Inilah Daftar 8 Game Debutan PS1 yang Masih Ternama Hingga Saat Ini!

Konsol Playstation 1 bisa dibilang sebagai konsol bersejarah yang punya jumlah game debutan cukup banyak.

Seri game-game terbaik yang masih berjalan hingga sekarang pun, biasanya dimulai dari konsol dari Sony tersebut.

Mulai dari seri horor hingga RPG, banyak yang memulai debutnya dari PS1.

Namun tentu saja tidak semua bisa menjadi sukses dan menghasilkan banyak sekuel.

Lalu, game apa saja sih yang debut di PS1 dan masih bertahan hingga sekarang? Berikut daftarnya!

1. Metal Gear Solid

Metal Gear Solid mungkin bisa dikatakan sebagai salah satu franchise game terbaik yang pernah ada.

Dibuat oleh sang maestro Hideo KojimaMetal Gear Solid menceritakan tentang Solid Snake, mantan agen FOXHOUND yang ditugaskan untuk menyelesaikan sengketa dan kasus yang tidak bisa dihadapi oleh militer Amerika secara langsung.

Hingga saat ini, sudah ada 5 seri dari Metal Gear Solid yang menceritakan tentang Solid Snake dan juga pertikaian “keluarga” miliknya serta beberapa spin-off.

Metal Gear Solid pun masih menjadi salah satu franchise tersukses hingga saat ini.

Namun, masa depan game ini sedang abu-abu gara-gara keluarnya Hideo Kojima dari Konami selaku pemilik hak kekayaan intelektual atas serial Metal Gear Solid.

2. Resident Evil

Resident Evil bisa dibilang sebagai serial game horor tersukses di dunia.

Serial yang diciptakan oleh Capcom ini menceritakan tentang sebuah virus yang bisa mengubah seseorang menjadi zombie jika terjangkit.

Karakter utama dari serial ini adalah Redfield bersaudara (Chris dan Claire); Leon S. Kennedy; dan Ethan Winters.

Sejauh ini, Resident Evil sudah mencapai seri ke delapan lewat Resident Evil Village. Bahkan, Resident Evil juga dirumorkan sedang menggarap seri ke-sembilan.

Selain itu, juga terdapat beberapa remake yang sangat sukses dari seri klasik dalam franchise tersebut dan juga beberapa spin-off.

3. Suikoden

Seri JRPG yang satu ini mempunyai gameplay yang unik dan juga sistem magic dengan rune bervariasi.

Suikoden mencapai keemasannya saat berhasil merilis dua seri pertamanya yaitu Suikoden dan Suikoden II di Playstation 1.

Sayangnya, setelah Suikoden III di konsol Playstation 2, seri ini mengalami penurunan pamor dan kualitas.

Hingga saat ini, masa depan dari JRPG yang satu ini masih dalam status hiatus. Serial ini pun bisa dikatakan sebagai seri kedua dalam daftar ini yang dalam status tidak jelas yang ada di bawah manajemen Konami.

4. Ape Escape

Ape Escape adalah sebuah serial yang unik. Dalam game ini, kalian harus menangkap monyet-monyet bekas eksperimen yang kabur dari laboratorium.

Monyet-monyet ini memiliki sirine di kepalanya dan meminta para pemain memutar otak untuk menangkap seluruh monyet yang berkeliaran.

Namun setelah Team Asobi diakuisisi oleh Japan Studio, nasib dari Ape Escape juga berada di dalam zona hiatus.

Hingga artikel ini ditulis, belum ada kabar terkait kelanjutan serial tersebut. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan kalau seri ini akan dihidupkan kembali.

5. Gran Turismo

Seri racing yang satu ini sudahlah tidak asing di kalangan gamer tahun 90-an, terutama bagi para fans konsol Playstation.

Gran Turismo memulai debutnya di Playstation 1 dan menjadi salah satu panutan kualitas di genre sim racing.

Serial yang satu ini merupakan karya dari studio milik Sony, benama Polys Entertainment yang sekarang berubah menjadi Polyphony Digital.

Gran Turismo dikabarkan akan mengeluarkan seri ke-tujuhnya pada tahun 2022

6. Persona

Persona adalah sebuah JRPG dengan latar belakang cerita di sekolah menengah tinggi.

Game ini jadi sangat populer di kalangan gamer muda berkat cerita kehidupan remaja yang relatable. Namun, dibalik kehidupan sekolah terdapat cerita kelam terkait psikologi manusia.

Persona saat ini telah mempunyai 5 judul utama dengan berbagai spinoff di genre fightingrhythm game, hingga action hack and slash RPG.

Setiap serinya mempunyai karakter utama masing-masing dan hampir tidak pernah bersinggungan antara satu dengan yang lainnya.

7. Crash Bandicoot

Crash Bandicoot juga merupakan seri yang berasal dari studio game milik Sony.

Serial yang satu ini sudah menghasilkan puluhan game dengan berbagai genre, mulai dari platformer, racing, hingga party game

Game ini diproduksi oleh Naughty Dogs, studio game yang juga menghasilkan beberapa seri ternama seperti Uncharted dan The Last of Us.

8. Silent Hill

Seri terakhir ini juga merupakan seri horor yang unik dan menegangkan.

Dibandingkan dengan Resident Evil yang bertema ilmiah, Silent Hill akan bermain dengan psikologi dari kamu sebagai pemain.

Seri horor besutan Konami ini juga termasuk dalam daftar kekayaan intelektual yang berada dalam status hiatus.

Bahkan, penerus spiritualnya (yang berjudul P.T.) juga sama-sama bernasib naas; tidak berhasil direalisasikan menjadi sebuah game.

Itulah delapan serial game terbaik yang debut di konsol Playstation 1. Apakah ada game lain yang menurut kalian seharusnya ada di dalam daftar ini?

More Stories
Hero Terkuat Mobile Legends
5 Hero Terkuat di Mobile Legends Desember 2022, Wajib Pick!