5 Kelebihan yang Bikin PUBG New State Lebih Bagus dari PUBG Mobile

PUBG New State baru saja rilis secara global tanggal 11 November 2021 lalu. Game Battle Royale besutan pengembang orisinal PUBG ini sendiri (yaitu Krafton) memang sudah menarik perhatian terlebih dahulu sebelumnya.

Terakhir kali, PUBG New State bahkan berhasil mencatatkan 50 juta pra-registrasi sebelum mereka rilis.

Lalu, sebenarnya apa sih yang bikin game ini jadi menarik dan apa yang jadi kelebihan PUBG New State buatan Krafton dibanding PUBG Mobile buatan Tencent?

Setelah memainkannya untuk beberapa saat, setidaknya ada 5 hal kelebihan ini dari PUBG New State ketimbang PUBG Mobile menurut YODU:

1. Lebih Enteng Berkat Teknologi Grafis Vulkan

Teknologi grafis Vulkan adalah teknologi yang baru rilis tahun 2016 silam. Teknologi ini dapat membuat HP lebih efektif memproses grafis game ketimbang teknologi terdahulunya yaitu OpenGL.

Vulkan jadi lebih efektif karena meanfaatkan core CPU secara berbarengan (performa multi-core). Sementara pada sisi lain, OpenGL cenderung mengandalkan performa core CPU secara tunggal (performa single-core)

PUBG New State menggunakan Vulkan secara default. Karena pakai Vulkan, game ini jadi enteng walau menggunakan pengaturan grafis tertinggi.

Berkat pemrosesan yang efektif, Vulkan juga bikin HP tidak panas saat memainkan PUBG New State pada pengaturan tertinggi.

Karena HP tidak panas, performa PUBG New State pun jadi lebih stabil, dan jarang nge-frame.

Berkat Vulkan juga, PUBG New State jadi bisa dimainkan dengan pengaturan grafis lebih tinggi di HP kentang sekalipun.

Sejauh ini, PUBG Mobile masih punya masalah tersendiri terkait optimasi performa.

Walaupun gambarnya bagus, PUBG Mobile cenderung membuat HP cepat panas saat dimainkan beberapa saat.

Ketika HP sudah panas, frame-rate pun jadi turun atau sering disebut nge-frame.

2. Lebih Realistis

Kalau dibandingkan dengan pendahulunya yaitu PUBG Mobile, PUBG New State punya beberapa kelebihan di sisi realisme game-nya.

Salah satu contoh sederhananya adalah kehadiran kaca di setiap jendela bangunan rumah.

Bisa jadi, nantinya PUBG Mobile akan kena ledek gara-gara tidak punya kaca jendela seperti Free Fire yang diledek karena tidak punya pintu.

Selain kaca jendela, animasi karakter di PUBG New State juga lebih mulus dan detail.

Salah satu contohnya bisa dilihat dari cara mendarat karakter kita saat menggunakan parasut.

Contoh lain bisa kamu lihat saat kita menabrak lawan dengan mobil.

Kalau di PUBG Mobile, lawan akan langsung menjadi peti tanpa ada animasi tambahan. Sementara di PUBG New State lawan akan terpental lebih dulu.

3. Shoulder Aim Bikin Pertarungan Jarak Menengah Makin Nikmat

Bagian ini mungkin cenderung subjektif.

Di PUBG Mobile, hanya ada dua mekanisme membidik yaitu ADS (menggunakan scope/RDS dsb) dan hip-fire (tanpa scope).

PUBG New State menambahkan satu mekanisme membidik yang bernama Shoulder Aim.

Saat Shoulder Aim, kamera TPP akan mendekat ke arah pundak, dan tembakkan kamu akan jadi lebih walau tidak menggunakan menggunakan scope.

Jadi, misalnya kamu pakai M4 dengan scope 6x, kamu tetap bisa bertarung jarak menengah pakai Shoulder Aim ini!

Berkat kehadiran Shoulder Aim, adu tembak jarak menengah tetap akurat, tanpa harus ganti-ganti scope ke RDS atau Holo.

Mungkin memang tak semua menyukai metode bidik yang satu ini. Tapi kalau kamu memanfaatkannya dengan maksimal, fitur ini bikin kamu jadi semakin efektif bertarung di jarak apapun.

4. Kamera FPP Lebih Mulus

Poin ini bisa dibilang sebagai kelanjutan dari pembahasan animasi PUBG New State yang lebih halus.

Berkat animasi yang halus, bermain FPP di PUBG New State pun jadi terasa lebih nikmat.

Kenikmatan tersebut mungkin akan lebih terasa kalau kamu sedang beradu tembak di ruang-ruang sempit seperti: di dalam apartemen atau rumah.

Selain untuk beradu tembak, kenikmatan bermian FPP di PUBG New State juga bisa dirasakan saat kamu mengendalikan mobil.

Menyetir di PUBG New State cenderung lebih halus, animasinya dan pergerakan mobilnya. Contohnya bisa terasa kalau kamu membandingkan menyetir mobil Buggy di PUBG New State vs di PUBG Mobile.

Di PUBG New State, suspensi mobil dan pergerakan tangan menyetir mobil terlihat mulus dalam kamera FPP. Sementara di PUBG Mobile, kemulusan tersebut masih kurang terasa.

5. Banyak Mekanisme Modern, Bikin Pertarungan Semakin Dinamis

Bagian ini juga mungkin jadi poin subjektif lainnya.

Beberapa pemain mungkin lebih suka main Battle Royale orisinal seperti apa adanya: Terjun dari pesawat, looting, tembak-tembakan.

Tapi, kalau kamu suka game yang lebih dinamis, kemungkinan besar kamu akan setuju bahwa PUBG New State ini lebih baik berkat kehadiran berbagai mekanisme permainan baru.

Di PUBG New State, kamu bisa menggunakan drone untuk memeriksa area sekitar. Kamu bisa “Custom” senjata menjadi bentuk baru (misalnya membuat MK47 Mutant menjadi senjata Auto).

Bahkan yang paling ekstrim, kamu bisa merekrut musuh menjadi teman, dan membangkitkan teman yang sudah mati menggunakan flare gun hijau!

Tentunya pertarungan jadi semakin rumit. Tapi kalau kamu suka permainan yang dinamis, sepertinya kita akan setuju bahwa PUBG New State jadi lebih menarik berkat fitur-fitur barusan.

Menurut kamu bagaimana? Benarkah PUBG New State lebih baik daripada PUBG Mobile? Atau kamu tetap masih lebih cinta PUBG Mobile? Tulis pendapat kamu di kolom komentar ya.

More Stories
RBL Fearless diduga melakukan pelecehan seksual terhadap seorang wanita.
Diduga Lakukan Pelecehan Seksual, RBL Fearles Dipecat!