BOOM Esports VALORANT: Tim Indonesia Pertama Capai Tingkat Dunia

boom esports valorant 2022

BOOM Esports adalah organisasi esports Indonesia yang didirikan sejak 2016 silam.

Mereka masuk ke dalam skena esports VALORANT, sejak game FPS besutan Riot Games tersebut dirilis (sekitar 2016). Tim divisi VALORANT sang Hungry Beast tidak memiliki nama khusus, oleh karena itu, selanjutnya tim ini disebut sebagai BOOM Esports VALORANT.

Sampai saat ini, BOOM Esports VALORANT konsisten jadi salah satu tim yang disegani di Indonesia.

Bagaimana proses terbentuknya tim BOOM Esports VALORANT? Tantangan apa yang mereka hadapi hingga akhirnya sukses lolos ke turnamen dunia, VALORANT Champions 2022?

Inilah profil BOOM Esports VALORANT, serta perjalanannya jadi tim Indonesia pertama yang tembus tingkat dunia di skena VALORANT:

1. Biodata BOOM Esports VALORANT

BOOM Esports merupakan organisasi esports Indonesia yang berdiri sejak 2016. Divisi VALORANT diperkenalkan oleh BOOM Esports pada tanggal 15 Juli 2020 silam.

  • Region : Asia Tenggara
  • Negara : Indonesia
  • Pelatih : Ji “Meow” Dong Jun
  • Kapten : Saibani “Fl1pzjder” Rahmad
  • Sosial Media : Instagram , Twitter

2. Roster BOOM Esports VALORANT

BOOM Esports VALORANT dihuni pemain-pemain ternama di skena FPS Indonesia.

Tim ini dihuni oleh sosok seperti blaZek1ing dan fl1pzjder yang sudah malang melingtang sejak zaman esports CS:GO, hingga Tehbotol yang jadi salah satu rising star di skena VALORANT pada zamannya.

Lebih lengkapnya, berikut daftar roster aktif BOOM Esports saat ini.

  • Gary “blaZek1ng” Dastin
  • Saibani “fl1pzjder” Rahmad
  • Rizkie “BerserX” Adla Kusuma
  • David “Tehbotol” Monangin
  • Fikri “Famouz” Zaki Hamdani (standin)
  • Ji “Meow” Dong Jun (pelatih)

BlaZek1ng adalah satu-satunya pemain dari roster pertama BOOM Esports VALORANT yang masih bertahan. Fl1pzjder adalah eks Team NXL VALORANT yang berhasil mewakili Indonesia di berbagai turnamen tingkat Asia Tenggara.

BerserX dan Tehbotol sudah menjadi rekan sejak cukup lama, mereka sempat bermain bersama di SOMNIUM Esports dan Alter Ego. Kedua pemain gabung BOOM Esports di akhir 2021 secara bersamaan.

Famouz merupakan pemain kelima BOOM Esports VALORANT yang saat ini. Ia adalah pemain pinjaman dari PERSIJA Esports. Sebelumnya, Famouz sempat membela MORPH Team dan Bigetron Astro.

Terakhir, Meow, merupakan pelatih BOOM Esports asal Korea Selatan. Ia pernah melatih TUBEPLE Gaming dan tim CS:GO Team Aster.

3. Daftar Prestasi BOOM Esports VALORANT

BOOM Esports VALORANT telah meraih berbagai gelar juara di tingkat nasional maupun internasional. Berikut daftar prestasi BOOM Esports VALORANT (diurut berdasarkan ranking tertinggi hingga terendah) :

RankingTurnamenTahunTingkat
1stVCT: Indonesia Stage 1 Challengers 32021Nasional
1stVCT: Indonesia Stage 2 Challengers 32021Nasional
1stVCT: Indonesia Stage 3 Challengers 32021Nasional
1stRoyal SEA Challenge2021Asia Tenggara
1stVCT: Indonesia Stage 1 Challengers 32022Nasional
1stVCT: APAC Last Chance Qualifer2022Asia Pasifik
2ndESL Community Clash2020Asia Tenggara
2ndSEA Esports Championship2021Asia Tenggara
3rd-4thVCT: Southeast Asia Stage 1 Masters2021Asia Tenggara
4thEpulze Royal SEA Cup2020Asia Tenggara
4thVCT : APAC Stage 1 Challengers2022Asia Pasifik

Awal Mula BOOM Esports VALORANT

BOOM Esports memperkenalkan divisi VALORANT pada tanggal 15 Juli 2022. Lineup mereka saat itu adalah: Asteriskk, Blazek1ng, Adrnking, Notoriouszx, dan Sys pada tanggal 15 Juli 2020.

Mereka melejit menjadi salah satu tim unggulan di ranah VALORANT Indonesia dan berhasil meraih prestasi internasional, yakni mendapat 4th position di Epulze Royal SEA Cup.

Sayang, roster itu tidak bertahan lama. Notoriouszx dan Sys keluar dari tim. Sebagai pengganti, ada Eeyore, eks pemain CS:GO Recca Esports, dan NcSlasher, yang dikenal sebagai pro player Rainbow Six Siege.

BOOM Esports VALORANT tahun 2021

Tahun 2021, BOOM Esports berhasil menunjukkan penampilan yang konsisten.

Mereka sukses meraih berbagai gelar juara di tingkat nasional. Sayangnya, mereka gagal di VCT SEA Stage 2 Challengers, harus puas dengan peringkat 8 besar saja.

Pergantian pemain dilakukan. Mereka mendatangkan Fl1pzjder, eks kapten Team NXL VALORANT, untuk menggantikan Adrnking.

BOOM Esports VALORANT mempertahankan taringnya di tingkat nasional walau ada pergantian roster, berhasil memenangkan VCT 2021 Indonesia Challengers 3 sehingga lolos ke VCT 2021: SEA Stage 3.

Tapi BOOM Esports lagi-lagi gagal tembus dari tingkat Asia Tenggara untuk ke tingkat global. Mereka takluk oleh Full Sense di VCT 2021: SEA Stage 3, harus puas di posisi 6 besar.

Menjelang VCT 2021 : APAC Last Chance Qualifier, BOOM Esports memboyong Frostmind, eks pemain Alter Ego dan XCN untuk menjadi pemain kelima dengan menggantikan NcSlasher.

BOOM Esports mengalami kegagalan tembus ke tingkat internasional untuk kesekian kalinya. Mereka terhenti oleh Damwon Gaming dengan skor 0-2 di VCT 2021 : APAC Last Chance Qualifier.

Usai pertandingan tersebut, BOOM Esports pun merombak roster lagi. Asteriskk dan Eeyore dilepas, lalu menggantinya dengan BerserX dan Teh Botol dari Alter Ego Esports.

BOOM Esports VALORANT di 2022

BOOM Esports masih mempertahankan taringnya di tingkat nasional. Gelar juara nasional tak pernah lepas darinya, dengan memenangkan VCT 2022 : Indonesia Stage 1. Kemenangannya juga solid, melibas 3-0 tim Boy with Love.

Tapi lagi-lagi, untuk kesekian kalinya, BOOM Esports harus terima kegagalan lolos ke tingkat internasional. Setelah takluk 1-2 oleh XERXIA, harapan untuk lolos ke Reykjavik Masters pun pupus.

Pada turnamen nasional paruh kedua, yaitu VCT 2022 : Indonesia Stage 2, BOOM Esports VALORANT sedikit lengah. Mereka hanya berhasil dapat peringkat ketiga saja, tapi tetap lolos ke tingkat Asia Tenggara.

Di tingkat Asia Tenggara, BOOM Esports VALORANT tersandung oleh XERXIA untuk ke sekian kalinya. Perjuangan mereka untuk tembus ke tingkat internasional pun masih belum usai.

Roster coba dibongkar-pasang lagi. Frostmind dilepas, Famouz datang menggantikan dengan status pinjaman dari PERSIJA Esports.Setelah berkali-kali jatuh-bangun, perjuangannya mereka pun berbuah manis.

BOOM Esports akhirnya lolos ke tingkat internasional di tahun 2022 ini.

Di final kualifikasi menuju tingkat internasional, VCT 2022: APAC Last Chance Qualifier, BOOM Esports berhadapan dengan ONIC Esports.

Duel sesama tim VALORANT Indonesia ini berjalan sengit. BOOM Esports VALORANT menang 3-1 dari seri best-of 5, tapi setiap pertandingan harus diakhiri dengan skor yang tipis.

Dan pada akhirnya BOOM Esports VALORANT pun berhasil jadi tim Indonesia pertama yang tembus ke tingkat internasional, Champions VALORANT 2022.

Champions VALORANT 2022 akan berlangsung di Istanbul, Turki. Turnamen tersebut mempertemukan 16 tim VALORANT dunia yang berlangsung dari 31 Agustus hingga 18 September 2022. Selamat berjuang untuk BOOM Esports yang bertanding di Champions 2022.

Perjuangan BOOM Esports VALORANT ini sangat luar biasa sekali ya! Semangat yang tak kenal lelah jadi satu panutan yang patut untuk ditiru dari tim yang satu ini.

Apakah BOOM Esports VALORANT adalah tim esports idolamu juga? Share artikel ini dan ceritakan alasanmu mengidolakan BOOM Esports VALORANT ya!

More Stories
9 Fakta Aokiji One Piece: Admiral Paling Baik Dengan Moto Hidup “Lazy Justice”