Daftar 5 Istilah-Istilah dalam Mobile Legends yang Salah Penggunaannya!

Istilah atau bahasa khusus, seringkali digunakan sebagai metode komunikasi khusus bagi kelompok tertentu, tak terkecuali komunitas Mobile Legends Indonesia.

Tetapi sayangnya, beberapa istilah di MLBB itu malah salah kaprah penggunaannya. Salah kaprah di sini bukan berarti tidak boleh digunakan atau salah arti.

Hanya saja, beberapa istilah ini meminjam game lain, terutama game MOBA pendahulunya seperti Dota 2. Namun menariknya, ketika digunakan di Mobile Legends, malah jadi berubah arti.

Memangnya apa saja sih istilah tersebut?

1. Istilah Poke di Mobile Legends

Konten yang sempat memunculkan kontroversi dari akun official MPL Indonesia.

Istilah ini sering sekali digunakan di berbagai macam game MOBA, mulai dari Dota 2 sampai League of Legends.

Istilah “Poke” (dibaca: Pouk) diambil dari kata bahasa Inggris yang artinya mencolek. Dalam MOBA, pouk jadi istilah apabila suatu hero menyerang hero lain, namun bukan untuk langsung membunuh melainkan hanya untuk mencicil HP musuh saja.

Kalau kamu pemain Dota 2, istilah ini kadang dibahasakan juga menjadi “nyicil” HP lawan.

Kata ini berubah arti di komunitas MLBB. Poke berubah jadi singkatan dengan kepanjangan Poin Kecil. Istilah POKE – Poin Kecil di dalam komunitas MLBB biasa digunakan untuk bahan ejekan.

Ejekan tersebut biasanya ditujukan untuk pemain yang baru mencapai rank Mythic, sehingga poin rank mereka masih kecil.

2. Istilah High Ground di Mobile Legends, Padahal Tanah Land of Dawn Datar

Secara teknis, istilah High Ground ini sebenarnya adalah istilah yang HANYA BISA digunakan di Dota 2.

Mengapa demikian? Karena hanya MOBA Dota 2 saja yang punya mekanisme tingkat ketinggian tanah. Tanah medan pertempuran Dota 2 ada yang tinggi dan menjadi bukit (high ground) juga ada yang rendah dan jadi lembah (low ground).

Komunitas MLBB akhirnya tetap menggunakan istilah ini. Padahal, tanah di game Mobile Legends: Bang-Bang tidak ada yang lebih tinggi ataupun rendah, semuanya datar.

Istilah teknis untuk menyebut turret terdalam di MLBB sendiri sebenarnya adalah Base Turret.

Tapi, terlepas dari sisi teknis, istilah ini pun akhirnya jadi istilah yang sering diucap oleh para shoutcaster MLBB, baik lokal ataupun internasional. Mungkin karena kebanyakan shoutcaster MLBB pernah bermain Dota 2.

3. Istilah Backdoor di Mobile Legends Salah Kaprah Jadi Split Push

Backdoor juga merupakan istilah lain yang umum digunakan di kalangan pemain Dota 2.

Komunitas Dota 2 menggunakan kata “Backdoor” sebagai sebutan baru hero lawan yang menyerang markas musuh secara diam-diam tanpa bantuan creep atau minion.

Dalam komunitas MLBB, istilah ini sempat disalah artikan menjadi “menyerang dari arah berlawanan.”

Dari semua istilah yang salah kaprah, mungkin hanya istilah backdoor ini yang benar-benar salah artinya. Mengapa bisa begitu? Soalnya, istilah untuk menyerang dari arah berlawanan itu adalah Split Push.

Istilah Split Push sendiri adalah bahasa yang umum digunakan di semua MOBA, mobile ataupun PC. Istilah tersebut menjadi sebutan untuk strategi penyerangan berpencar (misal 3 orang di lane bawah, 2 orang di lane atas).

4. Istilah Adu Mekanik di Mobile Legends, Padahal MOBA Adalah Team Game

Dari semua istilah, Adu Mekanik mungkin jadi satu-satunya istilah yang orisinal hasil buatan komunitas pemain Mobile Legends: Bang Bang.

Istilah ini biasa digunakan untuk menyebut pertarungan antar role Fighter di EXP Lane. Bahasa Adu Mekanik digunakan penghuni EXP Lane biasanya bertarung satu lawan satu dan membutuhkan kemampuan mekanik (kelincahan Jempol dsb) yang tinggi.

Kenapa istilah ini jadi salah kaprah?

Karena konsep awal game MOBA merupakan permainan yang dimainkan secara tim 5vs5. Sampai kapan pun, permainan 1vs1 di MOBA tidak akan bisa adil karena banyak faktor.

Ada faktor item, faktor hero (ada hero fighter yang cenderung lebih kuat saat teamfight ketimbang 1vs1), ataupun faktor eksternal (misalkan ganking dari tim lawan).

Mungkin, kalau ingin adu mekanik yang sesungguhnya, kamu bisa bermain game fighting seperti Street Fighter atau Tekken.

Konsep awal game tersebut memang satu lawan satu. Jadi, pertarungan adu mekanik di sana murni mengandalkan diri kamu sendiri.

5. Mikro Makro, Apa sih Artinya?

Oke, mimin mengaku. Istilah yang satu ini sebenarnya bukan salah kaprah.

Sejujurnya, mimin menyertakan istilah ini hanya untuk melengkapi daftar saja … hehehe.

Istilah Mikro Makro juga merupakan istilah yang datang dari Dota 2 yang disebut sebagai microgame dan macrogame.

Mikro-Makro tidak salah kaprah karena komunitas MLBB mengartikannya istilah tersebut sama dengan komunitas Dota 2.

Mikro adalah aspek kecil di dalam pertarungan MLBB seperti Cooldown, jumlah damage, tipe damage, dan berbagai aspek internal yang bisa kamu kendalikan.

Makro adalah aspek besar di dalam pertarungan MLBB seperti titik temu minion, waktu spawn Lord, positioning, dan berbagai aspek eksternal yang tidak bisa kamu kendalikan.

Nah, itu dia daftar istilah di MLBB yang perlu kamu ketahui guys! Jadi, apabila kamu enggak nyambung dengan istilah-istilah yang disebut oleh caster atau content creator, kamu bisa gunakan pembahasan ini sebagai acuan!

More Stories
Sarana Monetisasi Konten Kreator, YouTube Luncurkan Super Chat dan Super Stickers di Indonesia