Daftar 5 Kekuatan Doctor Strange yang Belum Pernah Muncul di Marvel Cinematic Universe

Doctor Strange akan hadir kembali di MCU lewat film Multiverse of Madness. Tapi tahukah kamu, belum semua kekuatannya itu muncul di film!

Sang Sorceror Supereme ini merupakan salah satu karakter terkuat di jagat mistis Marvel dan bahkan mungkin di Marvel Cinematic Universe (MCU).

Karakter ciptaan Steve Ditko ini memiliki berbagai kekuatan mistis yang berada di luar jangkauan kekuatan sains yang dimiliki oleh Tony Stark sang Iron Man, Reed Richard sang Mr Fantastic, atau Bruce Banner sang Hulk. 

Sayangnya kebanyakan penggemar Marvel saat ini mengenal Doctor Strange versi Benedict Cumberbatch.

Artinya, kebanyakan penggemarnya kurang mengenal kekuatan Doctor Strange secara menyeluruh.

Padahal sang Sorcerer Prime ini punya segudang banyak kekuatan yang belum pernah dimunculkan di MCU.

Jadi sebenarnya apa saja kekuatan sang Sorceror Supreme ini? Berikut adalah 5 kekuatan Dr. Strange versi komik yang belum pernah diperlihatkan di MCU:

1. Doctor Strange Punya Umur Sangat Panjang, Bahkan Hampir Abadi

Sebagai seorang Sorcerer Supreme, Doctor Strange memiliki umur yang sangat panjang.

Umur panjang ini diperoleh dengan cara yang sama dengan Ancient One.

Dr. Strange harus mengalahkan Death atau sang kematian itu sendiri. Khusus untuk kasus Doctor Strange, dia akhirnya menerima Death sebagai bagian dari kehidupan.

Berkat penerimaan tersebut, Doctor Strange diberikan umur yang panjang melewati manusia normal.

Meskipun dia masih bisa mati atau terluka, tapi dia tidak bisa sakit karena penyakit medis atau bertambah tua. 

Walaupun umurnya sangat panjang, Doctor Strange masih hidup seperti manusia biasa. Tetap butuh makanan, air, oksigen, dan istirahat layaknya manusia normal.

2. Universal Awareness, Memungkinkan Sang Sorceror Supreme Waspada Dengan Anomali yang Terjadi di Berbagai Belahan Semesta

Dengan melakukan meditasi, Doctor Strange bisa merasakan anomali dalam ruang dan waktu, sehingga memungkinkan dia untuk melindungi Bumi dari penjelajah waktu, penjajah ekstra-dimensi, dan ancaman ekstra-terestrial lainnya.

Universal Awareness berbeda dengan Parachronal Cognition yang digunakan Doctor Strange MCU untuk melihat kemungkinan mereka menang melawan Thanos.

Parachronal Cognition membutuhkan Eye of Agamotto atau Time Stone untuk melihat jutaan kemungkinan, sementara Universal Awareness tidak membutuhkan apapun.

3. Doctor Strange Dapat Menyerap Divine Sources dan Membuatnya Jadi Semakin Kuat!

Doctor Strange memiliki kemampuan untuk menambah kekuatan sihir miliknya dengan meminjam kekuatan dari makhluk mistik dan non-mistis di berbagai dimensi.

Kami tidak mengetahui apa yang harus dibayarkan oleh Doctor Strange saat memanggil kekuatan tersebut.

Tetapi yang jelas, ketika Doctor Strange memanggil satu entitas, dia akan memiliki kekuatan yang setara dengan entitas yang dipanggil. 

Biasanya Doctor Strange meminjam kekuatan yang dimiliki oleh beberapa sosok:

  1. Vishanti (tritunggal yang terbentuk dari makhluk mistis Hoggoth, Oshtur, dan Agamotto)
  2. Octessence (kelompok delapan makhluk, yang terdiri dari Balthakk, Cyttorak, Farallah, Ikonn, Krakkan, Raggadorr, Valtorr, dan Watoomb);
  3. dan makhluk lain yang berhutang padanya (termasuk Satannish dan bahkan Dormammu). 

Terkadang, Doctor Strange juga memanggil kemampuan tertentu yang berasal dari sumber yang lebih tidak jelas seperti: Faltine, Seraphim, Cinnibus, Sheol, Ikthalon, Denak, Cyndriarr, Munnopor, Morpheus, Dyzakk, para dewa Olympian (seperti Poseidon dan Hades), dan lainnya.

4. Sihir The Words, Membuat Apapun yang Dikatakan Doctor Strange Menjadi Nyata

Doctor Strange sangat ahli dalam menggunakan kemampuan Black Priest.

Mereka paling pandai dalam menggunakan bahasa untuk mendistorsi kenyataan. Setiap “kata” adalah simbol yang berarti “sesuatu.” Penambahan simbol lain dapat mengubah arti “sesuatu” tersebut. 

Doctor Strange menyatakan metode ini mirip dengan sandi pengganti.

Melalui cara ini, ia dapat mendistorsi realita dengan cara yang berbeda, tergantung pada berapa banyak simbol yang diucapkan dan dalam urutan yang mana.

5. Sang Sorceror Supereme Rupanya Bisa Terbang Walau Tidak Menggunakan Jubah Andalannya!

Kekuatan terakhir ini benar-benar tidak pernah diperlihatkan oleh Doctor Strange di MCU.

Doctor Strange di Marvel Cinematic Universe memang bisa terbang. Tapi ingat! Ia terbang menggunakan Cloak of Levitation.

Padahal, Doctor Strange versi komik itu bisa terbang dengan menggunakan energi sihir miliknya. 

Sayangnya cara ini juga ditinggalkan oleh Doctor Strange versi komik, karena akhirnya ia juga lebih suka terbang menggunakan Cloak of Levitation yang lebih praktis dan menghemat tenaga.

Memang luar biasa ya penyihir dari dunia Marvel yang satu ini. Apa pendapat kamu? Apakah kamu juga penasaran dengan Doctor Strange Multiverse of Madness yang merupakan salah satu dari 5 film Marvel yang akan hadir di tahun 2022 nanti?

Share artikel ini dan tulis pendapatmu ya!

More Stories
Saykots
Saykots Ingin Hadapi Tim Ini di Grand Final IESF MLBB 2022