5 Mangaka yang Meninggal Sebelum Serial Buatannya Tamat

mangaka yang meninggal

Mangaka yang meninggal sebelum menyelesaikan karyanya turut juga menyisakan kepedihan di hati penggemar. Apalagi jika kepergian tersebut terjadi secara tiba-tiba. Yah, memang tidak ada yang bisa memprediksi umur seseorang.

Berikut akan dibahas beberapa mangaka yang meninggal sebelum serial buatannya tamat. Namun sebelum itu, kalian wajib kepoin YODU E-money. Alat pembayaran digital yang cocok bagi penggemar berat game buat top up beli diamond dan skin keren. 

Mau dapat promo asyik hingga Rp 100 ribu? Download YODU segera dan ubah akun kamu jadi PREMIUM. Nggak percaya? Cobain sekarang KLIK DI SINI.

1. Yoshito Usui (Crayon Shin Chan)

Yoshito Usui meninggal saat mendaki gunung Arafune 2009 silam. Manga dilanjutkan oleh sang asisten hingga akhirnya menemui ending di tahun 2010. Rencana jangka panjang pun terpaksa dibatalkan.

2. Takao Saito (Golgo 13)

Manga ini mulai dipublikasi sejak 1968 dan sudah merilis sebanyak 600 episode. Seharusnya serial ini masih jauh dari kata ‘tamat’. Namun sayangnya sang kreator, Takao Saito meninggal dunia di tahun 2021. Pembuatan manga Golgo 13 akhirnya dilanjutkan oleh Saito Group yang dibentuk oleh Takao-sensei.

Baca Juga: 10 Seri Anime Jadul Favorit, Enggak Lagi Tayang di Televisi!

3. Kentaro Miura (Berserk)

mangaka yang meninggal

Kentaro Miura dikenal sebagai salah satu kreator manga dengan ilustrasi fantasi dark yang ciamik. Ia telah berkarya sejak tahun 1989 dengan merilis Berserk. Namun sayang kondisi kesehatannya memburuk hingga akhirnya wafat di tahun 2021.

Tahun 2022 sahabatnya yang bernama  Kouji Mouri membentuk tim baru untuk melanjutkan Berserk. Cerita dilanjutkan berdasarkan catatan yang ditinggalkan oleh Miura-sensei.

4. Shotaro Ishimori (Cyborg 009)

Shotaro Ishimori berencana untuk mengakhiri manga Cyborg 009 pada tahun 2000 setelah hiatus. Namun sayangnya ia meninggal di tahun 1998. Manga ini kembali dilanjutkan oleh anaknya, Joe Onodera hingga menemui ending pada tahun 2012.

Baca Juga: 5 Film Anime Terbaik Ghibli yang Menghibur dan Penuh Magis, Penggemar Fantasi Wajib Tahu

5. Fujiko F Fujio (Doraemon)

mangaka yang meninggal

Doraemon sudah rilis sejak tahun 1969 dengan mempertahankan cerita episode-lepas. Sebenarnya cerita robot kucing ini tak pernah menggantung tapi juga tak menemui akhir.

Terlebih sejak Fujiko F Fujio tutup usia di tahun 1996, tepat ketika mereka sedang mendiskusikan akhir cerita Doraemon. Akhirnya penggemar membuat banyak versi ending Doraemon dan mempublikasikannya di internet.

Demikianlah ulasan mengenai mangaka yang meninggal dunia sebelum karyanya selesai. Mari kita doakan supaya kreator dari manga favorit kita senantiasa sehat agar serialnya bisa diselesaikan. Semoga informasi ini menghibur kalian ya!

More Stories
bounty monkey d dragon
Bukan Kaleng-kaleng! Kekuatan & Bounty Monkey D Dragon Bikin Merinding