Menjajal Jaringan 5G Telkomsel, Seberapa Cepat Konektivitasnya?

Telkomsel mengundang YODU Circle untuk menjajal koneksi 5G terbarunya. Kira-kira seperti apa kecepatan jaringan 5G Telkomsel?

Teknologi jaringan 5G untuk smartphone sedang menjadi perbincangan banyak orang belakangan. Kecepatan jaringannya yang mengalahkan internet kabel menjadi salah satu hal yang membuat orang-orang antusias dengan 5G.

Tak mau kalah dengan perkembangan teknologi di luar negeri, salah satu provider telekomunikasi mobile terbesar di Indonesia yaitu Telkomsel, juga meluncurkan jaringan 5G baru-baru ini.

Kehadiran 5G Telkomsel tentunya mengundang banyak tanda tanya. Seberapa cepat jaringan tersebut? Di mana saja jaringan tersebut tersedia? Apakah sudah saatnya untuk membeli smartphone 5G untuk saat ini? 

Kebetulan, saya mendapatkan kesempatan untuk menjajal jaringan 5G milik Telkomsel pada tanggal 9 Juni 2021 kemarin. Berikut kami bagikan bagaimana pengalaman mencicipi konektivitas 5G pertama di Indonesia.

Seberapa Cepat Jaringan 5G Milik Telkomsel?

Dalam uji coba tersebut, saya diberi kesempatan menjajal jaringan 5G bersama dengan beberapa media game ternama di Indonesia. Berhubung ketersediaan HP dengan jaringan 5G yang juga masih minim di Indonesia, maka pihak Telkomsel pun menyediakan HP yang sudah tersambung ke jaringan 5G untuk kami coba.

Kami mencoba jaringan 5G Telkomsel di dua lokasi. Lokasi uji coba pertama adalah di Telkomsel Smart Office yang berlokasi di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan. Uji coba kami lakukan dengan menggunakan dua skenario. 

Cara pertama adalah dengan menggunakan aplikasi Speedtest. Cara kedua adalah skenario aktivitas sehari-hari dengan cara menggunakan jaringan 5G Telkomsel untuk beberapa aktivitas seperti download aplikasi di Google Play dan mencoba menggunakannya untuk update serta memainkan sebuah game.

Jaringan 5G Telkomsel berjalan begitu perkasa saat kami coba kecepatannya dengan menggunakan Speedtest, terutama pada kecepatan download-nya. Secara rata-rata, kecepatan download 5G Telkomsel ada di angka 400-an Mbps. Angka download tertinggi adalah 600 Mbps, sementara angka download terendah adalah 392 Mbps.

Harap diingat kalau angka tersebut adalah angka Megabit. Angka Megabit lebih besar dari angka Megabyte. Untuk mendapatkan kecepatan sesungguhnya kamu harus menggunakan rumus berupa: Angka Megabit dibagi delapan (Mb/8). Maka dari itu rata-rata kecepatan 5G Telkomsel adalah sekitar 50 Megabyte. 

Selain menggunakan Speedtest, kami juga mencoba menggunakan jaringan tersebut untuk skenario sehari-hari. Kami mencoba download aplikasi game Wild Rift yang ukurannya sekitar 1GB lebih di Play Store dan melakukan update data di dalam game. Kami juga menjajal ping jaringan tersebut pada game MLBB dan Wild Rift.

Download aplikasi di Play Store berjalan cukup cepat, hanya sekitar 1 menit 30 detik saja untuk download game seukuran 1GB lebih. Proses update game yang berjalan cukup lama. Kecepatan download ada di kisaran 5MB ++, kecepatan yang tergolong cukup standar dan masih bisa tercapai dengan jaringan 4G.

Saat menjajal ping, angka yang kami dapatkan juga tidak terlalu istimewa walau sudah bagus. Jaringan 5G mendapatkan ping sebesar 39ms pada saat menjajalnya di game Mobile Legends, dan 33ms saat menjajalnya di game Wild Rift.

Setelah melakukan semua uji coba tersebut di Telkomsel Smart Office, kami lalu mencoba jaringan 5G di Terminal 3 bandara Soekarno-Hatta. Kami hanya menguji dengan aplikasi Speedtest saja di sana. Namun, angka download sempat menyentuh angka 630 Mbps pada saat melakukan uji koneksi dengan Speedtest.

Di Mana Saja Jaringan 5G Telkomsel Tersedia?

Untuk saat ini, jaringan 5G hanya tersedia di beberapa lokasi saja di Jakarta. Mengutip dari laman resmi Telkomsel, berikut beberapa lokasi jaringan Telkomsel 5G di Jakarta dan beberapa daerah lainnya. 

  • Perumahan:     
    • Alam Sutera, Banten 
    • Bumi Serpong Damai, Banten
    • Pantai Indah Kapuk, DKI Jakarta
    • Kelapa gading, DKI Jakarta
    • Pondok Indah, DKI Jakarta
    • Widya Candra, DKI Jakarta 
  • Hotspot:     
    • GraPARI GTG Medan, Sumatera Utara
    • GraPARI Batam Centre, Kepri
    • GraPARI Terminal 3 Soekarno Hatta, DKI Jakarta
    • GraPARI Solo, Jawa Tengah
    • GraPARI Pemuda Surabaya, Jawa Timur
    • GraPARI Renon Denpasar, Bali
    • GraPARI Balikpapan, Kalimantan Timur
    • GraPARI Pettarani Makassar, Sulawesi Selatan
  • Pendidikan:    
    • Institut Teknologi Bandung, Jawa Barat
    • Telkom University, Jawa Barat
  • Perkantoran:    
    • Telkomsel Smart Office, DKI Jakarta

Pihak Telkomsel mengatakan bahwa jaringan tersebut nantinya akan menyebar sedikit demi sedikit ke berbagai area, mulai dari penambahan di beberapa area Jabodetabek hingga penambahan di wilayah-wilayah luar Jabodetabek.

Apakah Ini Saat Yang Tepat Membeli Smartphone 5G? 

Berhubung cakupan jaringannya yang masih sangat kecil, saya sebenarnya tidak terlalu menyarankan untuk buru-buru membeli smartphone 5G untuk saat ini.

Tapi, apabila kamu memang sedang kebetulan ingin membeli smartphone, satu hal yang perlu kamu perhatikan jika ingin menikmati jaringan 5G Indonesia dari Telkomsel adalah frekuensi atau band yang digunakan smartphone tersebut untuk menangkap sinyal.

Sumber Gambar – Gizmologi

Mengutip dari rilis resmi, Telkomsel menyediakan jaringan 5G pada frekuensi 2300 MHz. Oleh karena itu, hanya ada beberapa smartphone saja yang dapat menggunakan jaringan 5G milik Telkomsel seperti OPPO Reno 5 5G, Huawei Mate 40, Vivo X60, dan Vivo X60 Pro.

Kamu juga tidak langsung dapat menikmati jaringan 5G setelah menggunakan smartphone tersebut, berhubung Telkomsel baru mengaktifkan jaringan 5G hanya di beberapa kartu SIM mili pelanggan saja. 

Seiring dengan waktu dan semakin melebarnya jaringan, kamu mungkin bisa mendaftar atau malah langsung menggunakan konektivitas 5G tanpa harus repot-repot. Untuk sementara waktu, kamu bisa melaju ke laman tsel.me/5G untuk mendapatkan informasi serta update seputar jaringan 5G milik Telkmosel di Indonesia.

More Stories
Timnas DOTA 2 Indonesia
Sempat Unggul, Timnas DOTA 2 Indonesia Takluk di Tangan Filipina