Game Mobile Riot Games Berhasil Catat Pemasukan 100 Juta USD!

Tanggal 27 Juli 2021 kemarin, Sensor Tower baru saja mengeluarkan laporan jumlah pemasukan yang didapat Riot Games dari game mobile besutannya.

Jelang tutup buku kuartal kedua tahun 2021, Riot Games ternyata telah berhasil mencatatkan pemasukan sebesar US$100 juta dari semua game mobile besutannya.

Sampai sejauh ini, Riot Games sendiri sudah merilisi 3 game mobile ke pasaran. Tiga game tersebut adalah League of Legends Wild Rift (MOBA), Legends of Runeterra (Card Game), dan Teamfight Tactics (Auto-Battler).

Dari tiga games tersebut, baru ada dua yang resmi rilis di Indonesia yaitu Wild Rift dan Legends of Runeterra.

Sumber Gambar – Sensor Tower

Secara umum, Wild Rift memang masih jadi daya tarik terbesar bagi pasar game mobile global dengan 65 juta USD pemasukan yang berhasil ia catatkan. Menempel di peringkat 2 ada Teamfight Tactics dengan 28 juta USD pemasukan yang dicatakan dan di peringkat ketiga ada Legends of Runeterra dengan 16 juta USD catatan pemasukan.

Apakah Indonesia Merupakan Pasar Game Mobile Riot Games?

Sayangnya Indonesia ternyata bukan salah satu pasar terbesar game mobile besutan Riot Games. Laporan milik Sensor Tower turut menjelaskan beberapa negara yang jadi pasar terbesar bagi game-game mobile mereka.

Ada 3 negara yang jadi pasar terbesar game mobile Riot Games saat ini. Negara tersebut adalah Amerika Serikat di peringkat pertama, Korea Selatan di peringkat kedua, dan Brazil di peringkat ketiga.

Amerika Serikat mencatatkan pemasukan sebesar 28 juta USD bagi game mobile Riot Games, tepatnya 26% dari total keseluruhan pemasukan. Korea Selatan di peringkat 2 memberi 22% dari total pemasukan keseluruhan. Brazil di peringkat 3 memberi 6,5% dari keseluruhan pemasukan.

Dari sisi download, Brazil justru ada di peringkat satu dengan total 7,4 juta install tepatnya 10% dari total download. Korea Selatan di peringkat 2 dengan 9,6% dari keseluruhan download. Amerika Serikat di peringkat 3 dengan 8,3 % dari total download.

Terlepas dari masalah banyaknya tim esports Indonesia melepas roster tim esports Wild Rift, game mobile besutan Riot Games sepertinya masih menunjukkan tren yang positif sejauh ini.

Jumlah pemasukan ini pun bisa dibilang jumlah yang besar, mengingat Riot Games tergolong baru saja memulai perjalanannya di pasar game mobile internasional.

More Stories
map hack mobile legends
Aplikasi Map Hack Mobile Legend yang Wajib Diwaspadai Para Pemain