Penuh Aksi dan Fantasi, Inilah Daftar Rekomendasi 10 Anime Shounen Terbaik

Genre shounen merupakan salah satu genre anime yang sangat populer dari yang lain. Alasan genre ini populer adalah karena jalan ceritanya yang sederhana namun penuh aksi. Menurut mimin, ada beberapa anime shounen yang sifatnya terbaik sepanjang masa dan tidak hampir tidak tergantikan.

Kira-kira apa saja sih judul anime shounen terbaik yang bakal dibahas? Daripada kalian penasaran, mending langsung saja yuk simak pembahasannya di bawah ini!

10. Black Clover

Black Clover merupakan salah satu anime shounen yang ditayangkan sejak tahun 2017. Anime ini dibuat oleh Studio Pierrot, studio anime yang juga membuat anime seperti Naruto dan Bleach.

Anime ini menceritakan tentang dua anak laki-laki bernama Asta dan Yuno yang ditinggal oleh orang tuanya. Mereka hidup di dunia sihir dan satu-satunya tujuan hidup mereka kini adalah menjadi Wizard King, penyihir paling kuat di negeri mereka tinggal.

9. Hunter x Hunter

Hunter x Hunter merupakan anime shounen dengan latar dunia dan cerita yang cukup gelap. Setiap karakter akan diberi keputusan yang buruk dan bisa saja terbunuh dengan sangat tragis. Tidak hanya karakter sampingan, bahkan karakter utama pun berjuang untuk menghindari kematian di tengah-tengah petualangan besar.

8. Jujutsu Kaisen

Jujutsu Kaisen adalah anime shounen yang tergolong paling baru kalau dibanding yang lain. Tapi, anime ini telah berhasil merebut hati penggemar dengan menghadirkan karakter unik dan jalan cerita yang menarik.

Jujutsu Kaisen menggabungkan perpaduan yang solid antara aksi, komedi, dan alur cerita yang unik — tipikal anime shounen populer. Belum lagi, Jujutsu Kaisen juga memiliki grafis yang enak untuk dipandang.

Protagonis utama dalam anime ini pun cukup berbeda dengan kebanyakan anime shounen. Biasanya, main chara (MC) anime shounen ingin menjadi kuat atas keinginan sendiri. Dalam Jujutsu Kaisen malah kebalikannya, sang MC malah “dipaksa” menjadi kuat gara-gara benda terkutuk yang ia cari-cari.

7. Kimetsu no Yaiba

Kimetsu no Yaiba juga merupakan seri shounen yang masih baru nan segar. Anime ini berhasil menarik perhatian para wibu karena tema yang cukup langka. Kimetsu no Yaiba menggabungkan dua hal: seni budaya tradisional Jepang dengan pertarungan iblis yang menegangkan.

Saking populernya seri ini, popularitas dan penjualan Kimetsu no Yaiba bahkan sempat mengalahkan One Piece pada tahun 2019 lalu.

6. Yu Yu Hakusho

Yu Yu Hakusho merupakan anime shounen yang sangat menarik. Anime ini berisi karakter-karakter protagonis yang sudah tangguh sejak awal — tidak seperti kebanyakan anime shounen lain yang karakter utamanya cenderung lemah di awal. Namun karena karakter protagonisnya sudah kuat sejak awal, antagonisnya pun lebih kuat dan lebih mengerikan untuk dilawan.

Anime ini berhasil mengeksekusi setiap kiasan genre shounen dengan sangat baik di setiap episodenya. Hal lain yang tak kalah penting adalah anime ini memiliki episode yang cukup panjang — yaitu 112 episode.

Jadi jumlah episodenya cukup lah yaaa buat mengisi waktu gabut selama masa pandemi ini.

5. Boku no Hero Academia

Agak jarang ada anime yang bertemakan tentang superhero. Walaupun begitu, Boku no Hero Academia berhasil keluar dan menjadi cukup sukses dengan kisah superhero-nya.

Kisah Boku no Hero Academia adalah tentang anak laki-laki bernama Izuku Midoriya. Ia adalah seorang remaja muda yang tidak memiliki kekuatan super. Dalam dunia anime ini, kekuatan super datang dari sesuatu yang bernama Quirk.

Quirk biasanya diwariskan dari orang tua kepada sang anak dan bahkan hampir dimiliki oleh setiap orang. Akhirnya, Midoriya yang tidak punya Quirk pun seolah menjadi istimewa di balik ketidakistimewaannya.

Suatu hari Midoriya bertemu dengan pahlawan super idolanya, All Might. Momen pertemuan tersebut jadi momen awal dalam petualangan Midoriya menjadi pahlawan terkuat di masa depan.

Poin menarik lain dari Boku no Hero Academia adalah character development sang main character. Kamu bisa melihat perkembangan karakter yang tadinya lemah dan tidak bisa apa-apa menjadi seorang penyelamat.

4. Dragon Ball

Sebenarnya, Dragon Ball bukan sebuah anime shounen yang unik. Hal tersebut mengingat ada banyak anime shounen yang mengusung tema martial arts. Tetapi, Dragon Ball jadi masuk dalam daftar ini adalah karena ceritanya yang ringan dan penuh dengan aksi yang menegangkan.

Tak bisa dipungkiri bahwa Dragon Ball adalah salah satu seri terpopuler sejak awal rilisnya di tahun 1986, hingga tahun 2021 ini.

3. Fullmetal Alchemist: Brotherhood

Full Metal Alchemist: Brotherhood juga masuk ke dalam daftar anime shounen terbaik. Anime ini sendiri masih berada di peringkat pertama dalam situs MyAnimeList hingga saat ini.

Alih-alih memiliki cerita seperti kebanyakan shounen yang menghadirkan suasana ceria, Fullmetal Alchemist: Brotherhood malah punya cerita yang gelap, penuh perjuangan dan kesedihan.

Anime ini bercerita tentang perjalanan kakak beradik Edward dan Alphonse Elric. Tujuan mereka di anime ini adalah memulihkan tubuh mereka setelah berupaya untuk menghidupkan kembali ibu mereka menggunakan teknik alkimia terlarang.

2. One Piece

Sepertinya meletakkan One Piece sebagai seri shounen terbaik sepanjang masa akan cukup mengundang banyak argumen. Sebab, seri ini merupakan satu-satunya anggota Shounen Jump Big Three yang masih bertahan hingga saat ini. 

One Piece memiliki alur yang cukup panjang dan masih berlanjut. Akhir kisah dari One Piece sendiri masih sulit sekali untuk ditebak hingga saat ini. Dua hal tersebut bisa dibilang jadi alasan kenapa One Piece jadi seri yang tetap menarik untuk terus diikuti.

1. Shingeki no Kyojin

Ada banyak sekali penggemar yang memperdebatkan, apakah Shingeki no Kyojin merupakan anime shounen? Hal itu jadi perdebatan mengingat alurnya yang begitu dark.

Namun faktanya, Shingeki no Kyojin sendiri awalnya terbit di majalah Shounen Jump,dan memiliki berbagai elemen dari genre tersebut. Maka dari itu, kita bisa mengambil kesimpulan sementara bahwa Shingeki no Kyojin adalah anime shounen.

Shingeki no Kyojin mengawal cerita dengan alur yang: tentang umat manusia yang bertahan di dalam tembok dari serangan raksasa bernama Titan.

Seiring berjalannya episode, alur cerita anime ini berkembang menjadi semakin rumit. Penyebab kerumitannya sendiri adalah karena munculnya elemen-elemen lain seperti politik dan pengkhianatan antar pihak.

Ditambah lagi, semakin jauh episode Shingeki no Kyojin, semakin ambigu juga perkembangan dari masing-masing karakternya. Siapa yang baik? Siapa yang jahat? Cuma penonton yang bisa menentukan.

Itulah daftar rekomendasi 10 anime shounen terbaik sepanjang masa. Apabila kamu wibu sejati, pastinya sudah enggak asing dengan nama-nama di atas ini, kan?

Kalau belum nonton, mending langsung aja yuk nonton dari sekarang! Jangan lupa untuk nonton di tempat yang legal yaaa.

More Stories
MAJAMOJO Luncurkan Boxing Star: KO Master dan Gerakan #HidupkanTinjuIndonesia