Inilah Arti Mikro Makro di Mobile Legends dan Game Esports Lainnya

ilustrasi mikro dan makro di mobile legends
ilustrasi mikro dan makro di mobile legends

(Update 12 April 2022) Topik pembahasan arti mikro dan makro di Mobile Legends (ataupun game esports lainnya) menjadi satu topik yang selalu hangat dibahas. Kenapa? Karena mikro dan makro ini sebenarnya adalah skill dasar bermain Mobile Legends, tapi tidak semua pemain sadar dengan hal ini.

Bahkan, skill mikro dan makro ini tidak terbatas hanya untuk bermain Mobile Legends saja loh. Hampir semua game esports melibatkan skill mikro dan makro, walau elemen yang terlibat berbeda-beda.

Jadi, sebenarnya apa sih arti mikro dan makro di Mobile Legends ataupun game esports lainnya? Berikut pembahasannya:

1. Mikro Adalah Kemampuan Main Mobile Legends yang Melibatkan Otot

Hayabusa contoh hero yang mengharuskan pemain berskill mikro kuat di mobile legends

Secara bahasa, mikro artinya kecil. Arti mikro di Mobile Legends pun melibatkan sesuatu yang paling kecil dan spesifik dari game tersebut.

Apa sih aspek kontrol yang paling kecil dan spesifik dari game Mobile Legends? Jawabannya adalah pengendalian hero.

Hal-hal yang masuk ke dalam skill mikro di dalam Mobile Legends adalah: Kecepatan dan ketepatan tangan saat freestyle bermain Chou, kelincahan jari untuk mendaratkan kabel Fanny, dan lain sebagainya.

Contoh Skill Mikro di Mobile Legends

Beberapa contoh skill mikro itu punya satu kesamaan, mengandalkan otot atau kordinasi mata-tangan-otak untuk melakukannya.

Mengarahkan hero dan skill saat freestyle main Chou mengandalkan otot jempol, swipe layar saat mengarahkan kabel Fanny juga mengandalkan otot jempol dan kordinasi mata-tangan. Oleh karena itu, skill mikro terkadang juga disebut sebagai skill otot.

Pertanda skill mikro kamu sudah jago adalah ketika kamu bisa fast-hands saat menggerakkan hero-hero yang cenderung susah seperti Chou, Fanny, Gussion, dan lain sebagainya.

2. Makro – Kemampuan Main Mobile Legends yang Mengandalkan Otak

Awas dengan keadaan di map adalah contoh skill makro di mobile legends

Makro artinya besar, kebalikan dari mikro. Arti makro di Mobile Legends pun melibatkan aspek-aspek yang sifatnya besar dan di luar dari kendali pemain.

Apa saja yang termasuk aspek makro di Mobile Legends? Secara umum, pokoknya semua hal yang ada di luar kendali kamu bisa dimasukkan ke dalam aspek makro dari Mobile Legends.

Contoh Skill Makro di Mobile Legends

Skill makro di Mobile Legends termauk: Menghitung berapa detik cooldown skill hero, berapa besar damagenya, memperkirakan ke mana pergerakan musuh, mengetahui di menit berapa Lords spawn, memilih item apa yang cocok pada suatu situasi, mengambil keputusan saat suatu situasi terjadi, dan lain sebagainya.

Kalau skill mikro banyak melibatkan kemampuan pergerakan otot dan kordinasi mata-tangan, skill makro banyak melibatkan kerja otak. Oleh karena itu, skill makro terkadang juga disebut sebagai skill otak.

Pertanda skill makro kamu sudah jago adalah ketika kamu bisa cermat mengambil keputusan, kapan, ke mana, harus apa di dalam Mobile Legends.

3. Asah Otot dengan Pengulangan, Inilah Cara Melatih Skill Mikro di Mobile Legends

Chou, contoh hero lain yang harus mengandalkan mikro di mobile legends

Skill mikro di Mobile Legends sangat melibatkan otot tubuh saat digunakan. Lalu bagaimana agar otot-otot jempol kamu lebih luwes dan jadi bisa fast-hand?

Jawabannya adalah dengan repetisi atau pengulangan. Oura, mantan pemain EVOS Legends, juga mengakui bahwa satu-satunya cara agar mikro kamu jadi bagus adalah dengan mengulang-ulang suatu tindakan di Mobile Legends.

Kalau kamu ingin fast-hands, maka kamu harus memulainya dengan slow-hands terlebih dahulu, dan diulang-ulang sampai gerakan kamu jadi mantap.

Contoh Melatih Mikro Pakai Chou di Mobile Legends

Misalnya kamu ingin bisa fast-hands freestyle main Chou maka kamu harus slow-hands, alias menggunakan skill dengan perlahan di training mode.

Sebelum mulai berlatih gerakannya, ketahui dulu kombo skill Chou. Kombo yang paling umum biasanya Jeet Kune Do 2x > Shunpo > Jeet Kune Do (supaya musuh kena knockup)

Setelah tahu gerakannya baru kamu latih dan biasakan otot jempol untuk mengarahkan skillnya.

Jangan langsung cepat-cepat! Ibarat belajar sepeda, mainkan skillnya secara perlahan dan dengan fokus penuh.

Ulang-ulang Gerakan Sampai Bosan, Sampai Lancar!

Ulang terus gerakan tersebut sampai kamu bisa melakukannya dengan lebih cepat, terus lebih cepat, dan sampai akhirnya bisa kamu lakukan dengan mata terpejam.

Kalau sudah lancar kombonya di training mode, kamu tinggal melatih membiasakannya di medan pertempuran Land of Dawn.

Hal lain yang patut diingat adalah skill mikro terhadap masing-masing hero harus kamu asah setiap harinya.

Misal kamu ingin jago Chou, maka kamu harus terus memainkan Chou, minimal satu kali setiap hari agar otot jempol kamu tidak kaku saat melakukan kombo skill.

4. Inilah Cara Melatih Skill Makro di Mobile Legends! Asah Otakmu Dengan Bertanya

Ilustrasi bermain mobile legends

Kalau menurut pendapat Oura, mantan pemain EVOS Legends, salah satu cara melatih skill makro di Mobile Legends adalah dengan menonton turnamen.

Menonton turnamen memang sangat membantu melatih skill makro. Dengan mengamati permainan orang lain, kamu jadi bisa mempelajari alasan pergerakan seorang pemain.

Lalu, bagaimana agar kamu terlatih dan terbiasa menggunakan skill makro di dalam game Mobile Legends.

Menurut opini mimin, caranya adalah dengan membiasakan diri untuk selalu berpikir saat bermain dan selalu punya alasan ketika melakukan sesuatu

Saat berpikir, proses otak kamu adalah bertanya kepada diri sendiri. Saat akan melakukan sesuatu di dalam game Mobile Legends coba tanya ke diri sendiri 5W 1H yang artinya:

  • What – Apa?
  • Why – Kenapa?
  • When – Kapan?
  • Where – Di mana?
  • Who – Siapa?
  • How – Bagaimana?

Contoh Menerapkan Latihan Makro

Misal, mimin dan tim sedang ingin mengambil Lords. Sebelum bergerak ke Lord coba bicara dalam hati dan tanyakan enam kata tanya tersebut.

  • Bagaimana cara mengambil Lord-nya? Dari depan atau dari belakang?
  • Kapan harus bergerak ke Lord? Sekarang juga? Atau nanti setelah push lane?
  • Kenapa harus ambil Lord? Apa ada opsi lain yang lebih baik selain mengambil lord?
  • Di mana kawan-kawan kamu saat ingin mengambil Lord? Di mana letak posisi musuh? Di mana aku harus berdiri saat perang dengan menggunakan Mage atau Marksman?
  • Siapa lawan yang harus mimin target saat bermain Assassin? Siapa yang harus mimin temani saat bermain Tank?

Secara umum, 6 pertanyaan itu adalah proses berpikir yang harus kamu jejali ke dalam otak sebelum kamu melakukan apapun di Mobile Legends.

Duh susah banget min, enggak ada cara melatih makro yang lebih gampang di mobile legends?

Yaaa … namanya latihan sih pasti susah. Tapi tenang, makin sering main, makin terbiasa kok

Awalnya, otak kamu mungkin akan sedikit lemot ketika dijejali semua pertanyaan itu dalam jeda waktu yang amat sangat singkat. Tetapi, kuncinya adalah sering dilatih. Semakin sering dilatih, proses pikir kamu semakin cepat, keputusan akhirnya juga jadi semakin jitu.

Kurang lebih, itulah beberapa hal yang harus kamu tahu seputar mikro dan makro di Mobile Legends.

Bagaimana Dengan Game Esports Lainnya?

Secara umum, arti mikro makro-nya masih sama, hanya saja aspeknya yang berbeda. Misal, mikro di Free Fire yang artinya skill menggerakan jempol untuk aim, skill jempol untuk looting, dan lain sebagainya.

Kalau makro? Masih sama di seputar pengambilan keputusan dan kemampuan otak untuk membayangkan bagaimana kondisi tanah/bangunan dari suatu area.

Kalau kamu adalah tipe orang yang belajar lewat sarana visual, konten milik HEROISGOD di atas mungkin bisa jadi sarana alternatif untuk belajar soal mikro dan makro.

Sudah siap berlatih dan jadi gamers yang jago? YODU juga punya berbagai guide Mobile Legends lain yang perlu kamu baca supaya makin jago push rank!

More Stories
7 Perbedaan PUBG MOBILE vs PUBG MOBILE LITE: Ternyata Beda Server?