Inspiratif! Inilah Rekomendasi 10 Anime Sports Terbaik Sepanjang Masa

Motivasi untuk melakukan olahraga bisa datang dari mana saja, bahkan ada beberapa anime sports yang bisa menginspirasi seseorang supaya mau berolahraga.

Teruntuk kamu yang sedang mencari anime sports terbaik sepanjang masa, yuk simak pembahasannya di artikel yang satu ini.

Setelah kemarin mimin kasih rekomendasi game Indonesia, sekarang mimin mau kasih daftar rekomendasi 10 anime sports terbaik sepanjang masa versi mimin! Berikut daftarnya:

10. Ookiku Furikabutte

Baseball merupakan salah satu olahraga yang digemari di Jepang. Jadi, jangan heran kalau ada banyak anime tentang olahraga ini.

Ookiku Furikabutte adalah salah satu anime sports terbaik soal olahraga baseball. Anime ini bercerita tentang Ren Mihashi, seorang pelempar yang tidak percaya diri.

Dirinya dibujuk Takaya Abe untuk keluar dari zona nyaman demi meraih tujuan yang sangat besar. Bersama-sama, mereka berdua punya tujuan untuk bisa bertanding di Stadion Koshien yang legendaris — impian semua pemain bisbol.

9. Yuri on Ice

Yuri on Ice merupakan anime tentang olahraga seluncur indah yang cukup menarik untuk diperhatikan.

Anime ini bercerita tentang Yuri Katsuki, seorang skater profesional yang terguncang akibat kekalahan telaknya di Grand Prix Finale. Merasa tertekan, dia mulai menjauhi dunia seluncur indah demi menyelesaikan kuliah dan kembali ke rumahnya.

Meski Yuri sudah kehilangan semangat sejak kompetisi tersebut, namun dirinya masih menyukai olahraga ini. Suatu malam, dirinya meniru koreografi idolanya, Victor Nikiforov.

Aksi Yuri ternyata tersebar dan menjadi viral di internet. Victor yang melihat sendiri klip tersebut langsung ke Jepang untuk menjadi pelatih Yuri agar ia bisa memenangkan medali emas di Grand Prix selanjutnya.

8. Yowamushi Pedal

Selanjutnya ada Yowamushi Pedal. Anime ini mengisahkan Sakamichi Onada, siswa SMP otaku yang ingin memasuki klub pecinta anime di sekolahnya.

Namun, pada akhirnya ia malah bergabung dengan klub sepeda setelah bertemu dengan dua teman sekelasnya.

Bagaimana sih kegiatan seorang otaku akut di dalam klub bersepedanya? Mulai dari pertandingan seru yang inspiratif hingga kisah-kisah konyol Sakamichi Onada, semuanya bisa kamu nikmati di anime yang satu ini.

7. Kaze ga Tsuyoku Fuiteiru

Anime sports terbaik yang satu ini bercerita tentang olahraga lari. Anime ini menyajikan cerita penuh dengan inspirasi. Setiap karakter memiliki alasannya masing-masing untuk jadi juara, yang mana alasan tersebut datang dari masalah pribadi masing-masing yang harus diselesaikan.

Motivasi tiap karakter pun cukup rumit, tetapi hal itulah yang membuat seri anime ini menjadi sangat seru dan berkesan.

6. Kuroko no Basuke

Kuroko no Basuke merupakan anime basket bercerita tentang perjalanan tim basket Seirin yang kedatangan pemain baru yang hebat.

Pemain itu adalah Kagami Taiga dan Kuroko Tetsuya. Kagami Taiga adalah pemain basket yang baru kembali dari Amerika, sementara Kuroko Tetsuya adalah seorang siswa yang hawa keberadaan sulit diketahui — memungkinkan dirinya bergerak di lapangan tanpa disadari lawan.

Meski Kuroko tidak begitu atletis dan tidak lihai mencetak poin, namun dirinya mampu mengoper bola dengan mudah gara-gara musuh kelimpungan mendeteksi pergerakannya.

Olahraga basket yang dihadirkan oleh anime ini terkesan sangat intens. Ditambah lagi, anime ini juga menyelipkan elemen-elemen fantasi pada jurus-jurusnya yang membuat Kuroko no Basuke jadi semakin menarik.

5. Prince of Tennis

Anime sports terbaik berikutnya ada Prince of Tennis. Anime ini bercerita tentang Ryouma Echizen yang baru kembali dari Amerika untuk bermain tenis di Jepang.

Dirinya punya tujuan untuk menjadi pemain tenis terbaik di Jepang. Karena tujuannya, ia pun dirinya mendaftar di Akademi Seishun, salah satu tim tenis terbaik di Jepang.

Biasanya, anime olahraga melibatkan protagonis utama yang tidak bisa bermain. Prince of Tennis ini jadi menarik karena karakter Ryouma malah sudah menjadi pemain hebat sejak awal episode, namun ia harus menghadapi konflik-konflik lain yang lebih dinamis.

4. Hajime no Ippo

Selanjutnya ada Hajime no Ippo yang menceritakan olahraga tinju.

Anime ini menceritakan kisah Ippo, korban bullying yang awalnya tidak mampu membalas orang-orang yang menindasnya.

Suatu hari, ia ditolong oleh atlet tinju profesional bernama Mamoru Takamura dan membawanya ke sasana tinju. Pertemuan Ippo dengan Mamoru berhasil mengubah kehidupannya.

Dalam Hajime no Ippo kita akan melihat perjalanan Ippo dari sosok orang biasa (bahkan culun), mengalahkan dirinya sendiri untuk menjadi sosok petinju hebat di masa depan!

3. Ping Pong: The Animation

Ping Pong: The Animation merupakan sebuah anime sports terbaik dengan gaya animasi yang unik dan cukup berbeda dengan kebanyakan anime.

Anime ini bercerita tentang dua orang sahabat, Hoshino Yutaka dan Tsukimoto Makoto. Dua orang tersebut memiliki kecintaan yang mendalam pada olahraga tenis meja.

Sepanjang cerita, kita akan melihat perkembangan dua karakter tersebut dan hal itulah yang menjadi poin menarik dari seri anime ini. 

2. Haikyuu!!

Berikutnya ada Haikyuu!! Anime ini mengisahkan Hinata Shoyo yang tertarik dengan olahraga bola voli setelah menyaksikan pertandingan di televisi.

Meski tubuhnya tidak begitu ideal untuk bermain voli, Hinata sangat terinspirasi dengan pemain yang dijuluki sebagai ‘Raksasa Kecil’ setelah melihat permainannya di televisi.

Hinata pun bergabung ke SMA Karasuno, tempat di mana si Raksasa Kecil pernah bermain untuk mewujudkan impiannya.

1. Slam Dunk

Jika kamu sedang mencari anime basket terbaik, maka Slam Dunk adalah jawabannya!Tidak seperti Kuroko no Basuke, Slam Dunk cenderung menceritakan pertandingan basket yang lebih realistis.

Anime ini mengisahkan Hanamichi Sakuragi, siswa SMA Shohoku yang bergabung dengan tim basket karena ia menyukai gadis Jepang bernama Haruko Akagi. Namun cinta Hanamichi bertepuk sebelah tangan karena Haruko justru jatuh hati kepada Kaede Rukawa yang lebih populer. 

Meski sama sekali tidak memiliki pengalaman bermain basket, namun Sakuragi memutuskan untuk melampaui Kaede demi membuat Haruko jatuh hati padanya.

Nah itulah rekomendasi 10 anime sports terbaik sepanjang masa yang sebaiknya kamu tonton. Bingung nonton di mana? Kamu bisa mencarinya di rekomendasi tempat menonton anime yang gratis dan legal dari mimin ya!

Semoga anime-anime ini bisa memotivasi kamu untuk berolahraga atau bahkan menambah semangat kamu mencapai tujuan-tujuan hidup!

More Stories
7 Fakta Jugram Haschwalth Bleach: Sumber Kelemahan Sang Raja Quincy?