10 Rekomendasi Anime Slice of Life: Penuh Pelajaran Makna Hidup, Ringan Ditonton!

Anime dengan genre slice of life memang sangat digemari oleh penonton. Penyebabnya adalah karena plot yang sederhana, tanpa harus melibatkan drama atau misteri rumit. Slice of life juga memiliki daya tarik tersendiri, untuk menyegarkan pikiran setelah menonton anime yang berbelit-belit atau mungkin bikin baper.

Kali ini penulis akan memberikan daftar 10 anime slice of life terbaik yang bisa kamu tonton sambil santai. Kalau kamu enggak suka slice of life kamu juga bisa cek berbagai rekomendasi anime lainnya dari YODU. Jadi, apa saja anime slice of life terbaik? Ini dia daftarnya:

10. K-On!

K-On! menceritakan tentang kehidupan gadis bernama Yui Hirasawa di klub musik ringan sekolahnya. Tetapi, hal yang bikin unik, Yui sendiri sebenarnya tidak bisa memainkan alat musik.

Klub musik ringan berisikan gadis-gadis lucu yang melakukan berbagai macam hal seperti mengumpulkan uang untuk membeli alat musik, mengadakan pesta teh di ruangan klub, hingga pergi ke liburan ke pantai.

Namun, yang membuat K-On! sangat menarik untuk ditonton adalah tentang bagaimana sekumpulan gadis imut ini berusaha menyalurkan hobinya dengan baik dan semangat mereka untuk meningkatkan kemampuan mereka bersama-sama.

9. Usagi Drop

Usagi Drop menjadi salah satu anime slice of life dengan alur yang terdengar aneh, tetapi sangat unik. Anime ini mengisahkan tentang keseharian pria bernama Dakichi. Ia berusia 30 tahun dan belum menikah. Namun, di kesehariannya, ia harus merawat anak bernama Rin Takaga yang berumur 6 tahun dan merupakan anak dari kakek Daikichi.

Sebagai laki-laki yang tidak memiliki pengalaman mengurus anak dan harus melakukannya seorang diri, Daikichi harus merasakan kerepotan yang luar biasa, terutama jelang Rin masuk sekolah.

Kehidupan baru mereka pun akhirnya dimulai setelah Rin bersekolah.

8. Non Non Biyori

Non Non Biyori merupakan anime yang punya latar tempat di sebuah pedesaan. Anime ini berkisah tentang gadis bernama Hotaru Ichijou yang pindah dari Tokyo ke pedesaan terpencil. Di sana, ia bersekolah di tempat yang berisikan 4 murid saja, yaitu Renge Miyauchi, Katsumi Koshigaya, Komari Koshigaya, dan Suguru Koshigaya.

Non Non Biyori berfokus pada kisah konyol kelima anak tersebut, melakukan aktivitas kocak setiap harinya!

7. Gin no Saji

Gin no Saji (atau dikenal sebagai Silver Spoon) berkisah tentang keseharian seorang remaja bernama Hachiken Yuugo yang pergi ke desa dan mengambil sekolah tinggi ilmu pertanian — padahal dirinya sama sekali tidak memiliki pengetahuan apa-apa soal hal tersebut.

Di sekolah tinggi pertanian Oezo, Hachiken mendapatkan pengalaman yang sangat baru dan berhadapan dengan suasana yang jauh berbeda dari kota asalnya, Sapporo. Tetapi, akankah Hachiken bisa bertahan di Oezo dengan pengetahuannya yang minim? 

6. Barakamon

Barakamon merupakan anime yang memiliki tema yang mirip seperti Gin no Saji, tentang pemuda kota yang pindah ke desa terpencil. Bedanya, Barakamon tidak punya unsur pertanian atau peternakan seperti Gin no Saji.

Barakamon menceritakan tentang Handa Seishuu, penulis kaligrafi Jepang yang pindah ke pulau terpencil karena konflik dengan ayahnya. Di pulau tersebut, Handa bertemu dengan sekumpulan bocah bandel, salah satunya bernama Naru. Namun, rupanya warga desa tersebut malah menjadi inspirasi bagi Handa untuk membuat kaligrafi.

Suasana yang dihadirkan di anime ini bakal membuat kita merasa rindu akan pedesaan di dunia nyata!

5. Great Teacher Onizuka

Great Teacher Onizuka adalah anime lawas dengan plot cerita yang unik. Anime ini menceritakan mantan preman bernama Eikichi Onizuka yang melamar menjadi guru. Tujuan awal Onizuka jadi guru sebenarnya adalah untuk mendekati gadis-gadis muda. Namun, kenyataannya dirinya malah menjadi guru di sekolah yang penuh berandalan.

Sebagai mantan preman, Onizuka terpaksa untuk mendisiplinkan murid-muridnya dengan cara premannya. Cara Onizuka mendisiplinkan murid-muridnya terbilang di luar dari kebiasaan guru pada umumnya. Walaupun begitu, apa yang dilakukan Onizuka sendiri kerap sarat makna dengan kehidupan sehari-hari kita.

Meskipun jadul, Great Teacher Onizuka ini masih tetap seru untuk kamu tonton sekarang juga.

4. Natsume Yuujinchou

Natsume Yuujinchou mungkin adalah anime slice of life yang unik di daftar ini karena menggabungkan kehidupan sehari-hari dengan kemampuan supranatural. Mengisahkan tentang Natsume Takashi, pria muda yang punya kemampuan untuk melihat arwah yang diwarisi oleh neneknya, Natsume Reiko.

Kemampuan tersebut membuat Takashi menjadi tidak memiliki teman karena anak-anak seumurannya menganggapnya aneh. Sebelum meninggal, Reiko mewariskan sebuah Yuujinchou atau buku persahabatan yang berisikan nama-nama arwah yang telah ditaklukan oleh Reiko.

Yuujinchou dianggap sebagai salah satu barang yang sangat berharga di dunia arwah, sehingga Takashi jadi dikejar banyak arwah bersifat baik atau jahat di kehidupan sehari-harinya.

Berbeda dengan neneknya yang ingin menaklukan para arwah, Takashi justru ingin mengembalikan nama-nama arwah yang ada di dalam buku tersebut agar mereka bisa hidup bebas.

3. Yuru Camp

Yuru Camp merupakan sebuah anime yang bakal membuat penonton jadi merasa santai dan nyaman karena alurnya yang bikin kita tenang. Anime ini bercerita tentang sekumpulan gadis yang berkemah di tempat yang penuh dengan keindahan alam.

Semuanya bermula ketika Rin yang gemar berkemah sendirian di sekitar danau bertemu dengan gadis ceria bernama Nadeshiko, yang ternyata sama-sama pecinta alam. 

2. 3-Gatsu no Lion

3-Gatsu no Lion mungkin menjadi anime slice of life yang alurnya cukup berat karena mengisahkan tentang masalah serius seorang anak muda. Menceritakan tentang Rei Kiriyama, seorang remaja 17 tahun yang sudah menjadi pemain shogi profesional di umur yang muda. Karena hal tersebut, Rei tidak memiliki teman dan hidupnya terpisah dari keluarganya karena fokus untuk bermain shogi.

Rei bertemu dengan keluarga Kawamoto dan dirinya disambut dengan sangat hangat di sana. Bersama tiga bersaudari Kawamoto; Akari, Hinata, dan Momo, Rei belajar untuk berkembang dalam hidupnya, baik dalam shogi maupun untuk mengembangkan dirinya lebih baik lagi.

1. Violet Evergarden

Violet Evergarden merupakan anime yang mengisahkan tentang gadis mantan prajurit yang kini bertugas menjadi juru ketik surat. Namun, mengingat masa lalunya, Violet menjadi manusia yang tak memiliki emosi.

Dengan menjadi penulis surat, Violet perlahan mulai memahami perasaan manusia dan emosinya mulai tumbuh kembali.

Itulah rekomendasi anime Slice of Life terbaik yang kami rekomendasikan. Ke-10 anime di atas punya cerita yang cukup ringan, dan sangat cocok untuk menghilangkan beban pikiran.

More Stories
Rekap Akhir MPL Season 10: EVOS Legends Gagal Melaju ke Playoff