Guide Chrono Free Fire, Profil, Kombo, Kelebihan dan Kekurangan

Masihkah kamu pakai Chrono di Free Fire pada tahun 2022 ini?

Chrono Free Fire adalah karakter paling sakti yang sempat jadi kontroversi. Karakter Free Fire satu ini rilis pada Desember 2020 dan menguasai meta selama setahun penuh selama 2021.

Setelah terkena nerf beberapa kali, Chrono tetap saja mendominasi sehingga menjadi karakter favorit bagi pemain yang ingin dapat Booyah.

Akhirnya karakter FF yang terinspirasi dari Cristiano Ronaldo ini takluk setelah nerf ketiganya di akhir 2021. Jumlah penggunaan dan popularitasnya pun semakin menurun.

Terlepas dari itu, kalau kamu masih kepingin tahu skill karakter ini, berikut guide lengkap Chrono Free Fire yang wajib kalian simak supaya tetap bisa GG di arena pertempuran.

1. Biodata Profil Chrono

Nama: Chrono
Tanggal Lahir: 5 Februari
Usia: 35 tahun
Profesi: Bounty Hunter
Skill: Shield type, Time Turner

Dikisahkan bahwa Chrono adalah seorang bounty hunter alias pemburu hadiah yang berasal dari dunia paralel. Kedatangannya ke bumi membuktikan bahwa semesta tempat Chrono berasal sudah memiliki teknolog super canggih. Desain futuristik semakin menegaskan identitasnya sebagai pengelana dari dimensi lain.

Menurut kisah latar belakangnya juga, Chrono memiliki rasa kemanusiaan yang sangat tinggi. Maka dari itu, dia datang ke bumi untuk membasmi kejahatan dan berjuang menegakkan keadilan.

2. Apa Kemampuan Chrono di Free Fire

Peralatan dan perlengkapan berteknologi canggih memang sukses membuat Chrono tampil stand out. Tak ketinggalan, skill atau kemampuan miliknya juga keren, loh!

Skill atau kemampuan Chrono bernama Time Turner yang memiliki efek berikut ini: Membuat lingkaran pelindung yang menahan 800 damage dari luar selama 4/5/6 detik, namun Chrono tidak bisa menembak dari dalam lingkaran pelindung tersebut. Skill Time Turner memiliki Cooldown: 180 detik di level 1, 164 detik di level 2, 150 detik di level 3, 138 detik di level 4, 128 detik di level 5, 120 detik di level 6.

Tentu saja rekan satu tim yang ada di area ini juga turut merasakan efek dari skill Chrono ini. Dan yang bikin lawan resah, efek dari Skill Time Turner juga akan semakin kuat setiap levelnya meningkat. Kemampuannya inilah yang sempat membuat Chrono menguasai meta Free Fire selama satu tahun.

3. Kontroversi Skill Chrono di Free Fire

Sejak rilis, Chrono dibekali dengan skill mumpuni yang overpowered.

Sebab, Shield dari Time Turner bisa memblokir damage lawan hingga 600 poin. Durability ini sangatlah tinggi, sebab jumlahnya setara dengan tiga kali maksimum HP pemain.

Selain itu, Time Turner dapat melindungi pemain dari tembakan berbagai sudut. Sangat berbeda dengan Gloo Wall yang hanya melindungi dari satu arah. Duh, dari sini saja kemampuannya udah meresahkan ya!

Tapi yang bikin Chrono sempat jadi ‘cheat halal’ adalah, pemain tetap bisa menembaki musuh dari dalam tameng. Alhasil, lawan pun jadi bulan-bulanan yang habis dibantai tanpa bisa melawan.

Hal inilah yang membuat Chrono mendapat nerf selama beberapa kali. Mulai dari pengurangan movement speed, penambahan cooldown, bahkan hingga durasi pengaktifan skill pun juga dikurangi. Tapi tetap saja itu tak bisa menghentikan aksi Chrono.

Sampai akhirnya Garena memutuskan untuk menghilangkan kemampuan untuk menembak dari dalam Shield! Sebagai kompensasi, durability Shield ditambah hingga 800 poin. Sejak saat itu, Chrono lengser dari meta Free Fire dan bertransformasi menjadi karakter biasa.

4. Kekurangan Skill Chrono di Free Fire

Pada awal rilis, sebenarnya Chrono tak punya banyak kelemahan yang berarti. Satu-satunya kekurangan yang dimilikinya adalah rotasi, sebab Shield Time Turner tidak bisa bergerak atau berpindah. Jadi, pemain harus tetap ada di satu titik sampai skill kembali nonaktif.

Chrono terkena nerf pada 28 September 2021, sehingga ia jadi punya banyak kekurangan dari segi penyerangan. Selain tak bisa bergerak, pemain juga tak bisa menyerang dari dalam tameng. Dengan kata lain, kalian harus benar-benar waspada jika perlindungan hilang.

Jadi, dengan nerf yang diberikan, Chrono tentu saja tidak akan dihapus. Pihak Garena telah menjelaskan sendiri bahwa karakter tersebut tidak akan dihabus namun akan terus dilakukan balancing.

5. Kombo Chrono di Free Fire

Apakah setelah kena nerf Chrono Free Fire menjadi karakter yang tidak berguna?

Tentu saja tidak ya, teman-teman. Dengan skill dan perhitungan yang tepat, kalian tetap bisa GG dengan karakter Free Fire satu ini. Biar tim semakin kuat, maka kalian harus memaksimalkan kemampuan atau skill defense milik Chrono yang super tebal.

Kekuatan perlindungan yang dihasilkan oleh karakter Free Fire ini memang tak main-main. Kalian harus ingat bahwa selain durability yang sangat tinggi, Shield milik Chrono juga ampuh melindungi dari berbagai arah.

Efektivitasnya dari segi offensive memang menurun. Justru sebaliknya, kekuatan pertahanan yang dimiliki Chrono sangat berguna dalam pertempuran.

Efek perlindungan damage akan lebih efektif dengan karakter Free Fire yang punya skill healing seperti Maxim, Olivia, dan Kapella. Dengan demikian, kalian tetap bisa menyelamatkan rekan yang sekarat dengan kombo ini. Tentu saja kalian bisa mengkombinasikannya dengan karakter Free Fire lain yang punya efek pemulihan, contohnya DJ Alok.

Dengan perlindungan super tebal dari shield Chrono, kalian bisa mengatasi berbagai serangan kejutan dalam jumlah besar dari berbagai arah. Contohnya, meta granat yang populer sejak awal 2022.

Gimana? Apakah kamu sudah punya Chrono di Free Fire? Kalau belum punya, kamu membelinya pakai promo Garena Shell dari YODU. Kalau bingung dengan cara menukarnya, mimin juga sudah menyiapkan tutorial cara menukar Garena Shell menjadi Diamond Free Fire.

Selamat mencoba ya guys!

More Stories
Guide Moco Free Fire: Hacker Dengan Kemampuan Pendeteksi!