Inilah 7 Komik Marvel yang Jadi Referensi Film Doctor Strange 2

Mulai dari cerita illuminati, sampai cerita variant jahat Doctor Strange!

Doctor Strange in the Multiverse of Madness (disebut juga Doctor Strange 2) akan tayang di Indonesia tanggal 5 Mei 2022.

Filmnya ini mengambil beberapa elemen dari komik Doctor Strange yang telah dirilis oleh Marvel seperti: hubungannya dengan kelompok Illuminati, yang juga memiliki hubungan dengan Prof. X, hingga interaksi antara Doctor Strange dengan Scarlet Witch.

Kalau kamu penasaran dengan referensi cerita Doctor Strange in the Multiverse of Madness, kamu bisa menggali lebih dalam dengan membaca 7 komik Marvel berikut ini:

1. Doctor Strange, Sorcerer Supreme #47

Doctor Strange in the Multiverse of Madness akan menampilkan beberapa variant dari Doctor Strange termasuk variant versi jahatnya. Komik Doctor Strange, Sorcerer Supreme #47 menjadi salah satu komik yang memiliki elemen tersebut dan memunculkan salah satu variant terkuat Doctor Strange, Necromancer.

Necromancer berasal dari Counter-Earth dan variant yang memulai debutnya di awal tahun 90an ini memiliki latar belakang yang mirip dengan Supreme Strange dari serial What If…? (yang mana, mungkin juga akan muncul di film).

Dalam komik, diceritakan kalau dunia Necromancer telah hancur dan dia terjebak di dimensi lain hingga akhirnya meloloskan diri dari sana.

2. Avengers #503

Avengers #503 adalah salah satu komik Avengers terbaik di tahun 2000-an dan fokus pada hubungan antara Doctor Strange dengan Scarlet Witch—yang juga akan disorot pada Doctor Strange in the Multiverse of Madness.

Dalam komik ini, Doctor Strange bertarung melawan Scarlet Witch yang mengamuk setelah menyadari kalau anak-anaknya tidak pernah ada. Amukan Scarle Witch memakan korban, yaitu Hawkeye.

Doctor Strange terpaksa menggunakan Eye of Agamotto untuk mengatasi Scarlet Witch. Pertarungan dalam komik ini mungkin saja terjadi dalam film mengingat trailer menunjukkan kalau Wanda berusaha mencari kedua anaknya yang menghilang di akhir serial WandaVision.

3. New Avengers: Illuminati #1

Kelompok Illuminati kemungkinan besar akan muncul dalam film dan jika kamu penasaran dengan latar belakang terbentuknya kelompok ini, maka kamu bisa membaca New Avengers: Illuminati #1. Dalam komik sendiri, Illuminati adalah kelompok rahasia yang bergerak dibalik layar dan memiliki anggota antara lain: Doctor Strange, Professor X, Mr. Fantastic, Namor, Iron Man, dan Black Bolt.

Sejauh ini, berdasarkan trailer yang telah rilis, hanya Professor X yang dikonfirmasikan akan muncul dalam film.

4. New Avengers #3

Doctor Strange mungkin akan menghadapi beberapa pilihan sulit pada film keduanya. Hal ini juga ditampilkan dalam komik New Avengers #3. Dia terpaksa harus menghapus ingatan Captain America tentang Illuminati untuk mempertahankan status rahasia kelompok tersebut.

Dalam film sendiri, Doctor Strange sudah pernah melakukan penghapusan ingatan seluruh makhluk hidup di Bumi tentang Peter Parker. Bukannya tidak mungkin dia akan melakukan keputusan yang sama jika multiverse terancam bahaya di filmnya nanti.

5. Strange Tales #110

Banyak yang berpendapat kalau karakter bernama Nightmare akan muncul dalam film Doctor Strange in the Multiverse of Madnessnanti. Nah, bagi kamu yang ingin mengetahui kisah Nightmare, kamu bisa membaca komik Strange Tales #110.

Nightmare mendapatkan kekuatan dari mimpi buruk (nightmare) orang-orang. Pada trailer, kita diperlihatkan sepintas kondisi Doctor Strange dan Scarlet Witch yang mengalami mimpi buruk. Bisa jadi, Nightmare adalah musuh utama dalam film kedua Doctor Strange nanti.

6. Strange Tales #111

Setelah film Doctor Strange pertama, sang Sorcerer Supreme dan Baron Mordo berpisah mengikuti kata hati mereka masing-masing. Film keduanya nanti kembali akan memunculkan Baron Mordo dan, jika sesuai dengan komik, maka keduanya akan saling berhadapan satu sama lain.

Nah, jika kamu ingin mendalami karakter Baron Mordo, maka komik Strange Tales #111 akan menjadi komik yang cocok untuk kamu baca. Komik ini menceritakan dengan detil latar belakang Mordo dan akar dari konfliknya dengan Doctor Strange.

7. New Avengers #51

Dalam komik New Avengers #51, Doctor Strange bertemu dengan Wiccan untuk menilai apakah dia memiliki potensi untuk menjadi Sorcerer Supreme berikutnya. Bagi kamu yang belum tahu, Wiccan adalah Billy Maximoff, anak laki-laki Scarlet Witch.

Dalam trailer, diperlihatkan kalau Billy dan Tommy akan muncul dalam film. Jika keduanya dihidupkan kembali, sepertinya bukan tidak mungkin Billy akan lanjut menjadi Wiccan untuk MCU, menjadi murid Doctor Strange hingga akhirnya menjadi kandidat Sorcerer Supreme selanjutnya untuk MCU (setelah Wong).

Doctor Strange in the Multiverse of Madness akan tayang di Indonesia 5 Mei 2022.

More Stories
Hero Split Push ML
5 Hero Split Push Terbaik Mobile Legends di Season 26, Auto Win!