Catat! Inilah 8 Tempat Baca Manga Online, Gratis dan Legal!

Mencari tempat baca manga online gratis mungkin enggak susah-susah amat di Indonesia. Tetapi, kalau mencari tempat baca manga online yang gratis dan legal, tentunya akan jadi lebih sulit.

Tapi, sulit dicari bukan berarti tidak ada.

Setelah kemarin mimin kasih rekomendasi tempat nonton anime legal yang gratis, sekarang mimin punya rekomendasi situs baca manga online yang gratis dan juga legal. Ada apa saja? Daripada kalian penasaran, yuk simak daftar di bawah in ya gaes:

1. MANGA Plus by SHUEISHA

SHUEISHA merupakan penerbit majalah Jepang Weekly Shonen Jump. Mereka telah merilis berbagai manga populer seperti One Piece, Dragon Ball, Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba, dan lain-lain. 

SHUEISHA memulai layanan MANGA Plus pada tahun 2019 lalu. Mereka menawarkan manga Weekly Shonen Jump terbaru yang bisa dibaca online secara gratis. Perilisannya pun cukup cepat karena jadwal rilisnya bersamaan dengan terbitnya majalah WSJ di Jepang.

Tidak hanya itu saja, MANGA Plus juga menghadirkan terjemahan dalam bahasa Indonesia yang bisa dinikmati oleh kita semua.

Kamu tidak hanya bisa menikmati manga rilisan terbaru Weekly Shonen Jump saja di sini. Tetapi, kamu juga bisa membaca seri manga lawas seperti Naruto, Tokyo Ghoul, dan lain-lain.

2. Crunchyroll

Selain menyediakan anime, Crunchyroll juga menyediakan konten manga populer. Beberapa contohnya seperti Shingeki no Kyojin, Boruto. Bahkan, komik dari game Genshin Impact dan Honkai Impact 3rd juga bisa kamu baca lewat situs ini.

Beberapa manga bisa kamu baca secara gratis di sini. Tetapi, kamu harus berlangganan Crunchyroll Premium seharga $7.99 per bulan (sekitar Rp110.000 ) supaya bisa puas baca semua manga. Dalam status premium, kamu tak hanya bisa puas baca manga, tapi juga nonton anime di Crunchyroll!

Crunchyroll juga tidak hanya sebatas tempat untuk membaca manga atau menonton anime, tetapi ada forum diskusi terkait anime dan manga.

3. ComicWalker

ComicWalker merupakan situs baca manga online legal yang diterbitkan oleh Kadokawa Shoten. Ada banyak sekali pilihan manga yang dapat kamu baca, mulai dari Mobile Suit Gundam The Origins, Neon Genesis Evangelion. dan masih banyak lainnya. Terlebih lagi, kamu bisa membaca semuanya secara gratis!

Hanya saja, ComicWalker memiliki kekurangan yaitu hanya menyediakan tiga bahasa; yakni Jepang, Inggris, dan Mandarin saja.

4. Book Walker

Masih dari penerbit yang sama, Kadokawa, Book Walker adalah salah satu situs penyedia manga terbaik yang bisa kamu baca. Kamu bisa membaca manga dari Kadokawa seperti Shingeki no Kyojin, Edens Zero, Tokyo Revengers, dan masih banyak manga populer lainnya.

Book Walker juga tidak hanya dikenal sebagai penerbit manga terbaik, ada novel ringan yang juga disediakan pada situs ini, lho! Bisa dibilang, Book Walker ini menjadi surganya para wibu yang doyan baca manga dan novel ringan.

5. ComiXology

ComiXology merupakan situs penyedia komik yang dikelola oleh Amazon. Situs ini tidak hanya merilis manga rilisan Jepang, tetapi ada juga komik barat. Publisher komik barat ternama seperti Marvel dan DC tersedia di sini. Bahkan, ada juga komik rilisan ComiXology sendiri

Beberapa judul komik barat seperti Shang Chi, Vote Loki, tersedia di sini. Lalu, ada juga manga seperti Fullmetal Alchemist, Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba bisa dibaca di ComiXology.

6. VIZ Media

VIZ Media merupakan salah satu layanan yang paling inovatif di bidang penerbitan manga dan anime. Ragam manga populer dunia tersedia di situs ini. Contohnya seperti Detective Conan, One Piece, komik Studio Ghibli, dan lain-lain. 

VIZ Media tidak hanya menyediakan manga saja. Pengunjung bisa menikmati konten-konten menarik lain. VIZ Media juga puny konten berita terbaru seputar animanga. Selain itu, platform ini juga menyediakan serial anime seperti Boruto, One Piece, atau Inuyasha.

7. LINE Webtoon

LINE Webtoon merupakan tempat untuk membaca berbagai komik dan manhwa. Kamu bisa akses semua konten secara gratis dengan menggunakan ID LINE. Webtoon sendiri memang menjadi platform yang sangat terkenal. Bahkan, beberapa webtoon berkembang jadi sangat terkenal sehinggal diadaptasi menjadi anime atau drama Korea.

Tidak hanya komikus dari Korea, ada juga komikus asal Indonesia yang menerbitkan karyanya lewat platform ini, lho. 

8. KakaoPage

Sama seperti LINE Webtoon, KakaoPage ini menyediakan komik manhwa yang bisa diakses secara gratis. Ada banyak komik populer yang terbit dari KakaoPage, salah satunya adalah Solo Leveling. Saking populernya komik yang ada pada platform ini, beberapa judul pun diadaptasi menjadi drama Korea, contohnya adalah Itaewon Class!

Itulah pembahasan mengenai rekomendasi delapan tempat baca manga online legal yang menyediakan konten gratis dan berbayar. Sebenarnya, cukup mudah kan untuk membacanya secara legal?

Karena dengan membaca komik kesukaanmu di tempat yang benar, maka kamu sudah mendukung perkembangan industri komik di seluruh dunia.

More Stories
Rekap Akhir MPL Season 10: EVOS Legends Gagal Melaju ke Playoff