5 Fakta Entitas TVA, Sang Penjaga Waktu di Semesta Marvel

Serial WandaVision dan The Falcon and The Winter Soldier sudah selesai ditayangkan di Disney+. Keduanya memberikan impak yang cukup besar bagi masa depan jagat MCU. Tapi rupanya kisah MCU versi TV belum sepenuhnya berakhir, sebab Marvel sudah menyiapkan serial Loki yang bakal memberikan banyak perubahan pada jagat MCU.

Salah satu perubahan yang nampak pada awal episode adalah, diperkenalkannya TVA (Time Variance Authority) Sebuah entitas yang menjaga “sacred timeline” di MCU.

Berikut ini adalah 5 fakta entitas TVA yang mungkin tidak diketahui banyak orang.

Pertama Kali Muncul di komik Thor

Entitas TVA pertama kali muncul di komik Thor nomor 372 yang terbit di bulan Oktober 1986. Komik ini dibuat oleh Walt Simonson dan Sal Buscema sebagai bentuk penghormatan pada penulis dan editor Marvel veteran, Mark Gruenwald.

Mark Gruenwald

Sejak saat itu TVA eksis di dunia Marvel meskipun tidak terlalu terkenal. Beberapa kali TVA terlibat dalam alur cerita Marvel, salah satunya adalah di Time Trial of She-Hulk.

Time Trials of She-Hulk

Fungsi TVA

TVA mengklaim bertanggung jawab untuk memantau multiverse dan dapat memangkas garis waktu jika dianggap terlalu berbahaya. Mereka juga mengambil tindakan untuk mencegah makhluk lain yang sanggup mengubah masa lalu atau masa depan.

Bahaya Multiverse

Terlepas dari klaim mereka, pengaruh TVA dari waktu ke waktu tidak mutlak. Lingkup pengaruh mereka dibatasi oleh entitas lain seperti Alioth dan Kang the Conqueror. Ada juga banyak insiden perjalanan waktu atau gangguan realitas di mana TVA gagal ikut campur.

Kekuatan di Luar Nalar

TVA eksis di sebuah universe yang memiliki kekuatan di luar batas nalar manusia dan dewa-dewa Marvel. Hal ini tercermin dari hilangnya kekuatan sihir Loki dan absennya kemampuan Infinity Stone.

Power Stone

Bagi para karyawan TVA Infinity Stone itu seperti batu mainan anak-anak yang tidak memiliki efek apa-apa selama berada di TVA. Bahkan beberapa karyawan TVA menggunakan Infinity Stone sebagai pengganjal kertas.

Mobius M. Mobius

Owen Wilson Sebagai Mobius

Mobis M. Mobius merupakan agen kelas menengah yang biasanya mengawasi setiap timeline yang muncul di dunia Marvel. Pada versi komik Mobius M. Mobius digambarkan memiliki muka yang sama dengan Mark Gruenwald. Pada serial TV Loki, Mobius diperankan oleh Owen Wilson.

Masa Depan MCU

Dengan hadirnya TVA di Loki ada kemungkinan besar masa depan MCU bakal terpengaruh dengan segala event yang muncul di serial TV tersebut.

Melihat musuh yang dihadapi Loki adalah dirinya sendiri yang berasal dari timeline yang berbeda, ada kemungkinan besar TVA tidak akan selamat ketika serial ini berakhir. Apalagi di sepanjang episode pertama, Loki sudah mengeluarkan ancaman akan menghanguskan TVA. Kami percaya kalau ancaman tersebut bakal menjadi kenyataan.

Kalau TVA benar-benar hancur di akhir episode, kita pasti akan menyaksikan kemunculan Marvel Multiverse. Perkiraan ini semakin diperkuat melalui salah satu judul dari film Dr. Strange yang bakal dirilis di tahun 2022, yaitu Multiverse of Madness.

Nah itulah tadi 5 fakta entitas TVA yang baru saja diperkenalkan di MCU. Kira-kira mereka akan berhasil meringkus Loki jahat atau tidak ya?

More Stories
10 Fakta Byakuya Kuchiki Bleach: Calon Kapten Komandan Selanjutnya!?