5 Cara Tepat Menahan Recoil Senjata PUBG Mobile, Bukan Cuma Atur Sensitivity!

Bagaimana cara menahan recoil di PUBG Mobile? Pertanyaan itu mungkin sering sekali dipertanyakan, terutama apabila kamu baru mulai main PUBG Mobile.

Sebenarnya, sudah banyak juga yang mencoba menjawab pertanyaan itu. Esportsku.com mengatakan harus berlatih di training, Indosports.com mengatakan harus memahami senjatanya.

Dua saran itu mungkin tidak salah, tapi mungkin kurang tepat untuk menjawab pertanyaan “cara menahan recoil di PUBG Mobile?”

Lalu, apa tips yang tepat untuk menahan recoil di PUBG Mobile? Simak pembahasan YODU yang satu ini:

1. Pelajari Tahap demi Tahap Teknik Tahan Recoil di PUBG Mobile

Ada dua cara menahan recoil di PUBG Mobile, bisa pakai jari atau pakai gyroscope.

Kalau kamu tipe pemain yang aim pakai jari, maka tahap demi tahap menahan recoil adalah begini:

  1. Tekan tombol aim (yang bergambar scope)
  2. Tekan dan tahan tombol tembak (yang bergambar peluru)
  3. Tarik atau slide jari menembak kamu (Jempol ataupun Telunjuk) ke bawah

Jari yang kamu tarik atau slide itu tergantung dari gaya main kamu dan jari yang kamu gunakan untuk menekan tombol tembak. Ada pemain dua jari yang pakai jempol, ada juga pemain tiga jari atau empat jari yang pakai telunjuk.

Kalau kamu tipe pemain yang aim pakai gyroscope, maka tahap demi tahap cara menahan recoil senjata di PUBG Mobile adalah seperti ini:

  1. Tekan tombol aim (yang bergambar scope)
  2. Tekan dan tahan tombol tembak (yang bergambar peluru)
  3. Gerakkan HP kamu ke arah bawah

2. Latih Agar Jadi Terbiasa dan Muscle Memory Terbentuk

Muscle memory sebenarnya adalah bahasa ribet-nya dari “kebiasaan”. Tapi, intinya, agar jago tahan recoil, maka kamu harus terbiasa. Kalau kata peribahasa orang zaman dahulu: “Bisa karena terbiasa”.

Maka dari itu, menahan recoil juga harus dibiasakan. Cara membiasakannya adalah dengan latihan di Training Ground.

Supaya semakin terbiasa, kamu harus sering-sering melakukan tahap demi tahap gerakan di atas secara berulang-ulang sampai kamu bosan.

Jangan lupa, latihannya dimulai dari tindakan yang mudah dulu! Awalnya kamu coba tembak target diam terlebih dahulu, sambil pelan-pelan mengulang step-by-step di atas.

Kalau sudah terbiasa dengan yang mudah, tingkatkan kesulitan latihan kamu. Coba aim target yang bergerak, coba pakai scope jarak jauh, coba spraydown 10 peluru lebih, dan lain sebagainya.

3. Pelajari Pola Recoil Senjata!

Gambar di atas adalah contoh pola recoil senjata di PUBG versi PC (Sumber: WackyJacky)

Kalau kamu baru main PUBG Mobile, mungkin kamu akan merasa kalau semua senjata itu recoilnya sama saja.

Tapi, kenyataannya tidak. Senjata PUBG Mobile seperti M4, AKM, dan senjata lainnya itu punya pola recoil yang berbeda-beda.

Walaupun recoil-nya sama-sama mengarah ke atas, tapi hentakan ke atas dari masing-masing senjata itu berbeda.

Belum lagi, beberapa senjata bisa dipasangkan attachment, senjata M4 misalnya. Pola recoil sebuah senjata akan berubah lagi apabila dipasangkan attachment. Contohnya: attachment Vertical Grip akan membuat hentakan senjata M4 jadi lebih jinak.

Selain attachment, scope juga jadi faktor lain yang membedakan pola recoil sebuah senjata. Semakin jauh scope yang kamu gunakan (misalnya Scope x6), semakin liar recoil senjata-nya.

4. Atur Kebiasaan Kamu Dengan Setting Sensitivitas

Atur sensitivitas kamu masing-masing, tidak harus selalu mengikuti pro player

Sensitivity adalah hal terakhir yang perlu kamu perhatikan saat ingin menahan recoil senjata di PUBG Mobile.

Bagaimana cara mengaturnya? Sebenarnya kamu cukup menggunakan template pilihan sensitivity bawaan game (Low, Medium, High).

Kalau kamu bermain di HP, YODU menyarankan kamu pakai sensitivity High. Kenapa harus High? Berhubung layar HP itu kecil, sensitivity High berfungsi agar kamu cukup slide jari sedikit saja untuk menahan recoil.

Kalau kamu bermain pakai tablet seperti iPad, maka kamu mungkin bisa atur menjadi medium atau setting-an lain yang sesuai.

Lalu bagaimana kalau kamu bermain dengan menggunakan gyroscope. YODU juga menyarankan hal yang sama, gunakan sensitivity tinggi. Fungsi sensitivity tinggi adalah supaya kamu cuku menggerakan HP sedikit saja untuk menahan recoil.

PRO TIP: Tidak ada settingan sensitivity terbaik, semua harus disesuaikan dengan kebiasaan masing-masing kamu. Meniru template sensitivity pro player tidak membuat kamu tiba-tiba jago menembak di PUBG Mobile

5. Gunakan Hasil Latihan Tersebut di Medan Pertempuran

Di saat recoil senjataku terkendali, ketika itulah aku turun Pochinki

Setelah mengatur segala macam setting yang perlu di setting, tahap terakhir adalah menggunakan segala aturan dan hasil latihan tersebut di medan pertempuran.

Tenang saja, tidak perlu terlalu terbawa pusing kalau misalnya kamu masih belum terlalu mahir atau malah panik di medan pertempuran.

Kembali berpegang pada peribahasa di poin kedua, “bisa karena terbiasa”.

Mungkin memang sekarang kamu belum sebegitu jago atau bisa. Tapi seiring dengan waktu, dan seiring banyaknya pertarungan yang kamu hadapi, game-sense atau insting permainan kamu pun akan semakin terlatih sehingga jadi terbiasa.

Jadi, enggak usah bingung lagi dengan cara menahan recoil di PUBG Mobile ya! Intinya sih sebenarnya itu tiga hal, pelajari tekniknya, latihan, dan terapkan di medan pertempuran!

More Stories
PKCL Twins, Perpaduan NFT dan Dress-Up Game dari Jepang Dirilis Resmi Hari Ini!