Profil Perjalanan tim Paper Rex VALORANT: Lika-Liku Menuju Masters Berlin

(Disunting oleh – Akbar Priono) – Paper Rex adalah salah satu tim VALORANT Asia Tenggara yang akan bertarung ke VCT Masters Berlin.

Tim VALORANT asal Singapura tersebut mengawali perjalanannya di VALORANT dengan melakukan perombakan roster. Mereka sampai menarik roster CS:GO mereka yang dihuni duo pemain Indonesia yakni Jason โ€œF0rsakeNโ€ Susanto dan Aaron โ€œMindfreakโ€ Leonhart.

Bagaimana perjalanan Paper Rex hingga bisa menjadi salah satu tim kuat di skena VALORANT saat ini berikut pembahasannya:

1. Melakukan Tiga Kali Perombakan Roster VALORANT

Paper Rex telah membentuk roster VALORANT sejak Juli 2020. Kala itu, mereka mengakuisisi roster Vindicta dengan seluruh pemain berasal dari Singapura.

Sayangnya, roster ini tidak bertahan lama dan hanya bertahan 4 bulan saja. Mereka melakukan perombakan tim, menyisakan 1 pemain saja yaitu Jorell โ€œRetlaโ€ Teo, dan memutuskan memakai roster yang berisikan 6 pemain.

Namun mereka tersingkir pada kualifikasi terbuka VCT Malaysia Singapura Stage 1 Challengers. Pencapaian tersebut membuat mereka memutuskan melakukan perombakan roster lagi, yaitu memainkan roster CS:GO untuk kompetitif VALORANT.

2. Berasal dari Roster CS:GO yang dibentuk 2020

Roster Paper Rex VALORANT sebenarnya adalah tim CS:GO. D4vai dan Mindfreak telah bersama sejak awal Paper Rex dibentuk Februari 2020 silam.

Setelah itu, Benkai resmi menjadi bergabung Juni 2020, F0rsakeN pada September 2020, dan Tommy jadi pemain terakhir yang bergabung ke dalam Paper Rex.

Paper Rex CS:GO tidak meraih satu gelar juara pun di turnamen CS:GO tahun 2020. Mereka baru mendapatkan gelar juara pada Januari 2021, di turnamen eXTREMESLAND Festival 2020: Southeast Asia.

Menurunnya scene CS:GO Asia Tenggara di 2021 membuat Paper Rex memutuskan membubarkan roster CS:GO mereka Februari 2021.

Roster CS:GO mereka resmi beralih ke VALORANT dengan debut perdananya di VCT 2021 MY-SG Stage 1 Challengers 2.

3. Perjalanan Berliku Paper Rex VALORANT

Walaupun sudah bermain bersama, tapi perjuangan tim VALORANT Paper Rex tidak mudah. Alasannya? Tentu saja karena lima pemain tersebut harus adaptasi dari CS:GO ke VALORANT.

Benar saja, Paper Rex gagal lolos ke VCT SEA 2021 Stage 1. Pada VCT MY-SG Stage 1 Challengers 3, Paper Rex takluk dengan skor telak 0-13 saat melawan Team SMG sehingga mereka harus berakhir di peringkat 4.

Namun, mereka tidak melakukan pergantian pemain dan kembali berjuang untuk lolos ke VCT SEA 2021 Stage 2. Kali ini, mereka berhasil lolos usai menjadi juara di VCT MY-SG Stage 2 Challengers 3.

Namun demikian, f0rsakeN dan kawan-kawan gagal melaju ke VCT Stage 2 Masters Reykjavik. Mereka takluk dari FULL SENSE dalam seri best-of 3 denga skor 1-2 dan harus puas berada di posisi ketiga.

4. Berhasil Lolos ke Masters Berlin 2021

Setelah VCT SEA 2021 Stage 2, mereka memutuskan untuk mendatangkan Zhan โ€œShibaโ€ Teng Toh untuk menggantikan Kumaresan โ€œTommyโ€ Ramani.

Keberhasilan Paper Rex mulai terlihat. Setelah jadi runner-up VCT 2021 SEA: Stage 3, mereka pun lolos ke tingkat selanjutnya yaitu VALORANT Masters.

Paper Rex jadi satu-satunya wakil Asia Tenggara di VALORANT Masters Berlin. Sebenarnya ada Bren Esports, tapi mereka tidak bisa hadir karena permasalahan visa.

Paper Rex tergabung di grup A bersama Vision Strikers (Korea), Acend dan Super Massive Blaze (EMEA). Hasilnya kini cukup mengecewakan, Paper Rex menjadi tim yang tersingkir pertama dari babak grup.

Meski begitu, Paper Rex tetap menampilakn permainan yang impresif dan membanggakan fans VALORANT Asia Tenggara.

Paper Rex menampilkan perlawanan sengit saat menghadapi Vision Strikers sehingga menghasilkan skor tipis (9-13 dan 11-13). Paper Rex juga berhasil mencuri satu kemenangan kala menghadapi SuperMassive Blaze.

5. Kembali Lolos ke Masters di Tahun 2022 Ini

Perjalanan mereka mulus di tahun 2022 ini. Pada VCT MY-SG Stage 1, Paper Rex berhasil menumbangkan Bleed Esports 3-0 di babak final sehingga mereka lolos ke VCT 2022: APAC Stage 1.

Di VCT 2022: APAC Stage 1, Paper Rex menghadapi lawan yang sengit yaitu Xerxia. f0rsaken dan kawan-kawan berhasil jadi juara setelah mengalahkan Xerxia 3-2 dalam seri best-of 5 dan lolos ke VALORANT Masters.

Berkat pencapaian mereka menjadi juara di VCT 2022: APAC Stage 1, Paper Rex mendapat slot di babak playoff bersama G2 Esports, The Guard, dan LOUD.

VCT Masters Stage 1 Reykjavik telah dimulai sejak 10 April 2022. Pencapaian F0rsaken dan kawan-kawan di VCT SEA diharapkan bisa membawa hasil yang lebih baik khususnya region Asia Tenggara di VALORANT Masters nanti.

More Stories
7 Fakta Bazz B-Bleach: Sahabat Jugram, Ingin Membunuh Yhwach?