Penulis Cerita Serial Loki Jelaskan Lokasi TVA Episode Terakhir

Serial Loki memang sudah usai penayangannya setelah 6 episode yang penuh lika-liku para Loki. Walaupun telah berakhir, serial Disney Plus yang satu ini masih cukup memancing diskusi karena konsep perjalanan ruang dan waktu yang dibawa ke dalam film.

Salah satu yang masih jadi tanda tanya terbesar bagi para penonton adalah tempat Loki mendarat di akhir episode.

Setelah adu mulut dengan Sylvie (Variants Loki berwujud perempuan), Loki akhirnya dikhianati dan dibuang ke suatu tempat dengan menggunakan TemPad. Sylvie berhasil mencapai cita-citanya, membunuh pemimpin TVA bernama He Who Remains (yang diduga sebagai Variants dari Kang the Conqueror).

He Who Remains. Sosok ini diduga kuat sebagai variants Kang the Conqueror yang akan jadi musuh utama Marvel Cinematic Universe phase 4.

Nasib Loki? Ia terlempar ke kantor TVA. Di layar kaca kita melihat Mobius berargumen dengan B-15 karena masalah alur waktu yang bercabang secara ekstrem. Loki bicara ke Mobius, berusaha menjelaskan apa yang ia alami.

Tapi … Mobius malah tidak mengenali Loki!? Loki melihat ke arah patung yang tadinya menunjukkan tiga sosok Time-Keepers kini telah berganti menjadi satu sosok He Who Remains.

Apa yang sebenarnya terjadi?

Kate Herron, direktur dan penulis cerita serial Loki mengungkap tanda tanya besar tersebut. Hal tersebut ia ungkap dalam wawancara bersama Hollywood Reporter pada 17 Juli 2021 kemarin.

Berikut penjelasan Kate Herron yang dikutip langsung dari Hollywood Reporter:

“So the way I see it in my head is that the TVA exists outside of space and time, but reality and everything as we understood it has completely changed in the last few minutes. With the multiverse branching, how do we know the TVA still exists in that way? We don’t know, and I suppose that’s a big question that will be answered as the show goes on. But in my head, the intention is that Sylvie thinks she’s sending him back to the TVA, but because of the way time and branches are crossing each other outside the window, Loki has unfortunately been sent back somewhere very different. So reality has shifted just by the nature of what He Who Remains said, and the idea is that he’s in this alternate TVA now.”

Pada episode-episode awal, patung yang berdiri di tengah kantor TVA berwujud tiga sosok yang disebut sebagai Time-Keepers.

Dari penjelasan tersebut, kita tersadar bahwa memang ada dua hal penting yang patut kita ingat. Pertama, benar bahwa eksistensi TVA itu ada di luar dari alur ruang dan waktu. Kedua, tapi patut kita ingat juga bahwa percabangan multiverse terjadi secara ekstrem beberapa menit setelahnya.

Pasca He Who Remains mati dan Ravonna pergi entah ke mana, maka tak ada lagi orang yang mengatur alur ruang dan waktu sehingga menjadi kacau balau. Kate Herron mengatakan, penjelasan lebih lengkap soal bagaimana konsep eksistensi TVA setelah kejadian multiverse mungkin akan dijelaskan seiring serial Loki berlanjut nantinya.

Tapi singkatnya, Kate Herron menyimpulkan bahwa Loki tidak mendarat di TVA yang sebelumnya, melainkan di TVA alternatif di alur ruang dan waktu yang berbeda.

More Stories
7 Fakta Jugram Haschwalth Bleach: Sumber Kelemahan Sang Raja Quincy?