Penjelasan dan Urutan Rank di Free Fire yang Wajib Diketahui Pemula

Sistem rank di Free Fire adalah sistem leveling yang ada di dalam game battle royale survival tersebut. Tentu saja hal ini dianggap penting oleh pemain, sebab bisa jadi ajang unjuk kemampuan atau skill.

Buat kalian para pemain baru, apakah sudah mengerti dengan sistem rank Free Fire? Tak perlu khawatir, kontributor YODU yang satu ini akan mencoba menjelaskan fungsi sistem rank sejelas mungkin:

Apa Fungsi Rank Free Fire?

Semakin tinggi rank-nya, maka akan semakin kuat pula pemain tersebut. Apakah rank Free Fire dibuat hanya untuk ajang unjuk gigi? Tentu saja tidak ya, teman-teman. Fungsi Rank Free Fire adalah untuk mengklasifikasi pemain sehingga saat sistem game mengacak tim, kekuatannya akan diseimbangkan dengan lawannya.

Jika kemampuan sudah cukup mumpuni, maka kalian akan dipertemukan dengan pemain yang lebih kuat. Selain itu, kalian juga bisa memprediksi ‘jam terbang’ seorang pemain dari rank FF yang dia miliki. Jadi kalau mau berguru, kalian sudah tahu harus minta kepada pemain dengan rank apa.

Reset Rank Free Fire

Lebih seru lagi, rank Free Fire di-reset setiap pergantian musim. Ini merupakan tradisi yang ada di banyak game online, tak hanya di Free Fire saja. Pada periode yang ditentukan, pemain akan mengalami penurunan kelas hingga beberapa tingkat saat update Free Fire.

Untuk apa sih reset rank Free Fire dilakukan?

Pastinya sistem ini diberlakukan bukan untuk menjatuhkan semangat kalian ya, teman-teman! Justru sebaliknya, pemain-pemain yang stuck di level tertentu punya motivasi baru untuk mengejar ketertinggalan alias push rank di musim berikutnya.

Secara keseluruhan, pemain kembali berkesempatan untuk meningkatkan rank dan bersaing dengan high class playerlainnya karena sudah ada di titik yang sama.

Urutan Rank Free Fire

Untuk meningkatkan rank Free Fire, kalian harus terus memenangkan permainan di mode Ranked. Semakin sering menang atau biasa disebut win streak, poin yang kalian terima juga akan semakin tinggi. Terlebih lagi, pemain MVP mendapatkan poin skor yang lebih banyak daripada pemain lainnya sehingga bisa naik rank lebih cepat.

Sampai 2022, ada tujuh tingkatan rank yang ada di dalam game Free Fire. Berikut adalah urutan rank Free Fire yang wajib diketahui oleh pemain pemula, simak ya!

1. Rank Bronze Free Fire

Rank Bronze 1 di Free Fire

Bronze adalah rank Free Fire paling rendah yang kalian tempati saat baru membuat akun game Free Fire. Kalian harus mengumpulkan skor sebanyak 1.000-1.300 poin agar bisa naik kelas ke rank berikutnya. Ada tiga level yang harus kalian lewati di rank ini, yakni Bronze I, Bronze II, dan Bronze iii.

Meski dikatakan level terbawah, rank ini tak melulu berisi pemain amatir. Namun secara umum, pemain-pemain di sini tak sejago level lainnya.

2. Rank Silver Free Fire

Permainan di rank Silver Free Fire akan lebih menyenangkan sebab level ini diisi oleh pemain amatir yang sudah lebih berpengalaman. Seperti di rank sebelumnya, kalian harus melewati tiga tahap dengan skor 1.301-1.600 poin agar bisa lulus dari Silver.

3. Rank Gold Free Fire

Pertandingan di rank Gold Free Fire akan semakin menantang sebab tingkatan ini sudah diisi oleh pemain-pemain yang hebat. Supaya bisa naik rank FF, kalian harus bisa mengumpulkan skor 1.601-2.100 poin.

Kalian akan menjumpai pemain yang sudah lebih berpengalaman, tak hanya dalam rotasi tapi juga penguasaan senjata.

4. Rank Platinum Free Fire

Tantangan di rank Platinum pada game Free Fire semakin tinggi, sebab kalian sudah menemui pemain-pemain hebat. Untuk naik ke rank selanjutnya juga tidaklah mudah, sebab pertarungan di tingkatan ini sudah lebih kompetitif. Supaya bisa lolos dari rank Platinum, kalian harus bisa mengumpulkan 2.101-2.600 poin skor.

5. Rank Diamond Free Fire

Rank Diamond FF adalah tahapan yang paling sulit dilewati oleh player public. Jika ingin naik ke rank selanjutnya, kalian harus bisa memenuhi syarat 2.601-3.200 skor poin. Ada banyak pemain yang stuck di level ini karena tingkat permainan semakin sulit dengan skill lawan di atas rata-rata.

6. Rank Heroic Free Fire

Rank heroic di Free Fire

Pemain yang berhasil naik ke rank Heroic memang tak banyak. Namun jika berhasil lolos, kalian akan lebih sering bertemu dengan pro playerkelas newbie. Kalian bisa naik ke rank selanjutnya jika sudah memenuhi skor sebanyak 3.201 poin. Permainan di rank ini tentunya tak mudah, selain gesit kalian juga harus memiliki reflek super tinggi.

7. Rank Grandmaster Free Fire

Rank Grandmaster adalah kasta tertinggi di Free Fire. Rank ini biasanya dihuni oleh pro player senior. Populasi di rank ini juga tak banyak dan biasanya menempati urutan 300 pemain Free Fire terbaik di suatu negara, bahkan di tingkat regional. Apakah ada pemain publik yang nongkrong di level ini?

Semoga informasi di atas bermanfaat ya! Asah terus skill individu kalian supaya bisa cepat naik rank. Semoga beruntung!

More Stories
MAJAMOJO Luncurkan Boxing Star: KO Master dan Gerakan #HidupkanTinjuIndonesia