Guide Build Zhongli di Genshin Impact: Shield Tebal, Damage Besar!

Kalau ada yang bertanya, “Siapa tanker dan shielder terbaik seantero Teyvat?” jawabannya sudah pasti si Geo Archon, Morax atau Zhongli. Ada banyak alasan yang bikin Zhongli jadi shielder terbaik di Genshin Impact.

Pertama, shield Zhongli punya durasi yang lama dan cooldown yang sedikit.

Alasan kedua, Zhongli juga punya ulti yang sakit dan bisa menjadikan musuh membatu layaknya Malin Kundang yang dikutuk ibunya. Pokoknya ajib banget deh!

Nah, untuk kamu yang mengharapkan kehadiran kembali Abah Zhongli ini, ada beberapa hal yang perlu kamu tahu nih guys, yaitu build dan senjata yang cocok untuk dirinya.

Penasaran kira-kira build seperti apa yang bikin Zhongli jadi tanker sekaligus damage dealer? Langsung aja deh kita cari tau bareng-bareng!

1. Skill and Passive Overview

Meskipun skill dan pasif Zhongli terdengar mudah, tetapi ada beberapa hal perlu kita teliti lebih lanjut supaya enggak salah kaprah, guys.

Elemental Skill (Dominus Lapidis):

  • Press: Menciptakan Stone Stele yang merupakan Geo Construct dan menyerang musuh yang ada di sekitar
  • Hold: Mengeluarkan ledakan Geo ke sekitar dan menghadirkan Stone Stele apabila belum menyentuh batas maksimal. Menahan Elemental Skill juga menciptakan Jade Shield yang menyerap damage bedasarkan Max HP Zhongli.
    • Jade Shield memiliki 150% DMG Absorption terhadap Elemental dan Physical DMG. Karakter yang dilindungi oleh Jade Shield akan menurunkan Elemental RES dan Physical RES musuh dalam jarak dekat sebanyak 20%.

Elemental Burst (Planet Befall):

  • Zhongli menjatuhkan meteor dan menghasilkan Geo DMG. Musuh yang terkena meteor akan membatu selama 3 detik.

1st Ascension Passive (Resonant Waves):

  • Saat Jade Shield menerima DMG, karakter yang dilindungi akan mendapatkan penambahan 5% Shield Strength dan bisa ditumpuk hingga lima kali. Stack ini akan hilang ketika Jade Shield pecah.

4th Ascension Passive (Dominance of Earth):

Zhongli mendapatkan bonus DMG dari Max HP:

  • Normal Attack, Charged Attack, dan Plunging Attack DMG bertambah 1.39% dari Max HP
  • Damage Resonansi Stone Stale dan ledakan Elemental Skill (Dominus Lapidis) bertambah 1.9% dari Max HP.
  • Elemental Burst (Planet Befall) DMG bertambah 33% dari Max HP.

Utility Passive:

  • Mengembalikan 10% material setiap kali membuat senjata Polearm.

2. Gimana Caranya bikin Zhongli Jadi Tebal dan Sakit? Coba Pakai Artefak Ini

Apakah mungkin, nge-build karakter yang serbaguna, bisa jadi support sekaligus damage dealer di Genshin Impact?

Bukan Archon namanya kalau enggak punya kekuatan di atas rata-rata.

Dari penjelasan di atas, kita tahu kalau shield-nya mengandalkan jumlah HP Zhongli. Semakin banyak HP, semakin tebal. Apalagi, sekarang Zhongli juga sudah punya artefaknya sendiri yaitu Tenancity of the Millelith.

Tenancity of the Millelith:

  • 2-piece: HP +20%
  • 4-piece: Saat Elemental Skill mengenai musuh, semua anggota party akan mendapatkan tambahan 20% ATK dan Shield Strength 30% selama 3 detik, bisa dilakukan setiap 0.5 detik. Buff ini bisa aktif sekalipun karakter yang menggunakan artefak ini off-field

Kalau dilihat dari pasif di atas, artefak ini memang dibuat untuk Zhongli banget. Selain menambahkan HP, artefak itu juga memberi buff untuk semua party.

Nah, untuk susunan artefaknya, kamu bisa cari HP% untuk Sand of Eon, Geo DMG Bonus untuk Goblet dan CRIT Rate/DMG untuk Circlet.

Loh, kok artefaknya nggak full HP sih?

Sebenarnya sah-sah saja kalau mau menggunakan artefak full HP%. Tapi, damage yang dihasilkan Elemental Burst kamu jadi kurang sakit.

Kalau pun artefaknya enggak full HP, kamu masih bisa mendapatkan kurang lebih 40.000 Max HP dan sudah cukup banget melindungi karakter kamu pakai shield Zhongli di keadaan apapun.

Alternatif lain, kamu bisa menggunakan kombinasi berikut:

  • Noblesse Oblige (Elemental Burst DMG +20%) dan Tenancity of the Millelith (HP +20%)
  • Noblesse Oblige (Elemental Burst DMG +20%) dan Archaic Petra (Geo DMG Bonus +15%)
  • Tenancity of the Millelith (HP +20%) dan Archaic Petra (Geo DMG Bonus +15%)

3. Cukup Pakai Senjata Bintang 3!?

Waktu pertama kali dirilis, Zhongli memang hadir dengan senjata signature-nya yaitu Vortex Vanquisher dengan pasif nambahin Shield Strength dan ATK setiap kali hit musuh.

Tapi bukan ini nih senjata terbaik Zhongli, melainkan Black Tassel. Yap, Black Tassel yang bintang tiga itu loh!

Kamu enggak salah baca kok. Satu-satu alasan senjata itu cocok banget buat Zhongli adalah stat HP%.

Terlebih kamu juga enggak perlu melakukan refine senjata ini. Pasif hasil refine terbilang kurang oke, yaitu meningkatkan DMG saat melawan Slime.

Meskipun begitu, ada beberapa pilihan senjata lain yang menurut kami cocok juga untuk Zhongli, terutama yang mengutamakan Elemental Burst:

  • The Catch (Energy Recharge): Menambahkan Elemental Burst DMG 16 – 32% dan Elemental Burst CRIT Rate 6 – 12%
  • Prototype Starglitter (Energy Recharge): Setiap menggunakan Elemental Skill, meningkatkan Normal dan Charge Attack DMG 8 – 16% selama 12 detik
  • Favonius Lance (Energy Recharge): CRIT berkesempatan untuk menciptakan Elemental Particles yang akan mengisi 6 energi untuk semua karakter setiap 12 – 6 detik.

Gimana guys, gampang banget kan build Zhongli? Karakter yang satu ini emang F2P Friendly banget.

Pokoknya, kamu enggak perlu deh keluar uang sepersen pun untuk mengeluarkan potensi terbesar si Archon Geo. Asal rajin farming, karakter ini sudah keluar potensi maksimalnya.

More Stories
hero estes mobile legends skin holy priest
Daftar 10 Hero Mobile Legends Terbaik Buat Solo Ranked Sampai Mythical Glory!