7 Tempat Nonton Anime GRATIS tapi LEGAL! Anime-Lovers Wajib Tahu!

Beberapa dari kamu yang baru mulai menyukai anime mungkin kerap bertanya-tanya: “Di mana sih tempat menonton anime secara gratis?”

Kalau sekadar menonton anime tanpa embel-embel “gratis”, sebenarnya kamu bisa pergi ke beberapa layanan stream seperti Netflix, Crunchyroll, atau IQIYI. Memang sih, menonton di tiga situs itu berbayar, tapi jadi lebih nyaman karena situsnya legal.

Nah supaya nonton makin nyaman, kontributor YODU ini punya rekomendasi tempat nonton anime yang GRATIS dan LEGAL! sehingga jadi double nyaman menontonnya.

Di mana kita bisa menikmati “surga” anime tersebut? Berikut 7 di antaranya!

1. YouTube Ani-One Asia

Pertama-tama ada channel YouTube Ani-One Asia.

Channel ini bisa dinikmati oleh penonton dari Indonesia dengan beberapa pilihan subtitle, termasuk dalam Bahasa Inggris dan Indonesia.

Ada banyak sekali anime yang bisa kamu tonton di channel ini. Beberapa yang menarik adalah Haikyuu, Millionaire Detective: Balance Unlimited, Yamada-kun to 7 nin no Majo, dan juga beberapa anime terupdate lain yang diperbarui setiap minggu.

Selain dapat menonton anime, kamu juga bisa melihat konten obrolan seputar channel Ani-One dan cover lagu anime di channel ini.

Ani-One Asia juga menyediakan membership seharga Rp29.900 per-bulann. Membership tersebut akan memberikanmu tambahan anime lain yang bisa ditonton.

Mau yang gratisan atau jadi member, keduanya sama-sama menguntungkan kok!

2. YouTube Muse Asia

Tempat nonton anime gratis selanjutnya masih berada di YouTube.

Kali ini ada channel bernama Muse Asia yang menyediakan banyak sekali anime populer yang telah dirilis — entah itu yang sudah tamat maupun yang masih ongoing.

Beberapa judul anime keren yang sedang ongoing di Muse Asia adalah: Tensei shitara Slime Datta Ken, Tokyo Revengers, dan Tantei wa Mou, Shindeiru.

Sedangkan untuk anime yang sudah tamat sebelumnya ada: Goblin Slayer, The God of High School, Hyouka, dan masih banyak lagi! Pokoknya jumlah anime di channel ini enggak bakal bisa kamu tonton habis semuanya dalam satu hari!

Sayangnya, YouTube Muse Asia hanya menyediakan anime dengan subtitle Bahasa Inggris dan Mandarin saja.

3. YouTube Muse Indonesia

Buat kamu yang tidak bisa Bahasa Inggris atau Mandarin tetapi tertarik dengan anime yang dihadirkan oleh Muse Asia, kamu bisa menonton di channel Muse Indonesia.

Anime yang dirilis pada channel ini kurang lebih sama dengan Muse Asia, hanya saja ia menggunakan subtitle Indonesia. Terkadang, beberapa judul anime malah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

Selain anime, Muse Asia juga menyiarkan livestream bersama dengan beberapa Virtual YouTuber untuk sekadar ngobrol-ngobrol, gaming, ataupun konten unik seperti belajar Bahasa Jepang.

Terlebih lagi, tab komunitas di channel Muse Indonesia ini sangat aktif — kamu bisa bergabung untuk berdiskusi dengan sesama penggemar anime lainnya.

Memang, Muse Indonesia ini adalah surganya para wibu di Indonesia!

4. YouTube AnimeLog

AnimeLog merupakan channel YouTube hasil kolaborasi antara studio anime Jepang yaitu Toei Animation, Kodansha, dan sejumlah studio anime lainnya.

Untuk saat ini mereka hanya merilis anime lawas seperti Jungle Emperor, Hungry Heart, dan lain-lain. Tapi, nantinya mereka berencana menambahkan lebih dari 3000 judul anime di akhir 2022.

Dari 3000 anime yang ditambahkan, kita bisa berharap untuk menonton anime populer seperti Dragon Ball dan One Piece secara gratis melalui YouTube.

Link YouTube AnimeLog

5. YouTube GundamInfo

Bagi kamu pecinta Gundam, ada satu tempat nonton anime Gundam terbaik yang bisa kamu akses secara gratis di YouTube. Channel itu adalah GundamInfo.

Sesuai dengan namanya, channel ini menghadirkan serial anime Gundam mulai dari: Gundam: Iron Blooded Orphan, Gundam Built Divers Re:RISE, SD Gundam World Heroes, dan masih banyak lainnya.

Terlebih lagi, YouTube GundamInfo juga menyediakan subtitle Bahasa Indonesia sehingga kamu enggak bakal pusing ketika menonton.

Selain serial anime, kamu juga bisa menonton informasi soal Gundam seperti, talkshow bersama kolektor Gundam, sampai vlog proses pembuatan Gundam Unicorn di Odaiba, Tokyo.

Kalau Muse Indonesia adalah surganya wibu lokal, maka YouTube channel ini adalah surganya pecinta Gundam di seluruh dunia.

6. YouTube Anime! on TMS Official Channel

Masih seputar channel di YouTube, kali ini ada channel Anime! on TMS Official Channel.

Channel YouTube ini menayangkan beragam anime. Namun, kebanyakan anime yang tayang masih menggunakan dub Inggris. Anime yang mereka hadirkan di channel ini termasuk: Sonic X, BAKI, Dr. Stone, dan lain-lain.

7. iQiyi

Tempat nonton anime gratis dan legal terakhir ini tidak berasal dari YouTube, melainkan aplikasi yang bisa kamu unduh di HP kamu.

IQiyi merupakan situs streaming yang merilis berbagai drama Korea dan beberapa anime populer seperti Boruto, Attack on Titan, Jujutsu Kaisen, dan Tokyo Revengers.

Kamu bisa menonotn anime di IQiyi dengan dua cara: 1) berlangganan dengan biaya 39 ribu Rupiah per bulan atau 2) Menonton secara gratis namun dengan iklan serta fitur dan konten yang terbatas.

Itulah daftar 7 tempat nonton anime yang gratis dan legal. Dengan menonton anime di tempat-tempat yang legal, secara tidak langsung kamu sudah mendukung perkembangan industri anime.

More Stories
7 Perbedaan PUBG MOBILE vs PUBG MOBILE LITE: Ternyata Beda Server?