6 Rekomendasi Film yang Mirip Squid Game, Menegangkan dan Bikin Bergidik!

Akhir-akhir ini, Squid Game telah menjadi serial Netflix yang sangat meledak dan selalu diperbincangkan di media sosial setiap harinya.

Salah satu hal yang menjadi alasan mengapa Squid Game menjadi populer adalah karena ceritanya yang seru, intens, dan menegangkan.

Singkatnya, drama Squid Game ini menceritakan seorang pria bernama Gi-Hun, seorang penjudi yang suatu hari tiba-tiba mendapatkan tawaran untuk berkompetisi dengan hadiah 45,6 miliar won.

Namun, di sana Gi-Hun dan peserta lainnya harus bertaruh nyawa untuk bisa mendapatkan hadiahnya. Pokoknya, setiap peserta langsung dibunuh kalau mereka gagal menyelesaikan sebuah tantangan.

Nah, ada beberapa rekomendasi film yang konsep serta alurnya mirip Squid Game. Daftar film ini bisa kamu tonton kalau masih belum merasa puas dengan konsep drama layaknya Squid Game.

Apa saja? Mari kita langsung masuk ke pembahasannya di bawah ini!

1. The Hunger Games

The Hunger Games bercerita tentang gadis berusia 16 tahun bernama Katniss Everdeen.

Ia tinggal di sebuah tempat yang bernama Distrik 12, yang merupakan salah satu dari 12 distrik di negara bernama Panem.

Di ibu kota negara bernama Capitol, mereka mengadakan sebuah kompetisi sebagai bentuk perayaan atas pemberontakan yang gagal terhadap pemerintahan.

Kompetisi tersebut bernama The Hunger Games yang diikuti oleh anak-anak muda berusia antara 12 hingga 18 tahun, dan dipilih dari 12 distrik yang ada di Panem.

Kompetisi ini telah dilakukan selama 74 tahun berturut-turut dan tujuannya sebagai bentuk usaha merekatkan hubungan antara masing-masing distrik sekaligus menyegarkan ingatan tentang mereka yang terbunuh akibat pemberontakan.

Dalam kompetisi The Hunger Games, ada 24 anak yang ditempatkan di suatu arena yang dipenuhi dengan CCTV.

24 peserta diharuskan saling membunuh dan kompetisi ini disiarkan secara langsung oleh televisi dalam konsep reality show.

Saat The Hunger Games membuka audisi di masing-masing distrik, Katniss menawarkan diri untuk mengikuti kompetisi tersebut.

2. As The Gods Will

Banyak orang yang mengatakan bahwa Squid Game merupakan plagiat dari film asal Jepang ini.

Penyebabnya adalah karena Squid Game mengusung konsep permainan rakyat yang sama, yaitu permainan Lampu Merah-Lampu Hijau atau yang dikenal sebagai Daruma-san ga koronda di Jepang.

As The Gods Will menceritakan tentang Shun Takahata, seorang siswa yang hobi bermain video game.

Suatu hari di sekolah, Shun dan teman-temannya menemukan permainan mematikan Daruma-san ga koronda tersebut.

Setelah semua siswa dipaksa untuk mengikuti permainan tersebut dan berhasil bertahan hidup, mereka semua langsung dibawa untuk melanjutkan permainan battle royale.

3. Alice in Borderland

Alice in Borderland merupakan serial televisi Jepang tahun 2020 yang didasarkan pada manga dengan judul sama karya Haro Aso.

Disutradarai oleh Shinsuke Sato, serial ini dibintangi oleh aktor ternama seperti Yamazaki Kento dan Tsuchiya Tao.

Dalam film, mereka berdua menjadi sekutu yang terperangkap di kota Tokyo yang telah ditinggalkan. Dalam kota tersebut, mereka dipaksa untuk bersaing ke dalam permainan yang berbahaya.

Jenis dan tingkat kesulitan permainan tersebut ditentukan oleh kartu remi. Setelah berhasil selamat dari permainan pertama, mereka menerima “visa”.

Visa tersebut menentukan hidup-mati orang-orang yang ada di kota Tokyo alternatif tersebut dan hanya akan diperpanjang durasinya apabila mereka menang suatu permainan.

Kalau visa-nya tersebut kedaluwarsa, orang-orang tersebut akan dieksekusi oleh laser merah yang ditembak dari langit.

Alice in Borderland pertama kali ditayangkan di Netflix pada 10 Desember 2020. Serial ini mendapat ulasan yang sangat positif dalam segi visual, sinematografi, pengeditan, serta penggunaan kekerasan grafisnya dengan membandingkan beberapa seri lainnya.

4. Battle Royale

Battle Royale merupakan salah satu film terbaik dalam dekade 2000-an.

Film ini bercerita tentang sekumpulan murid SMP yang dipaksa untuk bertarung hingga mati oleh pemerintah Jepang yang totaliter.

Film ini sangat kontroversial pada masanya, bahkan dilarang atau tidak didistribusikan di beberapa negara karena cukup sadis.

Beberapa perusahaan bahkan menolak untuk melisensi film ini lebih dari satu dekade karena kekhawatiran mengenai potensi kontroversi dan tuntutan hukum.

5. Jigsaw

Jigsaw merupakan film horor Amerika keluaran tahun 2017 yang menjadi sekuel ke-delapan dalam seri film Saw.

Jigsaw bercerita tentang lima orang bernama Anna, Ryan, Mitch, Carly, dan orang kelima yang tak disebutkan namanya. Mereka berlima dirantai ke dinding dengan ember di kepala mereka.

Lalu, sebuah rekaman dari Jigsaw diputar, menjelaskan bahwa mereka harus memberikan darah kalau ingin bertahan hidup. Tentu saja yang sekelompok orang-orang ini harus melakukan hal tersebut, karena kalau mereka gagal di tantangan tersebut, mereka harus meninggalkan dunia ini.

6. Cube

Cube adalah film asal Kanada di tahun 1997 yang disutradarai oleh Vincenzo Natali.

Film ini menceritakan tentang tujuh orang yang tidak mengenal satu sama lain terperangkap di sebuah kubus raksasa yang terbagi-bagi dalam ruangan-ruangan kecil; yang juga berbentuk kubus.

Masing-masing ruangan ini memiliki dinding dengan berwarna berbeda-beda. Setiap ruangan hanya memiliki satu pintu di tengahnya dan memiliki perangkap di beberapa tempat.

Mereka sama sekali tidak tahu bagaimana mereka bisa berada di sana dan tidak tahu bagaimana caranya keluar. Akhirnya agar bisa selamat, mereka pun harus melewati berbagai jebakan bahkan sampai harus mengalami kondisi hidup-mati agar bisa keluar.

Itulah rekomendasi film yang mirip Squid Game. Perlu diingat bahwa enam film di atas menghadirkan adegan gore yang sangat sadis. Jadi kalau kamu tidak tahan dengan darah-darahan, sebaiknya jangan nonton ya!

More Stories
PKCL Twins, Perpaduan NFT dan Dress-Up Game dari Jepang Dirilis Resmi Hari Ini!