Daftar 10 Spider-Man Terkuat di Marvel Multiverse, Ada yang Bertangan Enam?

Film Spider-Man: No Way Home dari rangkaian Marvel Cinematic Universe, yang sedang tayang di layar lebar saat ini telah berhasil menciptakan sebuah hype yang cukup besar di jagad internet.

Tapi memang, karakter Spider-Man itu adalah salah satu karakter Marvel yang disukai oleh orang-orang secara umum. Selain jadi favorit, Spider-Man juga menjadi gacoan Marvel untuk memperkenalkan konsep multiverse di dunia Marvel.

Bisa dibilang Spider-Man memiliki tugas yang sama dengan The Flash di komik dan film DC. Keduanya kerap diceritakan menemukan atau menciptakan multiverse secara sengaja atau tidak sengaja.

Karena Spider-Man selalu menjadi target pertama untuk urusan multiverse-nya Marvel, maka tidak heran kalau kita mengenal juga adanya Spider-Man yang “berbeda” di multiverse tersebut.

Saking berbedanya, para Spider-Man ini juga memiliki level kekuatan yang berbeda-beda dengan Spider-Man utama yang hidup di Earth-616.

Berikut ini kami mengurutkan 10 Spider-Man terkuat yang hidup di berbagai Marvel multiverse. Dimulai dari Spider-Man Earth-616 terlebih dahulu sebagai patokan.

Tenang! Isi konten ini hanya membahas Spider-Man dari dunia komik, sehingga kamu bisa baca artikel ini tanpa harus terkena spoiler soal Spider-Man: No Way Home sedikitpun.

1. Spider-Man

Inilah Spider-Man yang kita kenal selama ini. Memiliki kemampuan untuk menempel di dinding, reaksi laba-laba, superhuman strength dan Spider-Sense. Daya angkat Spider-Man ini berada di angka 25 ton saja. 

2. Superior Spider-Man

Superior Spider-Man merupakan Spider-Man dengan pikiran Otto Octavius atau Doc Ock. Peter Parker dan Doc Ock bertukar pikiran di universe ini. Sementara Peter Parker mati di dalam tubuh tua milik Doc Ock, Otto hidup dan menjadi Peter Parker.

Penggabungan kecerdasan Otto dan kekuatan laba-laba milik Peter, menjadikan Superior Spider-Man sebagai pahlawan yang efektif dan sangat kuat. Melebihi apa yang pernah dicapai oleh Spider-Man orisinal.

3. Miles Morales

Sebagai Spider-Man yang digigit oleh laba-laba yang sangat berbeda dengan Peter Parker, Miles memiliki variasi kekuatan yang berbeda pula.

Pertama dia miliki Spider-Sense yang lebih tajam ketimbang Spider-Man. Kedua dia memiliki serangan berupa sengatan listrik yang bisa dijadikan senjata. Terakhir dia memiliki kemampuan untuk menghilang atau kamuflase.

4. Spider-Man 2099

Miguel O’Hara adalah Spider-Man di tahun 2099. Dia berubah menjadi Spider-Man setelah DNA dia digabung dengan DNA laba-laba. Pada intinya dia memiliki semua kekuatan Spider-Man plus kemampuan telepati dan teknologi dari masa depan.

5. Supaidaman

Ada sebuah masa di mana Marvel menjual lisensi mereka ke TOEI, studio animasi asal Jepang. Tanpa basa-basi, TOEI langsung mengubah format Spider-Man menjadi Tokusatsu yang dilengkapi dengan robot raksasa. 

Banyak orang yang bilang kalau Supaidaman tidak sekuat Spider-Man, tapi menurut kami itu salah besar. Dengan robot setinggi gedung bertingkat, kami rasa tidak banyak musuh yang berani menantang Supaidaman secara langsung.

6. Silk

Cindy Moon digigit oleh laba-laba yang sama dengan Peter Parker. Walaupun memiliki kekuatan angkat di bawah Spider-Man, Silk memiliki Spider-Sense yang jauh lebih kuat dari Spider-Man manapun. Selain itu kelincahan Silk juga berada di beberapa tingkat di atas Spider-Man.

7. Six Arm Spider-Man

Spider-Man dengan dua pasang tangan tambahan ini muncul karena Peter Parker meminum ramuan yang bakal memperkuat kekuatan laba-labanya. Bila di Earth-616 Peter berhasil menghilangkan efek dari ramuan tersebut, di universe lain Peter gagal dan hidup dengan empat tangan tambahan.

Hasilnya kemampuan dan kelincahan Peter Parker benar-benar meningkat drastis bila dibandingkan Spider-Man biasa dengan dua tangan.

8. The Spider

Apa jadinya bila Peter Parker memutuskan untuk tetap menggunakan kekuatan Symbiote dan menyatu dengan Venom sepenuhnya. Hasilnya Spider-Man bakal berubah menjadi seorang antihero yang memiliki kekuatan seperti Carnage, dengan selera humor seperti Deadpool.

9. Peni Parker & SP//dr

Peni Parker pada dasarnya adalah versi Jepang dari Peter Parker. Dia tidak tergigit laba-laba radioaktif, sebagai gantinya dia memiliki robot bernama SP//dr yang bergerak berkat sang laba-laba radioaktif. SP//dr pada dasarnya dilengkapi dengan semua jenis senjata yang dibutuhkan Peni Parker plus kemampuan pertahanan yang sulit ditembus oleh siapapun.

10. Cosmic Spider-Man

Cosmic Spider-Man adalah penggambaran bagaimana bila Spider-Man menemukan kekuatan kosmos yang tidak terbatas. Kekuatan tersebut melipatgandakan kekuatan Spider-Man hingga 10 ribu kali lipat, melintasi ruang dan waktu, mengubah materi, dan seterusnya.

Pada intinya ini adalah Spider-Man yang memiliki kekuatan setara Dr. Manhattan, superhero maha kuasa di komik Watchmen yang diterbitkan oleh DC Comics.

Jadi gimana? Spider-Man mana yang kamu inginkan untuk tampil di layar lebar?

Tapi satu yang pasti, Spider-Man No Way Home yang masih sedang tayang di layar lebar ini termasuk salah satu film yang tak boleh kamu lewatkan sih.

More Stories
Profil Lengkap RBL Fearless
Profil RBL Fearless, Pro Player yang Terjerat Kasus Pelecehan Seksual