Semua Seputar Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings yang Perlu Kamu Ketahui!

Shang-Chi adalah karakter baru di dunia film Marvel. Siapa dia? Apa kekuatannya? Bagaimana ceritanya? Semua dirangkum dalam satu artikel ini.

Masuk pertengahan tahun 2021, kini kita mulai kembali dimanjakan oleh film demi film serta serial demi serial dari Marvel Cinematic Universe.

Dari sisi serial, kita sudah melihat keseruan Wanda Vision, The Falcon and the Winter Soldier, serta Loki yang kini masih sedang berjalan.

Dari sisi layar lebar, ada dua film yang akan segera hadir di hadapan kita yaitu Black Widow dan Shang-Chi and the Legends of the Ten Rings.

Untuk soal film, Shang-Chi mungkin jadi salah satu yang menarik untuk dinanti karena film itu adalah debut pertama kemunculannya di layar lebar.

Tetapi, banyak pertanyaan mungkin muncul di kepala kita. Siapa itu Shang-Chi? Apa perannya di MCU? Siapa lawan yang akan dihadapi? Mari kita ulas satu per satu, mulai dari pembahasan trailer terbarunya.

Trailer Terbaru dan Karakter-Karakter yang Muncul di Dalamnya

Trailer terbaru Shang-Chi terbit tanggal 25 Juni 2021 lalu. Trailer tersebut mengungkap beberapa hal baru, salah satunya adalah konfirmasi munculnya beberapa karakter.

Siapa saja karakter (selain Shang-Chi) yang akan hadir dan akan jadi lawan Shang-Chi di dalam trailer tersebut?

Pertama ada Abomination. Karakter tersebut muncul di dalam salah satu cuplikan pertarungan kandang yang diduga sebagai turnamen untuk memperebutkanTen Rings.

Abomination pertama kali muncul di film Incredible Hulk (2008) yang merupakan sosok raksasa hasil rekayasa sains dan jadi musuh sang raksasa hijau, Hulk. Setelah dibuat tidak sadarkan diri, karakter ini menghilang dan belum pernah tampil lagi sampai akhirnya mendadak muncul di film Shang-Chi.

Kedua ada Wong. Kemunculan karakter ini di dalam film ini sebenarnya masih sebagai spekluasi saja.

Menggunakan sihir seperti kelompoknya Doctor Strange, mungkinkah ia adalah Wong yang sedang melawan Abomination?

Dalam trailer kita bisa melihat sosok yang dipukul oleh Abomination mengenakan pakaian dan sihir layaknya kawan-kawan Doctor Strange. Wajahnya tak terlihat, tapi Screenrant menduga kalau dia adalah Wong. Menurut spekulasi, Wong jadi muncul karena ia mungkin ditugaskan Doctor Strange untuk mengambil Ten Rings dan karena dirinya bisa dibilang sebagai penyihir terkuat kedua setelah sang Sorceror Supreme sendiri.

Ketiga ada Xialing. Karakter ini sudah terlihat sejak teaser pertama Shang-Chi. Xialing dikatakan sebagai anak perempuan dari the Mandarin yang berarti saudara dari Shang-Chi.

Xialing, saudara perempuan Shang-Chi yang masih patuh dengan ayahnya yaitu the Mandarin.

Kalau melihat perjalanannya, pertemuan Shang-Chi dan Xialing seperti sudah ditakdirkan. Salah satu alasannya adalah karena Shang-Chi memilih membelot dari the Mandarin yang diduga sebagai ayahnya di dalam film ini. Pada sisi lain, Xialing yang tetap setia dan tentunya sangat ingin memenangkan turnamen demi dapat mewarisi Ten Rings.

Siapakah Shang-Chi? Apa Kekuatannya?

Dalam komik, Shang-Chi diceritakan sebagai sosok jagoan seni bela diri yang tidak memiliki kekuatan super apapun. Namun, keahliannya sendiri tergolong di atas rata-rata, bahkan bisa menyaingi petarung yang punya kekuatan manusia super. Karena itu, ia pun dijuluki sebagai The Living Weapon.

Julukan tersebut diberikan bukan hanya karena kemahirannya menggunakan ilmu bela diri tangan kosong, tetapi juga karena kemahirannya menggunakan senjata-senjata yang lekat dengan seni bela diri seperti pedang, nunchaku, dan lain sebagainya.

Perannya di dalam dunia komik cukup bermacam-macam. Shang-Chi sempat bergabung bersama Heroes for Hire saat momen Civil War terjadi di dalam dunia komik. Selain itu ia juga sempat bergabung dengan kelompok Avengers pada suatu masa.

Cerita Shang-Chi di dalam film sepertinya akan berfokus kepada origin story tentang dirinya. Melihat dari cuplikan terakhir, bisa saja Shang-Chi akhirnya akan memegang Ten Rings dan jadi punya kekuatan super dari sana. Setelah memiliki Ten Rings, sepertinya bukan tidak mungkin kalau Shang-Chi akhirnya akan menjadi anggota Avengers terbaru di dalam semesta MCU.

Apa itu Ten Rings dan Siapa Musuh Shang-Chi di Film Nantinya?

Kita harus membagi pembahasan ini ke dalam dua konteks apabila ingin benar paham soal kekuatan Ten Rings.

Pertama dalam konteks komik. Kalau mengacu ke komik, Ten Rings diceritakan sebagai sebuah cincin berisikan kekuatan kosmik yang berasal dari luar angkasa.

Pemilik asli cincin tersebut adalah ras alien berwujud naga bernama Makluans. Ras alien tersebut bosan dengan kondisi planetnya yang damai-damai saja.

Akhirnya, salah satu dari mereka yang bernama Axonn-Karr pun pergi menjelajah dan sampai di bumi, tepatnya di negeri Tiongkok.

Axonn-Karr tidak mendarat di bumi dengan selamat. Ia mendarat dengan penuh luka, pesawat luar angkasanya juga luluh lantah. Sang naga luar angkasa tersebut akhirnya ditemukan oleh sosok manusia yang akhirnya dijuluki the Mandarin.

Singkat cerita, Axonn-Karr tumbang (namun tidak benar-benar mati), lalu cincin tersebut diklaim oleh the Mandarin. Dalam komik, cincin tersebut bernama Ten Rings karena jumlahnya memang 10 buah yang masing-masing punya nama dan kekuatan yang berbeda-beda.

Aneka ragam kekuatan Ten Rings di dalam komik | Sumber Gambar – Marvel Official.

Setelah memahami kekuatan Ten Rings dari komik Marvel, sekarang mari kita membedah kekuatan cincin tersebut di dalam MCU.

Mengacu ke dalam trailer, ada perbedaan cara penyajian Ten Rings di dalam film semesta MCU.

Alih-alih berbentuk cincin, Ten Rings justru digambarkan sebagai sepuluh buah gelang yang melingkar di tangan the Mandarin.

Dari beberapa scene trailer, kita bisa melihat kalau Ten Rings dapat dilempar dan melemparkan sebuah gelombang energi atau melingkar di pergelangan tangan dan memperkuat serangan the Mandarin.

Dalam MCU, Ten Rings digambarkan sebagai gelang yang memberi kekuatan super.
Trailer juga memperlihatkan bentuk kekuatan lain Ten Rings, yang dapat direntangkan dan dilontarkan sehingga menciptakan gelombang energi kosmik.

Namun, trailer tetaplah sedikit cuplikan dari keseluruhan film. Bukan tidak mungkin, Marvel Studios masih menyembunyikan beberapa detail dari film tersebut termasuk asal usul hingga kekuatan sesungguhnya Ten Rings.

Fin Fang Foom dan Sosok Naga di dalam Trailer

Kita sudah sempat membahas sosok naga bernama Axonn-Karr pada poin sebelumnya. Jadi, kalian mungkin sudah bisa menjawab pertanyaan yang jadi sub-judul di bagian ini.

Benar! Ada kemungkinan, sosok naga yang muncul di dalam trailer tersebut adalah Axonn-Karr yang bangkit kembali.

Dalam komik, Axonn-Karr dipanggil juga sebagai Fin Fang Foom oleh manusia-manusia bumi. Nama Fin Fang Foom mungkin terdengar aneh, tapi nama sebenarnya punya arti yang luar biasa yaitu: “Ia yang lengannya mampu menghancurkan gunung dan yang punggungnya mampu menggores matahari.”

Fin Fang Foom, naga luar angkasa pemilik Ten Rings di dalam komik.

Setelah mendarat di bumi, Fin Fang Foom tertidur di suatu tempat antah berantah sementara Ten Rings ditemukan oleh the Mandarin.

The Mandarin tidak langsung menguasai kekuatan cincin, namun ia harus belajar dan menguasainya seiring waktu. Berbarengan dengan momen itu, Fin Fang Foom juga terbangun dan ingin merebut kembali Ten Rings dari the Mandarin untuk memenuhi tujuannya yaitu menguasai bumi.

Singkat cerita, Fin Fang Foom akhirnya berhasil dikalahkan dan Ten Rings tetap dikuasai oleh the Mandarin.

Ini adalah naga yang muncul di dalam trailer Shang-Chi, siapakah dia?

Patut diingat bahwa pembahasan kita di atas sebelumnya adalah informasi yang diketahui dari buku komik. Bagaimana dengan versi filmnya nanti?

Kalau melihat dari trailer, naga tersebut sepertinya bukan Fin Fang Foom namun masih memiliki keterkaitan dengan Ten Rings di dalam film.

Kenapa dia bukan Fin Fang Foom? Pertama, karena di dalam trailer sang naga terlihat jinak di dalam trailer. Dalam komik, Fin Fang Foom sebenarnya merupakan sosok antagonis dengan tabiat agresif dan punya tujuan menguasai bumi.

Marvel Studios sepertinya tetap mempertahankan posisi sang naga sebagai pemilik Ten Rings. Namun, perannya kemungkinan diubah.

Kalau boleh menebak-nebak, sang naga mungkin akan menjadi pelindung sosok Shang-Chi yang akan memberinya kekuatan, agar ia mampu mengalahkan the Mandarin dan merebut Ten Rings dari genggamannya.

Penampakan Shang-Chi menghadapi The Mandarin dengan kekuatan barunya?

Kapan Shang-Chi Tayang di Layar Lebar?

Kalau mengutip dari IMDB, Shang-Chi dijadwalkan untuk tayang pada tanggal 2 September 2021 mendatang.

Film ini sendiri merupakan sebuah film layar lebar yang seharusnya tayang di bioskop. Tetapi apabila melihat kondisi pandemi saat ini, bukan tidak mungkin Shang-Chi and the Legends of the Ten Rings juga akan diterbitkan secara online melalui platform Disney Plus.

Apakah kamu sudah tidak sabar untuk melihat aksi perdana karakter Shang Chi ke dalam format live-action di layar lebar?

Saya sendiri sebenarnya cukup penasaran dengan peran Shang-Chi di semesta MCU nantinya. Apakah ia akan jadi anggota baru Avengers? Berkelana di luar angkasa bersama Guardians of Galaxy? Atau malah membentuk kelompok superhero baru di semesta MCU?

More Stories
pubg mobile ban pan
5 Cara Report Cheater PUBG MOBILE; dan Jenis Cheat yang Perlu Diwaspadai!