Tips Build Ganyu Genshin Impact: Damage BESAR Pakai Senjata Gratis!

Kalau kamu yang enggak suka dengan tipikal tarung barbar dan kepingin santai di belakang sambil menembaki musuh dengan panah, Ganyu adalah jawaban yang kamu cari!

Salah satu dari Liyue Big Three ini memang menjadi idola banyak pemain Genshin Impact karena gaya bermainnya yang santai dan memiliki peran yang fleksibel untuk tim.

Ganyu sendiri Bisa jadi main DPS, sub DPS, ataupun support.

Kali ini, kita akan cari tahu bagaimana caranya membuat Ganyu punya damage yang besar tapi hanya bermodalkan senjata panah gratis. Penasaran? Langsung aja kita simak bareng-bareng!

1. Skill and Passive Overview

Seperti biasa, sebelum memulai guide cara build Ganyu, mari kita berkenalan dulu dengan Ganyu di Genshin Impact lewat skill dan pasifnya.

Normal Attack (Liutian Archery)

Berbeda dengan karakter panah (Bow) lain, Ganyu punya dua level Charged Attack:

  • Charge Level 1: Menembakan panah yang mengeluarkan Cryo DMG
  • Charge Level 2: Menembakan Frostflake Arrow yang mengeluarkan Cryo DMG dan pecah ketika mengenai musuh atau objek menghasilkan AoE (Area of Effects) Cryo DMG.

Elemental Skill (Trail of the Qillin):

  • Ganyu meluncur ke belakang dan meninggalkan Ice Lotus memberi efek taunt ke musuh sehingga memukul musuh yang di sekitarnya. Kekuatan Ice Lotus diukur dari Max HP milik Ganyu, ketika meledak Ice Lotus memberi damage AoR Cryo DMG.

Elemental Burst (Celestial Shower)

  • Ganyu mengeluarkan Sacred Cryo Pearl, menurunkan hujan es selama 15 detik dan memberikan Cryo DMG ke musuh yang ada di dalam areanya.

1st Ascension passive (Undivided Heart):

  • Setelah menembakan Frostflake Arrow, CRIT Rate meningkat untuk charge level 2 sebanyak 20% untuk 5 detik.

4th Ascension Passive (Harmony Between Heaven and Earth)

  • Setiap karakter yang berada di dalam lingkarannya akan mendapatkan 20% Cryo DMG Bonus

Utility Passive (Preserved for the Hunt)

  • Mengembalikan 15% dari batu yang dipakai untuk membuat senjata panah (Bow)

2. Cukup Fokus Dengan Satu Talent Saja

Ini dia salah satu keuntungan kalau memiliki Ganyu, apalagi dijadikan Main DPS. Karakter ini bisa dibilang paling hemat, karena kamu hanya perlu fokus memaksimalkan talent Normal Attack-nya saja.

Kalau kita lihat dari kit Ganyu, yang paling menonjol adalah charged attack-nya yang punya dua level itu. Bahkan di pasif pertamanya, kita bisa mendapatkan tambahan 20% CRIT Rate ketika tembakan charged attack level 2 (Frostflake Arrow) meledak dan mengenai musuh.

Maka dari itu, ketik hendak upgrade Ganyu, kamu enggak perlu menaikan semua talent ke level yang sama, cukup normal attack saja dan sisanya sesuai kebutuhan kamu, mana yang paling sering kamu pakai.

3. Jangan Sampai Salah Pilih Artefak!

Sebenarnya enggak ada yang namanya salah artefak, apalagi kasusnya seperti Ganyu yang punya banyak pilihan kombinasi artefak. Meskipun begitu, ada dua set artefak yang menurut kami paling cocok untuk Ganyu, yaitu Wanderer’s Troupe dan Shimenawa’s Reminiscene.

Wanderer’s Troupe

  • 2-piece: Elemental Mastery bertambah 80
  • 4-piece: Meningkatkan Charged Attack DMG sebanyak 35% pada karakter bow dan catalyst.

Shimenawa’s Reminiscene

  • 2-piece: ATK +18%
  • 4-piece: Saat menggunakan Elemental Skill, jika karakter memiliki 15 atau lebih Energy, mereka akan kehilangan 15 Energy dan Normal/Charged/Plunging Attack DMG bertambah 50% selama 10 detik.

Well, memang kalau dilihat-lihat Shimenawa’s Reminiscene punya tambahan damage lebih besar. Tapi kamu nantinya akan susah untuk Elemental Burst gara-gara Energy selalu habis terpakai dan memerlukan Elemental Skill agar pasif-nya menyala.

Berbeda dengan Wanderer’s Troupe. Artefak tersebut langsung memberi tambahan damage tanpa harus melakukan apa-apa, walau jumlahnya lebih kecil.

Tambahan Elemental Mastery pun penting banget kalau kamu memang suka main elemental reaction seperti Melt.

Kalau opini dari kami sih, Wanderer’s Troupe masih jadi pilihan di hati. Meskipun lebih kecil bonusnya, tetapi kita bebas menggunakan semua senjata, terutama Hamayumi.

4. Kuat Walau tanpa Senjata Bintang Lima

Ganyu pada dasarnya memang tipe cewek yang enggak neko-neko guys. Dia cuma butuh satu Talent untuk difokuskan, punya banyak artefak pilihan, dan dia enggak perlu Amos Bow atau Skyward Harp untuk jadi sakit damage-nya.

Beberapa pilihan senjata bintang empat yang bisa kamu dapatkan gratis dan cocok untuk Ganyu adalah Hamayumi, Prototype Crescent, Blackcliff Warbow dan Royal Bow. Sedangkan untuk bintang tiga ada Sharpshooter’s Oath.

Kalau ditanya mana yang lebih bagus, kami sih lebih menyarankan Hamayumi. Pasalnya panah ini punya pasif menambah Charged Attack DMG 12 – 24% ketika Elemental Burst terisi penuh.

Tapi, kalau pakai Hamayumi, kamu enggak bisa menggunakan 4-piece Shimenawa’s Reminiscene. Pasif dari senjata dan set artefak tersebut saling bertabrakan: Hamayumi harus memenuhi Energy, sedangkan Shimenawa terus mengurangi Energy untuk mendapat bonusnya.

Jadi kesimpulannya, kalau pilihanmu adalah Hamayumi, kamu bisa memaksimalkan bonus Charged Attack DMG dengan menggunakan 4-piece Wanderer’s Troupe.

Kalau kamu memutuskan untuk memakai Shimenawa’s Reminiscene, itu artinya kamu bisa memakai Prototype Crescent, Blackcliff Warbow atau lainnya selain Hamayumi.

So, bakal pilih yang mana nih guys? Semuanya tergantung dapat apa dan mana yang paling bagus ya!

Bagaimana? Apakah kamu sudah punya Ganyu, atau masih harus menunggu event rerun terlebih dahulu? Kalau sudah punya, semoga kamu bisa mendapatkan semua senjata-senjata di atas supaya bisa menciptakan Ganyu ideal versi kamu ya!

More Stories
Guide Clint Mobile Legends: si Marksman Tersakit, Bikin Kamu Cepat Sampai Mythic