The Penguin adalah salah satu villain tertua dalam daftar musuh Batman. Setelah sempat muncul di film jadul Batman Returns, The Penguin kembali muncul di film The Batman dan akan diperankan oleh Colin Farrel.

Nah, bagi kamu yang ingin mendalami cerita karakter The Penguin, bagaimana kisah dan latar belakangnya hingga menjadi sosok The Penguin, kamu bisa mulai membaca Penguin: Pain and Prejudice.

Komik ini dibuat pada tahun 2012 oleh Gregg Hurwitz dan merupakan salah satu komik origin Penguin terbaik yang bisa kamu baca.

Kisahnya cukup gelap dan realistis dalam menceritakan pengalaman Oswald Chesterfield Cobblepot dari seorang anak kecil yang disiksa secara fisik dan mental menjadi salah satu pimpinan kriminal di kota Gotham.

2. Batman: Earth One

Batman: Earth One merupakan salah satu komik reboot yang menceritakan kisah Batman di salah satu semesta alternatif DC.

Latar belakang dan kisah Batman di sini dibuat lebih membumi dan modern dengan banyak sekali plot twist dan perubahan (dari cerita asli Batman) di dalamnya. Selain itu, Batman dan musuh-musuhnya dibuat lebih realistis dengan kelebihan dan kekurangan mereka masing-masing.

Menariknya, sosok The Penguin dalam komik ini sangat mirip dengan The Penguin dalam film The Batman, lho!

3. Batman: Arkham – The Riddler

Dalam trailer, selalu diperlihatkan kalau Edward “Nygma” Nashton atau lebih dikenal sebagai The Riddler akan menjadi villain utama dalam film The Batman.

Dalam komik sendiri, The Riddler belum pernah memiliki events atau miniseri yang membuat popularitasnya melambung jika dibandingkan dengan villain Batman lainnya. Tetapi dia memiliki beberapa cerita pendek yang bisa dinikmati oleh pembaca.

Batman: Arkham – The Riddler adalah kumpulan komik The Riddler yang disatukan dalam satu buku.

Buku ini menyediakan berbagai informasi dan kisah-kisah The Riddler, mulai dari debutnya di Detective Comics #140 hingga kemunculannya di komik-komik modern Batman. Buku ini cocok bagi kamu yang ingin mendalami karakter The Riddler sebelum menonton film The Batman nanti.

4. Batman: Year One

Komik buatan Frank Miller yang satu ini cukup kontroversial, tetapi memberikan efek yang sangat besar bagi karakter Batman.

Batman: Year One memperlihatkan Batman sebagai karakter detektif yang gelap dan brutal sebagaimana tujuan awal dibuatnya karakter ini oleh Bill Finger dan Bob Kane.

Year One memiliki beberapa kemiripan dengan bagaimana Batman yang diperankan oleh Robert Pattinson ditampilkan—setidaknya dalam semua trailer yang telah dirilis sampai saat tulisan ini dibuat.

5. Batman: Year Two

Merupakan sekuel dari komik Batman: Year One buatan Frank Miller, Bruce Wayne memasuki tahun keduanya sebagai Batman.

Dalam komik ini, Bruce Wayne didorong hingga batas kemampuannya untuk berhadapan dengan villain bernama Reaper.

Komik ini memperlihatkan Batman yang berjuang mempertahankan metode tidak mematikannya dalam menginterogasi villain, dan bahkan sampai memaksanya menggunakan pistol.

The Batman sendiri mengambil tahun kedua dari karir Bruce Wayne sebagai Batman. Tentunya akan ada banyak kemiripan konflik dalam film dengan komik ini—dan mungkin kita akan melihat Batman Robert Pattinson terpaksa menggunakan pistol seperti di komik ini.

6. Batman: Zero Year

Sama seperti Year One, komik ini akan membawa kita kembali ke awal mula karir Bruce Wayne sebagai Batman. Bedanya, komik yang ini merupakan salah satu lini dari komik modern New 52.

Sama seperti The Batman, Zero Year juga bukan merupakan kisah origin dari Batman tetapi awal mula kisah Batman melawan kejahatan di kota Gotham.

Komik ini memperkenalkan versi baru dari villain yang pernah ada sebelumnya, seperti Doctor Death dan versi yang lebih gelap dari The Riddler.

Bahkan kostum Batman dan peralatan militer yang ada di komik ini mirip dengan yang ditampilkan dalam gambar-gambar dan trailer The Batman yang sudah dirilis sejauh ini.

7. Batman: Ego

Batman: Ego menitikberatkan ceritanya pada sisi psikologis Bruce Wayne—trauma yang dialami selama menjadi Batman—alih-alih fokus pada sepak terjangnya sebagai superhero.

Ini membuat komik Ego lebih terasa seperti kisah psychological thriller daripada kisah superhero.

Robert Pattinson selaku pemeran Batman pernah mengatakan dalam salah satu wawancaranya kalau film The Batman akan menyelami kondisi psikologi Bruce Wayne, memperlihatkan seberapa gelap dan hancurnya pikirannya akibat menjadi Batman.

Bahkan Matt Reeves selaku sutradara mengatakan kalau Batman: Ego adalah salah satu inspirasi terbesarnya dalam membuat The Batman.

The Batman akan tayang 2 Maret di Indonesia.

More Stories
7 Fakta Bazz B-Bleach: Sahabat Jugram, Ingin Membunuh Yhwach?