Nyicil atau Poin Kecil? Mana Arti POKE yang Benar di Mobile Legends?

Beberapa waktu lalu, komunitas Mobile Legends sempat heboh gara-gara salah satu konten yang dianggap salah menafsirkan suatu istilah di dalam game.

Konten tersebut menjelaskan istilah-istilah yang biasa digunakan oleh pemain game MOBA, terutama MLBB.

Ada outplay yang artinya berhasil membuat lawan tidak berdaya. Ada TB, kependekan dari Tahan Badan, yang sering digunakan sebagai cara meminta tolong kepada pemain Tank untuk menyerap damage musuh. Istilah terakhir di konten ini yang cukup menggelitik.

Ada POKE, yang disebut sebagai ejekan untuk pemain yang bermain buruk dan merupakan singkatan dari POin KEcil.

Konten tersebut tentu membuat banyak gamers, terutama pemain genre MOBA, jadi kebingungan. Jadi sebenarnya apa sih arti kata Poke?

Jadi Apa Arti Poke yang Sebenarnya?

Kata Poke yang diterima pemain MOBA secara umum artinya adalah: Sebuah tindakan mengurangi HP musuh secara sedikit demi sedikit dengan menggunakan skill atau serangan.

Istilah Poke ini dibaca “POUK” dan datang dari kata bahasa Inggris yang artinya adalah mencolek, tetapi bisa juga diartikan sebagai menyodok, menusuk, atau mencungkil.

Dalam bermain MOBA, kata Poke biasanya digunakan sebagai perintah kepada rekan satu tim agar mereka tidak langsung maju secara habis-habisan ke arah musuh. Contoh perkataannya seperti ini:

“Chang’e jangan langsung masuk, poke-poke aja dari jauh pakai skill 1 atau ulti”

Seperti yang bisa kita baca, perkataan di atas sifatnya adalah perintah untuk Chang’e agar ia tidak langsung maju begitu saja ke depan musuh. Cukup menyumbang damage dari kejauhan secara sedikit demi sedikit.

Poke juga kadang disebut Poking. Artinya sama saja, hanya saja Poking adalah salah satu bentuk tata bahasa dalam bahasa Inggris. Dalam bahasa inggris, kata kerja yang diberi imbuhan “-ing” artinya adalah melakukan suatu tindakan adalah secara terus menerus (contoh lainnya adalah buying, sleeping, reading, dan lain sebagainya).

Jadi, Poking bisa diartikan sebagai perintah melakukan Poke secara terus menerus. Kalau di dalam game, contoh perintahnya seperti ini:

“Nanti kita jangan langsung masuk ke Lord ya, poking-poking dulu aja dari jauh. Begitu Lord-nya low baru kita hajar, okeh?

Kalau secara umum Poke artinya adalah nyicil, lalu dari mana asal muasal kata Poke yang berarti Poin Kecil?

Kenapa Poke Berarti “Poin Kecil” di Mobile Legends?

Sebenarnya POKE yang berarti “POin KEcil” ini agak tidak jelas dari mana asal muasalnya penyebutannya. Walaupun begitu, Instagram official MPL Indonesia sebenarnya tidak bisa dikatakan salah total atau mengarang konten.

Penjelasan arti POKE sebagai “POin KEcil” sudah sempat dibahas oleh Dailyspin, tepatnya pada 22 Juni 2021 lalu.

Dalam artikel tersebut, Dailyspin menjelaskan bahwa istilah POKE itu datang dari YouTuber atau Pro Player antah berantah. Lebih lanjut, mereka menjelaskan kalau POKE adalah bentuk ejekan kepada pemain yang jumlah poinnya masih sedikit karena baru mencapai rank Mythic.

Konten yang sempat memunculkan kontroversi dari akun official MPL Indonesia.

Jadi, berbeda dengan “POUK” yang kita bahas di atas, kata POKE di sini bukan kata kerja melainkan bentuk ejekan yang mungkin datang dari tongkrongan tertentu.

Kalau dicontohkan jadi ujaran mungkin akan jadi seperti ini:

“Cuy, liat tuh si Lutfi, dia udah rank Mythic tapi masih POKE, wkwk.”

Berhubung kata POKE dalam arti POin KEcil adalah singkatan, jadi cara membacanya mungkin adalah PO-KÉ (seperti membaca kata “POKÉMON”) atau mungkin PO-KEu (seperti membaca kata “bener”).

Jadi buat kamu para pemain Mobile Legends, jangan lupa membedakan antara POUK (artinya mencicil) dengan PO-KEu/PO-KÉ (artinya Poin Kecil) supaya teman-teman kamu tidak bingung saat berkomunikasi yaa!

Kalau kamu bagaimana? Kenal kata Poke dari mana sih? Dari yang artinya mencicil atau yang artinya poin kecil? Tulis opini kamu di kolom komentar di bawah ini ya!

More Stories
PKCL Twins, Perpaduan NFT dan Dress-Up Game dari Jepang Dirilis Resmi Hari Ini!