7 Alasan Solo Leveling Adalah Manhwa yang Wajib Kamu Ikuti!

Beberapa tahun belakangan ini, komik-komik buatan komikus Korea, alias manhwa, mulai naik daun.

Sekarang sudah banyak sekali manhwa populer dan keren yang bisa kamu baca dan salah satunya adalah Solo Leveling.

Mungkin kamu sudah tidak asing dengan manhwa yang satu ini, mengingat Solo Leveling sangat populer saat ini.

Bahkan, banyak yang menyatakan komik Korea yang diadaptasi dari web novel ini merupakan salah satu komik action fantasy terbaik. Tidak sedikit situs baca komik online yang memberikan rating tinggi untuk Solo Leveling.

Kamu mungkin sudah mulai penasaran. Kenapa sih Solo Leveling begitu populer?

Apa kelebihan dari manhwa yang dinobatkan sebagai komik action fantasy terbaik oleh orang-orang?

Sebenarnya memang ada beberapa alasan kenapa komik ini keren. Yuk, langsung simak pembahasannya!

1. Karakter Utama yang Mendapat Kekuatan OP, Tapi Tidak Langsung OP

Solo Leveling menceritakan pengalaman hidup sang karakter utama, Sung Jin-Woo.

Dia bukanlah tipikal protagonis dengan talenta hebat sejak lahir. Di awal cerita, Sung Jin-Woo hanyalah seorang Hunter Rank E, tingkat Hunter paling bawah.

Kemampuan Hunter dia di bawah rata-rata sampai mendapat julukan “Hunter Paling Lemah di Korea”.

Namun pada satu waktu, Sung Jin-Woo berhasil melewati dungeon Red Gate dan mendapat kekuatan misterius yang membuat tubuhnya bisa terus berkembang tanpa batasan.

Sejak saat itu, Sung Jin-Woo terus berlatih menaklukan berbagai macam dungeon seorang diri, alias “solo leveling”, untuk meningkatkan skill serta kemampuannya.

Walaupun dulunya penakut dan lemah, kini dia sudah berani terjun ke dalam dungeon seorang diri, berkali-kali dihadapkan dengan situasi berbahaya agar menjadi semakin kuat.

Berawal sebagai sosok yang beban saat raid dungeon, Jin-Woo akan tumbuh menjadi sosok yang ingin direkrut oleh guild-guild terbaik nasional hingga mancanegara.

2. Walaupun Hanya Gambar Diam, Aksi dan Konfliknya Justru Terasa Menegangkan!

Jika kamu menyukai anime atau komik dengan genre action, pasti bakal suka juga dengan manhwa ini.

Solo Leveling menyimpan banyak sekali aksi bertarung dan mekanisme game seperti Status dan Skill window, level up, drop item hingga job. Bentuk dan desain senjata, armor, item dan monsternya pun sangat keren.

Selain aksi, kamu juga akan menemukan konflik antar karakter-karakternya yang nggak kalah seru dengan kisah Jin-Woo. Tiap chapter manhwa-nya membuat kamu tidak akan bosan.

3. Jalan Cerita yang Menarik

Walaupun Jin-Woo mendapat kekuatan overpower, dia tidak tiba-tiba menjadi kuat lalu sombong.

Ada latihan keras dan tantangan berat yang harus dilewatinya agar menjadi Hunter kuat. Dia juga memilih untuk tidak menunjukkan kemampuan barunya tersebut dan tetap berada di Rank E.

Namun, ada segelintir orang yang tahu tentang kemampuan asli Jin-Woo dan penasaran dengan misteri kekuatannya tersebut. Perlahan-lahan, misteri ini akan terjawab seiring berjalannya chapter Solo Leveling.

4. Gambarnya Keren Banget!

Selain menilai ceritanya, pasti banyak juga yang memperhatikan sebuah komik/manhwa/manga dari kualitas gambarnya. Kalau sebuah komik punya gambar kurang menarik atau tidak sesuai selera, bisa jadi minat baca akan berkurang.

Dubu, illustrator Solo Leveling, mampu mendesain karakter, tempat, hingga aksi pertarungan yang seru tapi tidak bikin pusing.

Setiap adegan pertarungan Solo Leveling diberi efek-efek keren sehingga membuat pembaca terhanyut dan berapi-api saat melihat aksinya.

5. Setiap Chapter Sudah Berwarna

Selain sampul, beberapa manga atau manhwa biasanya berwarna hitam dan putih, kecuali pada momen spesial tertentu atau ada edisi khusus.

Tak jarang, pembaca jadi salah mengartikan warna rambut maupun pakaian para karakter dalam gara-gara gambarnya yang tidak berwarna.

Solo Leveling berbeda. Manhwa ini disajikan dalam format full-color yang membuatnya jadi lebih nikmat dilihat.

Para pembaca jadi lebih bisa membayangkan momen-momen seru yang terjadi di dalam cerita dan juga mudah mengenali karakter maupun objek-objek yang ditampilkan.

6. Selalu Ada Update

Salah satu hal yang paling menyebalkan dalam mengikuti komik adalah menunggu untuk mengetahui kisah selanjutnya.

Untungnya, Solo Leveling tidak demikian.

Berbeda dengan beberapa manga yang update-nya satu kali setiap bulan, chapter baru Solo Leveling hadir setiap pekan, tepatnya hari Kamis dini hari.

Pengarang Solo Leveling biasanya juga akan memberikan pengumuman tentang rehat sejenak pada chapter terbaru. Jadi tidak perlu takut merasa kena PHP, ya!

7. Ending Cerita Tidak Akan Gantung

Cukup banyak komik terkenal yang ceritanya masih menggantung dengan update yang lama, atau bahkan tidak ada update lagi karena pengarangnya hiatus dan menghentikan serialnya di tengah jalan.

Hasilnya? Kita, para pembaca, kena PHP dan dibuat penasaran entah sampai kapan.

Solo Leveling tidak seperti itu. Kamu tidak perlu takut ceritanya akan menggantung atau berhenti karena manhwa ini diadaptasi dari 270 chapter web novel dan sudah tamat.

Oleh karena itu, akhir dari cerita Solo Leveling sendiri sudah bisa dipastikan. Kalau kamu tidak sabaran, kamu mungkin bisa baca web novelnya saja secara langsung.

Kira-kira itu dia 7 alasan supaya kamu harus baca manhwa Solo Leveling. Penulis sangat merekomendasikan kamu mengikuti manhwa ini, apalagi kalau suka banget sama genre action dan mekanik game RPG.

More Stories
Sambut Rilisnya Tower of Fantasy, Indonesia Game Festival Berhasil Tarik Antusiasme Gamers