Profil Pro Player MLBB, Luminaire: Sang Midlaner Andalan EVOS Legends

Ihsan “Luminaire” Besari Kusudana merupakan pemain EVOS Legends yang mengisi role sebagai midlaner.

Ia adalah salah satu pemain yang berjasa membawa timnya meraih berbagai prestasi, salah satunya M1 World Championship, turnamen dunia Mobile Legends.

Luminaire sempat rehat dari kompetisi Mobile Legends namun kembali aktif ke kompetitif tidak lama kemudian.Saat ini Luminaire kembali mengisi lineup utama EVOS Legends. Ia bahkan menjadi salah satu pemain timnas Indonesia di SEA Games 2021 Hanoi.

Seperti apa cerita perjalanan karir Luminaire sebagai pro player MLBB hingga saat ini? Berikut profil lengkapnya.

1. Biodata Luminaire, Pro Player Mobile Legends: Bang Bang EVOS Legends

Luminaire memiliki nama asli Ihsan Besari Kusudana ia berusia 22 tahun, lahir di Jakarta, 10 Februari 2002. Selain dari itu, berikut biodata lengkap dari Luminaire.

  • Nama : Ihsan Besari Kusudana
  • IGN : Luminaire
  • Tim : EVOS Legends
  • TTL : Jakarta, 10 Februari 2002
  • Role : Midlaner
  • Sosial Media : Instagram

2. Prestasi Luminaire di Mobile Legends

Luminaire berkarir sebagai pro player Mobile Legends selama lebih dari 4 tahun. Ia mendapatkan prestasi di tingkat nasional dan internasional. Salah satu prestasi tertinggi yang didapatkan adalah menjadi juara M1 World Championship bersama EVOS Legends.

  • Peringkat 1 M1 World Championship
  • Peringkat 1 MPL Indonesia Season 4
  • Peringkat 1 MPL Indonesia Season 7
  • Peringkat 2 MPL Indonesia Season 5
  • Peringkat 2 MDL Indonesia Season 4
  • Peringkat 3 MPL Indonesia Season 8
  • Peringkat 4 MPL Indonesia Season 9
  • Peringkat 9 MPL Indonesia Season 3
  • Medali Perak SEA Games 2021

3. Profil Tim Luminaire

Sepanjang 4 tahun karirnya sebagai pro player MLBB, Luminaire hanya pernah bermain di dua tim saja. Dua tim tersebut adalah The Prime pada 2018 dan EVOS Legends sejak 2019 hingga sekarang.

  • The Prime (2018-2019)
  • EVOS Legends (2019-sekarang)

Awal Mula Karir Luminaire di Mobile Legends

Luminaire memulai karirnya sebagai pro player MLBB bersama tim The Prime Esports. Ia sukses membawa tim tersebut lolos ke MPL Indonesia Season 3 dari jalur kualifikasi.

Luminaire nyaris membawa The Prime Esports lolos ke babak playoff. Sayangnya, mereka harus puas di posisi 9 pada saat babak grup, dengan selisih 1 poin saja dari Bigetron Esports.

Debut Cemerlang Luminaire di EVOS Legends

Setelah memutuskan berpisah dari The Prime, Luminaire bergabung ke EVOS Legends.

Karir Luminaire langsung melejit bersama EVOS Legends. Ia berhasil membawa EVOS Legends juara MPL Indonesia Season 4 dengan menumbangkan RRQ Hoshi 4-3 di babak Grand Final.

Luminaire menjadi salah satu pemain yang diboyong EVOS Legends ke M1 World Championship, turnamen pertama dari Moonton untuk MLBB yang dipertandingkan setingkat dunia.

Pada babak grup M1 World Championship, EVOS Legends berhasil meraih peringkat pertama.

Masuk babak Playoff, Luminaire dan kawan-kawan menjadi tim pertama di grand final usai mengalahkan TODAK dan RRQ Hoshi.

Masuk babak Grand Final, EVOS Legends sempat tertinggal 1-3 saat menghadapi RRQ Hoshi. Namun takdir berkata lain, reverse sweep pun terjadi.

EVOS Legends menjadi tim MLBB terbaik dunia setelah mengalahkan RRQ Hoshi dengan skor 4-3 dari seri best-of 7.

Pasca M1 World Championship, Luminaire kembali melanjutkan karirnya di MPL Indonesia Season 5 bersama EVOS Legends. Ia dan kawan-kawan mengantar EVOS Legends ke babak grand final.

Tapi kali ini Luminaire dan tim harus puas menjadi runner-up saja setelah tunduk dengan skor 2-3 oleh RRQ Hoshi di babak Grand Final.

Momen Bolak-Balik Rehat Luminaire di Tahun 2020

Setelah MPL Indonesia Season 5, Luminaire memutuskan untuk rehat sejenak. Ia tidak masuk roster aktif EVOS Legends di MPL Indonesia Season 6, namun kembali lagi di Season 7.

Kala itu, ia diperkenalkan bersama 2 pemain baru yakni LJ dari RRQ Hoshi dan Antimage, eks pemain ONIC Esports.

Kembalinya Luminaire menjadi angin segar untuk EVOS Legends. Meski sempat terjatuh ke lower bracket, EVOS Legends sukses meraih gelar juara usai mengalahkan Bigetron Alpha 4-2.

Luminaire sukses meraih gelar Final MVP di MPL Indonesia Season 7. Tidak hanya itu, ia juga meraih gelar pemain midlaner terbaik.

Secara mengejutkan, Luminaire justru kembali memutuskan rehat lagi setelahnya. Ia juga tidak masuk daftar pemain EVOS Legends di MPL Indonesia Season 8.

Tidak butuh waktu lama, Luminaire kembali ke panggung kompetitif Mobile Legends dengan bertarung di MDL Season 4 bersama EVOS Icon.

Hanya butuh 1 minggu, Luminaire kembali menjadi naik ke liga MPL. Meski Luminaire kembali mengisi roster utama, tapi kali ini EVOS Legends hanya berhasil meraih peringkat ketiga MPL Indonesia Season 8.

Luminaire Membela Timnas Esports MLBB Indonesia di SEA Games 2021 Hanoi

Luminaire terpilih menjadi salah satu pemain yang terpilih untuk mewakili Indonesia di SEA Games 2021. Ia menjadi satu-satunya pemain yang berasal dari EVOS Legends.

Sepanjang SEA Games 2021, Luminaire hanya diturunkan satu kali saja kala menghadapi Vietnam. Ia sukses membawa timnas Indonesia meraih kemenangan 2-0. Timnas Indonesia harus puas meraih medali perak usai mengakui keunggulan Filipina .

Itulah tadi profil Luminaire dari awal karir hingga saat ini di Mobile Legends. Menarik untuk dinanti bagaimana perjalanan karirnya kedepan.

More Stories
Promo Agustus YODU: Promo Merdeka! Bebas Top-Up Games Favorit