Tampil Gemilang, Timnas Dota 2 Indonesia Jadi Juara IESF 2022

Timnas Dota 2 Indonesia

Timnas DOTA 2 Indonesia tampil impresif dan berhasil merebut gelar juara dunia pada Kejuaraan Dunia Esports IESF ke-14 yang menjadi bagian dari perhelatan akbar Indonesia Esports Summit 2022 di Merusaka, Nusa Dua Bali.

Pada babak grand final yang di gelar di Earth Stage, panggung utama terbesar di area Indonesia Esports Summit, Tim Nasional Indonesia DOTA 2 mengalahkan tim kuat Filipina dengan skor ketat 3-2.

Keberhasilan Tim Nasional DOTA 2 yang terdiri dari Randy “Dreamocel” Muhammad Sapoetra, Rafli “Mikoto” Fathurrahman, Syaid “Womy” Muhammad Resky, Tri “Jhocam“ Kuncoro, Matthew “Whitemon” Filemon, dan Brizio “Hyde” Adiputra Budiana meraih emas, mengantarkan Indonesia untuk sementara berhasil mengoleksi 1 medali emas lewat DOTA 2 dan 1 medali perunggu lewat nomor CS:GO Women.

Indonesia masih berpeluang meraih emas dari 2 nomor lainnya, yaitu dari eFootball yang akan berebut gelar dengan Argentina, dan dari nomor Mobile Legends: Bang Bang yang akan berebut gelar dengan Filipina.

Ketua Harian Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI), Bambang Sunarwibowo, menyambut dengan penuh kebanggaan atas prestasi hebat yang diraih Tim Nasional Indonesia nomor DOTA 2. “Indonesia sangat bangga dengan perjuangan yang telah ditunjukkan oleh talenta-talenta terbaik esports Indonesia ini. Mereka adalah pahlawan-pahlawan yang telah mendarmabaktikan kemampuan terbaiknya demi kejayaan bangsa dan negara, Indonesia. Gelar juara dunia sangat layak mereka sandang.”  

Baca Juga: Timnas DOTA 2 Indonesia Tumbangkan Aljazair di IESF 2022

Rekap Pertandingan Timnas Dota 2 Indonesia

Timnas Dota 2 Indonesia IESF

Pertemuan di grand final menjadi pertemuan kedua antara Indonesia dan Filipina di Indonesia Esports Summit ini.

Pada pertemuan pertama, Indonesia kalah dramatis dari Filipina sehingga harus turun ke posisi lower bracket.

Filipina tampil di grand final dengan langsung mengantongi keunggulan satu poin sebagai keuntungan berada di posisi Upper Bracket.

Walau begitu, Tim Nasional Indonesia tidak ragu dengan memberikan permainan yang menekan.

Pada menit ke-21 di babak pertama, Tim Nasional Indonesia sudah mengantongi 18 kills dan Aegis of Immortal.

Permainan yang sempurna ditunjukkan oleh Tim Nasional Indonesia hingga meraih kemenangan pertama di menit ke- 45 dengan poin 51-19 untuk kemenangan Indonesia. Skor 1-1 untuk Indonesia dan Filipina.

Timnas DOTA 2 Indonesia
Photo via PBESI

Babak kedua, Tim Nasional Indonesia sudah mengungguli Filipina dengan poin 4-1. Akan tetapi, memasuki late game, potensi hero dari Filipina berhasil tampil maksimal dengan mengamankan satu tower pada top barrack.

Permainan pada babak ini berakhir dengan kemenagan Filipina di menit ke-60 dengan poin 51-45. Sementara, Indonesia tertinggal dari Filipina dengan skor 1-2.

Babak ketiga, Tim Nasional Indonesia memperlihatkan permainan yang agresif dengan menggunakan hero andalan mereka, yakni Beast Master dan Mirana.

Permainan Tim Nasional Indonesia dengan winning condition bermain dengan mengulur waktu sehingga mendapatkan peluang sempurna.

Terbukti, Timnas Dota 2 Indonesia meraih Aegis of Immortal dan mengendalikan permainan hingga babak ketiga selesai pada menit ke-31.

Tim Nasional Indonesia berhasil comeback dengan memenangkan pertandingan di babak ini dengan skor 2-2.

Babak keempat, Filipina bermain agresif sehingga unggul dengan 20 kills. Namun, penampilan memukau dari “Mikoto” membuat Tim Nasional Indonesia bangkit.

Timnas Dota 2 Indonesia IESF
Poto via PBESI

Timnas Dota 2 Indonesia berhasil meraih 5 kills menggunakan smoke gang pada menit ke-26 sehingga berhasil mengejar ketertinggalan dan menyamakan kedudukan.

Permainan di babak ini berakhir dengan poin 34-28 untuk kemenangan Indonesia.

Pertandingan grand final DOTA 2 yang berlangsung sengit berhasil dimenangkan oleh Tim Nasional Indonesia dengan skor akhir 3-2.

Kemenangan ini menghasilkan emas pertama bagi Indonesia dari kejuaraan dunia esports 2022 yang saat ini masih berlangsung.

Baca Juga: Sempat Unggul, Timnas DOTA 2 Indonesia Takluk di Tangan Filipina

More Stories
realme 12 series 5G
realme 12 Series 5G dengan Lensa Telefoto Periskop Segera Meluncur di Indonesia pada 29 Februari