Review ROG Strix G15 Advantage Edition: Laptop Gaming Spesial dari AMD!

Laptop ROG Strix G15 diciptakan sebagai laptop gaming premium khusus buat kamu yang membutuhkan mobilitas dan performa tinggi dari sebuah device komputer.

Rilis tahun 2021, laptop yang satu ini segera mendapat perhatian dari kalangan pecinta teknologi ataupun reviewer. Dari salah satu variasi ROG Strix G15, ada satu varian yang menarik untuk dibahas. Variasi tersebut adalah ROG Strix G15 Advantage Edition.

Penasaran apa yang istimewa dari ROG Strix G15 Advantage Edition ini? Mari simak pembahasan YODU berikut ini:

1. Apa Itu ROG Strix G15 Advantage Edition?

Penjelasan singkat sertifikasi AMD Advantage. Sumber – AMD.com

Sambil membahas spesifikasi, mari sedikit kita bahas maksud “Advantage Edition” pada laptop ROG yang satu ini.

Nama “Advantage” sendiri merupakan sebuah sertifikasi terbaru yang dibesutkan oleh AMD, salah satu pembuat CPU dan GPU ternama dunia.

Berhubung “Advantage” adalah sertifikasi dari AMD, jadi sudah jelas kalau ROG Strix G15 Advantage Edition ini menggunakan prosesor (CPU) dari AMD (yaitu Ryzen Series) dan prosesor grafis (GPU) dari AMD (yaitu Radeon Series).

Sertifikasi ini menjanjikan performa terbaik untuk berbagai kegiatan yang kamu lakukan di sebuah laptop, gaming, kreasi konten, dan lain sebagainya.

Oleh karena ini, tentu saja ROG Strix Edition Advantage Edition ini sudah ditenagai oleh spesifikasi terbaik dan paling mumpuni untuk semua kebutuhan pengguna. Apa saja spesifikasinya? Berikut spesifikasi kuncinya:

CPU:Ryzen 9 5900HX
GPU:Radeon RX 6800M
RAM:16GB DDR4 1600Mhz
Storage:512GB SSD NVMe 1.3

2. Desain, Estetika dan Build Quality

ROG sepertinya sudah hampir tidak bisa disangkal kalau bicara desain dan estetika. Secara umum, rancangan bentuk laptop ROG Strix G15 ini masih seperti kebanyakan laptop ROG yang mengedepankan gaya futuristik ala-ala Cyberpunk.

Kombinasi warna hitam dan merah begitu apik, memang kebetulan kombinasi warna tersebut salah satu favorit saya juga … hehe. Aksen merah itu kebetulan juga memang ciri khas dari Advantage Edition ini. Dalam box penjualan, ASUS juga menyertakan pengganti dari bagian aksen tersebut dengan warna orisinalnya yaitu abu-abu.

Melanjutkan soal desain bentuk, laptop ini juga menyediakan LED RGB full warna-warni di bagian bawahnya. LED RGB itu keren sih … tapi kayaknya agak sedikit … uhuk norak uhuk kalau ditampilkan ke mana-mana.

Secara build quality, laptop ini menggunakan dua bahan pada bagian bodi luarnya yaitu plastik dan besi. Beberapa bagian berbahan plastik mungkin bisa bikin kamu salah sangka kalau disuruh menebak harga laptop ini. Terlepas dari itu, keseluruhan laptop tetap terasa solid dan padat..

3. Dimensi dan Bobot

Seperti kebanyakan laptop gaming, ROG Strix G15 Advantage Edition ini tentu bongsor dan berat.

Tapi, jangan banyangkan besar dan bongsornya seperti laptop gaming jaman dulu.

Menurut saya, yang sudah cukup memerhatikan perkembangan teknologi laptop gaming sejak sekitar tahun 2017-an, ROG Strix G15 Advantage Edition ini sudah JAUH lebih ramping ketimbang laptop gaming jaman dulu.

Terlepas dari itu, ketebalan dan kebongsoran dari sebuah laptop gaming itu sebenarnya WAJIB! Supaya CPU dan GPU bisa tetap adem saat dipakai bekerja keras.

Bobotnya 2,5 kg, dimensinya sendiri adalah sebagai berikut: 35,4 x 25,9 x 2,26 (Lebar x Panjang x Tinggi). Lebih lengkapnya boleh lihat galeri foto di atas untuk melihat seberapa besar dan tebal-nya laptop ini.

4. I/O Ports

Ada 8 colokan di tubuh laptop ROG Strix G15 Advantage Edition ini. 8 colokan tersebut adalah:

Sisi Kiri

  • 2 x 3.2 Gen 1 Type-A
  • 1 x Combo Jack Audio 3.5mm

Sisi Belakang

  • 1 x USB 3.2 Gen 1 Type-A
  • 1 x USB 3.2 Gen 2 Type-C support DisplayPort™ / power delivery
  • 1 x HDMI port
  • 1 x RJ45 LAN Port
  • 1 x DC In

5. Keyboard dan Touchpad

Saya tidak bisa banyak protes saat membicarakan keyboard dan touchpad si ROG Strix G15 Advantage Edition ini. Layout-nya sudah ciamik, penekananannya pun sudah empuk.

Seperti ROG biasanya, layout keyboard menyertakan lima tombol khusus untuk volume up/down, microphone mute, mode kipas, dan ROG button untuk membuka Armoury Crate.

Ukuran touchpad-nya juga sudah cukup mumpuni dan enak digunakan untuk kebutuhan produktivitas.

“Bang, ngapain bahas keyboard dan touchpad? Laptop gaming kan biasanaya juga pakai keyboard dan mouse external?”

Eits nanti dulu. Menurut saya, dua bagian itu adalah bagian yang tidak kalah penting dari sebuah laptop. Bagaimanapun, tugas utama laptop adalah untuk mobilitas.

Jadi apabila kamu sedang butuh membawa ROG Strix G15 Advantage Edition ke mana-mana, setidaknya kamu masih bisa merasa aman untuk melakukan pekerjaan ringan dengan keyboard dan touchpad di laptop.

Eh btw, hampir kelupaan. Keyboard laptop ini juga sudah disertai dengan LED RGB dengan 4 zona yang bisa dikustomisasi.

Jadi, tentunya keyboardnya sudah memuaskan buat kamu pecinta RGB.

6. Display

Secara teknis, laptop ini memiliki spesfikiasi sebagai berikut:

  • 15,6-inci
  • WQHD (2560 x 1440) 16:9
  • anti-glare display
  • DCI-P3: 100.00%
  • Refresh Rate: 165Hz
  • Response Time: 3ms

Layar tersebut tentunya sudah jadi tidak masalah kalau digunakan untuk gaming. Tapi tentunya akan butuh display external kalau kamu adalah gamers hardcore yang butuh refresh-rate hingga 300Hz.

Ada dua varian layar di laptop ini. Varian resolusi QHD dan FHD.

Akurasi warna layar QHD seperti tertera di spesifikasi di atas. Lalu, untuk layar FHD, mengutip The Verge , laptop tersebut memiliki layar dengan akurasi warna 100% sRGB, 76% ADobe RGB, dan 78% DCI-P3 Gamut, dengan tingkat kecerahan 290 nits.

Layar FHD memiliki 300Hz refresh-rate sementara layar QHD hanya 165Hz saja. Keduanya sih sama saja, sama-sama memiliki response time 3ms.

Jadi, pilihan ada di tanganmu, apakah butuh akurasi warna atau besaran refresh rate.

7. Hasil Benchmark

YODU melakukan beberapa hal untuk benchmark kemampuan si ROG Strix G15 Advantage Edition.

Berikut hasil benchmark dari beberapa software:

Cinebench R23

  • Multi-Core: 13332
  • Single-Core: 1470

3DMark Time Spy

Detail hasil benchmark di 3dmark.com
  • Overall score: 10068

Geekbench

Detail hasil benchmark di geekbench.com
  • Multi-Core: 7433
  • Singe-Core: 1464

Untuk pengujian stabilitas performa, kami menjalankan Cinebench R23 Multicore test sebanyak 20 kali berturut-turut.

Hasilnya seperti gambar di atas. Performanya cenderung naik turun, walau memang tidak terlalu jauh.

Lalu pada uji coba 3DMark Time Spy, hasilnya adalah skor ROG Strix G15 Advantage Edition lebih kuat dari “Gaming PC” yang ditenagai GPU Radeon RX 5700 XT.

8. Performa Gaming dan Suhu

Setelah benchmark, bagaimana dengan performa gamingnya?

Berikut ringkasan performa gaming ROG Strix G15 Advantage Edition:

PUBG: Battleground Max Settings

  • Average framerate: 77,5 fps
  • Minimum framerate: 59,6 fps
  • Maximum framerate: 103,6 fps

Genshin Impact Max Settings

  • Average framerate: 60,1 fps
  • Minimum framerate: 52,8 fps
  • Maximum framerate: 60,8 fps

Dota 2 Max Settings

  • Average framerate: 108,20 fps
  • Minimum framerate: 68,50 fps
  • Maximum framerate: 119,90 fps

Kalau melihat hasilnya, kalian sepertinya sudah tidak perlu khawatir lagi soal performa. Terlepas dari stabilitasnya, ada sedikit kendala aneh yang saya hadapi saat dalam proses review.

Suhu pada saat memainkan PUBG: Battlegrounds

Selain game-game di atas, saya juga memainkan League of Legends (Garena) pada beberapa kesempatan. Entah kenapa, sempat ada sedikit frame drop dan stutter pada game tersebut. Mungkin karena saya belum update driver AMD di laptop. Untungnya memang benar, game berjalan lebih lancar setelah saya update driver grafis laptop.

Lalu kalau bicara suhu, secara feel tergolong aman sekali. Ada rasa panas di area tangan saat bermain, tapi tidak berlebihan. Kalau hasil grafik suhunya sih bisa dilihat pada gambar di atas saat saya memainkan PUBG: Battleground

9. Storage

Dari sisi Storage laptop ROG ini menggunakan SSD dengan teknologi NVMe 1.3. Kemampuan baca dan tulis SSD si laptop ROG Strix G15 Advantage Edition adalah sebagai berikut:

Hasil benchmark storage menggunakan Crystal Disk Mark:

  • Read: 3548,58 MB/s
  • Write 952,82 MB/s

Performanya sih sudah lebih dari cukup dengan kemampuan read hinggal 3000 MB/s ++. Berbagai kegiatan yang dilakukan benar-benar sudah jadi mulus dan hampir tanpa ada stutter aneh.

Tapi, mengingat kembali laptop gaming ini tergolong memiliki harga sangat premium, angka tersebut malah jadi cenderung rendah. Kalau kita lakukan sedikit komparasi, beberapa laptop gaming lain dengan poin harga yang sama seingat saya bisa mencapai angka read 7000 MB/s ++. Tapi ya … bisa jadi juga ingatan saya salah.

10. Baterai

Cek tanggal 25 pukul 01:36:31 untuk mengetahui durasi baterai laptop ini

Sebagai laptop gaming, ROG Strix G15 Advantage Edition ini punya kemampuan baterai yang cukup saya acungi jempol. Ringkasan performa dan pengujian yang saya lakukan adalah seperti demikian:

Metode Uji Kemampuan Baterai

  • Video 1080p on loop
  • Wi-Fi: Off
  • Bluetooth: Off
  • Sound: Off
  • Brightness: 50%
  • Backlit keyboard: Off
  • Performance Profile: Windows Battery Saver
  • Ketahanan Baterai: 8 jam 2 menit 55 detik

Tentunya skenario testing di atas hampir tidak mungkin terjadi di kondisi sehari-hari. Tapi, misalnya kamu betul-betul butuh menggunakan laptop dan masih bisa kerja dengan kondisi seperti di atas (tanpa internet dan bluetooth), ROG Strix G15 Advantage Edition ini akan tahan tetap menyala dalam durasi yang cukup lama.

11. Kesimpulan

Sebelum menuju ke kesimpulan, patut diketahui kalau harga laptop ROG Strix G15 Advantage Edition ini tergolong sebagai laptop gaming Rp30 jutaan dengan harga di kisaran 34 juta Rupiah.

Dengan harga tersebut, saya merasa laptop ini mungkin masih butuh optimasi lebih lanjut agar bisa lebih kencang lagi. Di atas kertas, dengan menggunakan aplikasi benchmark, perbandingan performanya dengan Acer Nitro 5 jelas berbeda (Ryzen 9 di ROG Strix G15, Ryzen 7 di Acer Nitro 5).

Tapi dalam konteks hasil skenario uji dunia nyata dengan game, laptop ini entah kenapa terasa masih sedikit terseok optimasinya sehingga terasa belum mengeluarkan performa paling maksimalnya.

Lalu bicara dari segi kualitas hardware, ROG Strix G15 Advantage edition ini juga terbilang terasa “biasa” walau sebenarnya sudah bagus build quality, keyboard, dan touchpadnya. Kalau ditanya apa yang paling istimewa, mungkin sih menurut saya loudspeaker bawaan laptop ini.

Walau tidak saya ulas mendalam di atas, tapi memang loudspeaker laptop ini sih terasa sangat premium dan di atas rata-rata.

Jadi, rasanya sih agak sulit untuk merekomendasikan ROG Strix G15 Advantage Edition yang punya harga 34 juta ini. Hal tersebut mengingat persaingan laptop gaming juga semakin ketat, yang mana semakin banyak laptop dengan poin harga 10 jutaan namun performanya sudah hampir menandingi laptop di atasnya.

More Stories
Item Counter Wanwan MLBB
Item Counter Wanwan Terbaik di MLBB, Bikin Dia Tak Berkutik!