Inilah 10 Game Buatan Indonesia Terbaik yang Wajib Kamu Coba!

Semakin ke sini, perkembangan game buatan Indonesia semakin membaik. Sekarang, semakin banyak sekali pengembang lokal merilis berbagai game keren yang kualitasnya enggak kalah dengan game luar negeri.

Selain Coral Island yang perilisannya dinanti-nanti, kali ini mimin ingin merekomendasikan 10 game terbaik buatan Indonesia yang wajib untuk kamu coba. Mimin jamin, kamu enggak bakal menyesal memainkan game ini!

Apa saja game buatan Indonesia terbaik yang dimaksud? Daripada kalian penasaran, yuk! Langsung simak pembahasannya di bawah ini!

1. Coffee Talk

Coffee Talk merupakan game rilisan Toge Production yang memiliki genre visual novel dengan tema kedai kopi.

Pemain berperan sebagai barista yang menyajikan minuman hangat di tengah suasana kota yang dingin. Sambil menyajikan kopi, pemain juga akan mendengarkan keluh kesah para pelanggan seraya membantu meringankan masalah yang sedang mereka alami.

Game ini berlatar tempat di versi imajiner dari kota Seattle, Amerika Serikat tahun 2020. Dalam Coffee Talk, ras fantasi seperti elf, orc, putri duyung, dan berbagai ras lainnya hidup berdampingan bersama manusia di kota Seattle.

Coffee Talk menggunakan pixel art bergaya visual tahun 90-an dan diiringi dengan musik jazz serta lo-fi yang membuat dijamin membuat pemain merasa rileks ketika memainkannya.

Sepertinya Coffee Talk ini cocok banget bagi kamu anak senja yang suka ngopi dan ingin merasakan bagaimana rasanya menjadi barista di kedai kopi yang damai, sambil mendengar permasalahan para pelanggan di kedai kopi.

>> Page Steam Coffee Talk

2. When The Past Was Around

Selanjutnya ada When The Past Was Around, sebuah game teka-teki yang dikembangkan oleh Mojiken Studio.

Game ini berkisah tentang cerita cinta seorang gadis dengan kekasihnya.When The Past Was Around adalah game yang emosional. Mimin jamin emosi kamu akan teraduk-aduk saat main game ini, membuat jadi merasakan kebahagiaan dan kesedihan di saat bersamaan.

Pertemuan dan perpisahan yang menyertai kedua pasangan tersebut membuat sang gadis harus merasakan trauma. Pada momen itulah pemain bertugas untuk membantu sang gadis melupakan masa lalunya agar bisa kembali membuka dirinya lagi.

Hal terbaik yang bisa kamu dapatkan dari When The Past Was Around adalah alunan musik yang menenangkan hati — dapat membuat pemain bisa melupakan masalahnya sejenak.

>> Page Steam When The Past Was Around

3. A Space For The Unbound

Masih berasal dari studio yang sama, A Space For The Unbound merupakan game bergaya retro pixel art dengan latar Indonesia tahun 90-an. Game ini mengisahkan petualangan yang menggabungkan unsur supranatural dan mistis.

Terletak di kota kecil yang terinspirasi pedesaan di Indonesia, A Space For The Unbound bakal memberi pengalaman terbaik lewat sajian visual berupa lingkungan yang bikin kita teringat dengan masa lalu.

Meski belum rilis sepenuhnya, tetapi prolog dari A Space For The Unbound ini telah meninggalkan kesan yang sangat baik — terutama dari ceritanya yang unik. Game ini bakal menjadi game lokal terbaik yang wajib kamu tunggu perilisannya.

>> Page Steam A Space For The Unbound

4. She and the Light Bearer

Berikutnya ada game bergaya visual novel point and click dari Mojiken Studio dan Toge Production. Berperan sebagai kunang-kunang bernama Firefly, pemain bertugas untuk membangunkan Mother untuk menyelamatkan hutan dari makhluk bernama Devourer.

Firefly harus mendapatkan kepercayaan makhluk hutan dengan menyelesaikan berbagai teka-teki dan tantangan agar bisa membangunkan Mother.

Dengan gaya visualnya yang imut, mungkin kamu juga bakal merasa seperti membaca kisah dongeng saat bermain game ini.

>> Page Steam She and the Light Bearer

5. DreadOut

Siapa sih gamer yang nggak tahu DreadOut ?

Dikembangkan oleh Digital Happiness, DreadOut merupakan game horor yang berkisah tentang gadis bernama Linda yang sedang liburan bersama teman-temannya. Suatu ketika, Linda tiba-tiba terbangun di sebuah gubuk misterius yang menyeramkan.

Mendadak, Linda dimangsa oleh hantu-hantu penghuni gubuk. Kamu harus bisa kabur secepat mungkin dari tempat angker tersebut!

>> Page Steam DreadOut

>> Page Steam DreadOut 2

6. Pamali: Indonesian Folklore Horror

Selain DreadOut, ada juga game horor dari Indonesia yang sangat populer.

Berperan sebagai Jaka, pemain harus membantu dirinya untuk menyelesaikan tugas-tugas, contohnya membersihkan rumah. Namun, kamu bakal diganggu dengan hantu asal Indonesia seperti kuntilanak, pocong, leak, dan lain-lain.

Karena berisi hantu-hantu yang kita kenal, mungkin Pamali: Indonesian Folklore Horror menjadi game terseram bagi orang Indonesia.

>> Page Steam Pamali

7. Pulang: Insanity

Game horor keren lain dari Indonesia adalah Pulang: Insanity.

Game ini berlatar di tahun 2005, yang bercerita tentang pemuda bernama Muhammad Rudiansyah yang sedang terlilit hutang. Karena keadaannya terpuruk, Rudiansyah memilih jalan pintas dengan melakukan pesugihan dan menumbalkan manusia untuk mendapatkan uang. 

>> Page Steam Pulang: Insanity

8. Ghost Parade

Masih berhubungan soal perhantuan, Ghost Parade merupakan game dengan genre platformer side scrolling.

Game ini bercerita tentang Suri, anak SD yang tersesat di hutan angker pada saat perjalanan pulang. Di dalam hutan, Suri bertemu dengan berbagai makhluk halus seperti tuyul, dan hantu-hantu lainnya.

Meskipun bertema hantu, Ghost Parade itu bukanlah game horor — yang ada, hantu-hantu di sini malah terlihat imut dan menggemaskan.

>> Page Steam Ghost Parade

9. Ultra Space Battle Brawl

Ultra Space Battle Brawl adalah game dengan gameplay ala Pong (sejenis permainan tenis) yang digabungkan dengan elemen fighting seperti Street Fighter.

Pemain bisa melawan pemain lain (PvP multiplayer) ataupun menjalankan campaign mode (single-player) dengan menggunakan karakter yang punya kekuatan uniknya masing-masing.

>> Page Steam Ultra Space Battle Brawl

10. A Day Without Me

A Day Without Me merupakan game adventure puzzle. Dalam game ini, kamu harus mencari tau ke mana semua orang pergi dan kenapa hanya ada kamu sendiri di kota tersebut.

Dalam petualangan tersebut, kamu harus memecahkan misteri untuk menjawab kenapa terjadi banyak keanehan di kota tempat kamu tinggal.

>> Page Steam A Day Without Me

Itulah rekomendasi 10 game buatan Indonesia terbaik yang wajib kamu mainkan sekarang juga. Dijamin enggak bakal menyesal setelah membeli salah satu dari game di atas ini deh!

More Stories
7 Fakta Bazz B-Bleach: Sahabat Jugram, Ingin Membunuh Yhwach?