Lima Momen Bersejarah yang Terjadi di Bursa Transfer 2023 PMPL ID Spring

transfer pmpl id 2023

Menjelang dimulainya kembali kompetisi PUBG MOBILE di seluruh dunia pasca berakhirnya PUBG MOBILE Global Championship 2022, PUBG MOBILE Indonesia membuka bursa transfer pemain pada 13 – 25 Januari 2023 lalu bagi seluruh tim yang ingin mempersiapkan diri menjelang turnamen PUBG MOBILE resmi terdekat yaitu 2023 PMPL ID Spring.

Sudah ada banyak skenario mengejutkan yang terdengar di telinga komunitas, baik itu berupa pemain yang berlabuh ke tim baru, pemain yang pensiun, pemain yang kembali dari masa istirahat, tim yang berganti nama, tim yang melakukan akuisisi, ataupun bahkan tim yang berkolaborasi lintas industri.

Ini membuat bursa transfer kali ini menjadi yang terbesar, terseru, dan yang paling dinanti-nanti oleh komunitas #TransferSangarPMPLID di skena kompetitif PUBG Mobile Indonesia.

Berikut 5 momen bersejarah yang terjadi di bursa transfer 2023 PMPL ID Spring:

Baca Juga: BTR Angie Resmi Farewell dari Bigetron Esports, Fokus Kuliah?

1. Zuxxy-Luxxy Meninggalkan Bigetron Red Aliens

Dua saudara kembar yang aktif di kancah esports PUBG MOBILE sejak tahun 2018 – Zuxxy dan Luxxy – baru-baru ini mengejutkan publik dengan mengumumkan hengkangnya mereka dari Bigetron Red Aliens, tim yang telah menjadi labuhan mereka selama 5 tahun sejak pertama kali berkarir di panggung kompetitif PUBG MOBILE.

Kabar tersebut tidak hanya ramai diberitakan di media nasional, namun juga ke media mancanegara.

Pasalnya, Zuxxy-Luxxy merupakan dua sosok pemain profesional yang sangat dihormati di kancah esports PUBG MOBILE, memiliki banyak penggemar di Indonesia maupun mancanegara, serta disegani oleh sesama pemain profesional.

2. Kolaborasi Persija Dengan EVOS Esports

Masih tentang Zuxxy-Luxxy, tak lama setelah mengumumkan kepergian mereka dari Bigetron Red Aliens, mereka langsung mendapatkan rumah baru di EVOS Esports, mewujudkan reuni bersama rekan lamanya yaitu Microboy.

Roster tim mereka ini juga akan dilengkapi oleh sejumlah pemain bintang seperti RedFace, Miserry, dan Linxx, serta dilatih oleh S1nyo.

Uniknya, pada musim ini EVOS Esports turut berkolaborasi dengan klub sepak bola Liga 1 Indonesia, Persija, untuk debut di panggung 2023 PMPL ID Spring dengan nama baru yaitu Persija EVOS.

Bergabungnya Persija ke kancah esports PUBG MOBILE ini juga turut mencetak sejarah baru, menjadikan mereka sebagai klub sepakbola Indonesia ketiga yang bergabung di PMPL ID setelah Dewa United Esports dan Island of God Esports. 

3. Ryzen Comeback ke Kancah Kompetitif

transfer pmpl id 2023

Satu lagi legenda asal Bigetron Red Aliens, Muhammad “Ryzen” Albi, sempat menggemparkan komunitas esports PUBG MOBILE di dunia pada akhir tahun 2021 lalu, dengan mengumumkan bahwa ia akan vakum bermain kompetitif hingga waktu yang belum dapat dipastikan. 

Walaupun begitu, Ryzen masih dapat membuktikan kebolehannya di panggung 2022 SEA Games Vietnam, dengan membawa pulang medali emas untuk Indonesia di cabang PUBG MOBILE beregu.

Ini menyebabkan banyak penggemar, dan bahkan sesama pemain profesional Indonesia hingga mancanegara, yang menantikan kembalinya Ryzen ke panggung kompetitif sesegera mungkin.

Keinginan tersebut pun terjawab pada 25 Januari 2023 lalu, di mana Bigetron Red Villains mengumumkan Ryzen sebagai pemain ketiga untuk roster mereka.

Setelah dua musim vakum, Ryzen akan comeback ke 2023 PMPL ID Spring bersama uHigh, LiQuiD, SVAFVEL, dan Alan.

Baca Juga: Lengkap! Ini Roster BTR Red Villains untuk PMPL ID Spring 2023

4. Roster ‘Timnas’ di Bigetron Red Villains

transfer pmpl id 2023

Nah sebelum kalian lanjut membaca tips yang diberikan GPX Rosemary, kalian bisa Top Up UC PUBG Mobile terlebih dahulu karena ada promo hingga Rp. 20 ribu dengan klik link ini

Seperti yang sempat disinggung di atas, Bigetron Red Aliens atau kini yang telah berganti nama menjadi Bigetron Red Villains, juga memiliki roster yang tidak kalah mengerikan dari roster Persija EVOS.

Bahkan, komunitas menyebutkan roster baru ini sebagai roster ‘Timnas’, karena empat dari lima pemainnya sempat berjuang di tim nasional negara masing-masing pada 2022 SEA Games Vietnam lalu.

Hasil yang mereka dapatkan pun terbilang sangat memuaskan. Ryzen dan SVAFVEL dari tim INA 2 membawa pulang medali emas,

Alan membawa pulang medali perak pada cabang individu dan peringkat 6 di cabang beregu, sementara uHigh menduduki peringkat 10 di cabang individu dan peringkat 7 di cabang beregu.

Tentunya, ini menjadikan Bigetron Red Villains sebagai salah satu tim yang debutnya paling dinantikan di 2023 PMPL ID Spring mendatang.

Akankah skuad super ini dapat menjawab ekspektasi para penggemar? Jangan lupa saksikan debut mereka di 2023 PMPL ID Spring!

5. Fajar, Pemain Indonesia yang Mencari Tantangan Baru di Negeri Tetangga

transfer pmpl id 2023

Kejutan lainnya juga datang dari Fajar, pemain asal Morph Team yang akan segera memulai debutnya di tim luar negeri, yaitu Dingoz Esports asal Malaysia.

Kabar ini pertama kali diumumkan pada kanal media sosial resmi Morph Team pada 28 Januari 2023 lalu, yang kemudian juga disusul oleh pengumuman resmi dari Dingoz Esports pada 31 Januari 2023.

Sebagai catatan, status Fajar di Dingoz Esports adalah sebagai pemain pinjaman, yang pada kasus ini mirip seperti uHigh yang dipinjamkan Bigetron Red Aliens kepada Geek Fam MY pada musim lalu.

Ini menjadikan Fajar sebagai pemain asal Indonesia kedua yang bermain di tim luar negeri, semenjak Hijrah yang bermain untuk Bigetron AROV di Malaysia tahun 2020 silam.

Itu dia lima momen bersejarah yang terjadi di bursa transfer 2023 PMPL ID Spring. Yang mana yang paling mengejutkan bagimu? #TransferSangarPMPLID

Baca Juga:

Ikuti kanal resmi YODU Indonesia di Instagram untuk mendapatkan berita, panduan, dan highlight PUBG Mobile lainnya

More Stories
Game Moonlight Blade M
Mantap! Game Moonlight Blade M Dirilis 15 Mei 2024