MOONTON Umumkan Mobile Legends Women’s Invitational, Turnamen MLBB Khusus Perempuan se-Asia Tenggara

MOONTON Games, publisher game Mobile Legends: Bang-Bang baru saja umumkan turnamen Mobile Legends: Bang Bang Women’s Invitational (MWI) hari ini (16 Des 2021).

Turnamen itu sendiri adalah merupakan sebuah kompetisi esports MLBB khusus perempuan se-Asia Tenggara.

MOONTON bermitra dengan ONE Esports untuk menyelenggarakan turnamen MLBB khusus perempuan tersebut. MWI sendiri memiliki total hadiah sebesar 15.000 Dollar AS atau sekitar 215 juta Rupiah dan akan dipertandingkan tanggal 27-30 Januari 2022 mendatang.

Jadwal dan Format MWI 2022

Mobile Legends: Bang Bang Women’s Invitational akan mempertandingkan 10 tim ladies undangan dari negara-negara Asia Tenggara seperti: Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand.

Untuk sementara ini, beberapa tim yang dapat dipastikan ikut bertanding adalah: Bren Esports, OMEGA Esports, IDNS Princess, IDNS Elsa, Impunity Starlets.

Nantinya, 10 tim tersebut akan bertanding dalam dua babak:

  • Babak pertama adalah babak grup, dengan 10 tim tersebut dibagi ke dalam dua grup secara acak.
  • Babak kedua adalah babak playoff. Pada babak ini hanya akan menyisakan 8 tim terbaik (empat tim dari masing-masing grup) untuk bertanding dalam sistem gugur.

Bagaimana Perkembangan Komunitas Game dan Esports MLBB Perempuan Saat Ini?

Mengutip dari rilis, penelitian ONE Esports mengatakan bahwa komunitas esports dan game perempuan adalah salah satu segmen dengan pertumbuhan tercepat.

Pertumbuhan cepat itu didorong oleh adopsi telepon seluler yang meluas dan pasar streaming video yang melejit. Saat ini, penggemar wanita menguasai 49% pasar game dan esports di Asia Tenggara.

YODU juga menanyakan data proporsi pemain MLBB Laki-Laki dengan Perempuan kepada pihak MOONTON.

Azwin Nugraha selaku PR Manager MOONTON Indonesia mengatakan bahwa untuk saat ini proporsi pemain MLBB sendiri adalah 80% laki-laki dan 20% perempuan.

Terlepas dari itu, MWI di sini hadir sebagai bentuk usaha memberdayakan pemain perempuan, untuk mendorong mereka menunjukkan kemampuannya.

Oleh karena itu, tema #InControl diusung dalam MWI 2022 sebagai simbol yang menunjukkan bahwa turnamen ini menjadi kesempatan bagi perempuan untuk memegang kendali nasib dan kesuksesan mereka.

Akankah Ada Liga Esports MLBB Khusus Perempuan Nantinya?

Kehadiran turnamen MWI 2022 ini tentu jadi satu langkah maju bagi skena MLBB perempuan di Indonesia dan Asia Tenggara.

Namun, kehadiran MWI 2022 tentu mengundang pertanyaan lain. Kira-kira, akan seberapa jauh MOONTON terus mendorong perkembangan esports MLBB perempuan?

Azwin Nugraha pun lanjut menjawab:

Sumber Gambar: ONE Esports

“Untuk sekarang tentunya kami (MOONTON) fokus dulu dengan MWI 2022, memberi wadah bertanding untuk pemain perempuan agar ekosistem esports di Indonesia jadi semakin besar”

“Kalau soal liga, pokoknya enggak menutup kemungkinan. Akan ada something big sedang kami siapkan setelah M3, pokoknya akan ada ‘sesuatu’ selain MWI nantinya. Intinya, we do it for the women lah.”

Wah, sepertinya scene esports perempuan akan semakin panas lagi di tahun 2022 mendatang ya.

Bagaimana? Apakah kamu juga tidak sabar menanti kehadiran turnamen esports khusus perempuan Mobile Legends: Bang Bang Women’s Invitational ?

More Stories
AMD Ryzen 7020 Series Masuk Indonesia, Janjikan Baterai Awet 12 Jam.
AMD Ryzen 7020 Sudah Rilis, Janjikan Baterai Laptop Tahan Lama!