6 Fakta Grimmjow Bleach: Muncul Sebagai Karakter di Manga Tite Kubo Selain Bleach?

Dari sekian banyak tokoh antagonis dalam Bleach, mungkin Grimmjow adalah salah satu karakter yang paling populer.

Karakter ini juga muncul berkali-kali dan sering menantang Ichigo bertarung. Tak sampai di situ, Grimmjow juga beberapa kali membantu Ichigo bertarung seperti yang diperlihatkan dalam arcterakhir manga-nya, Thousand Year Blood War arc; yang nantinya akan diadaptasi menjadi anime.

Tak ayal, banyak fans yang berpendapat kalau Grimmjow adalah rival Ichigo dalam Bleach.

Akan tetapi, tahukah kamu kalau Grimmjow yang nantinya muncul kembali di arc terakhir manga dan anime Bleach adalah salah satu Arrancar yang selamat setelah peperangan melawan Quincy di Soul Society?

Apakah kamu juga tahu jika Grimmjow pernah “muncul” di manga selain Bleach? Berikut ini 6 fakta Grimmjow Bleach yang jarang diketahui oleh fans!

1. Kekuatannya Terus Meningkat Semenjak Dikalahkan Ichigo

Hal ini diceritakan dalam novel Bleach: Can’t Fear Your Own Worldyang ditulis oleh Narita Hyogo (kreator Durarara!).

Semenjak dikalahkan oleh Ichigo di Las Noches, Grimmjow terus bertarung demi meningkatkan kekuatannya. Kekuatannya ini terus meningkat hingga pada titik di mana, Tier Harribel yang merupakan Espada nomor 3, menghindari pertarungan dengan Grimmjow yang merupakan Espada nomor 6.

Dalam novel yang sama pula, kekuatan reiatsu Grimmjow mampu mengintimidasi Kugo Ginjo, pemimpin para Fullbring, dan Candice Catnipp, quincy dengan jabatan Strenritter. Kenpachi Zaraki bahkan ingin bertarung melawan Grimmjow yang menurutnya lebih kuat daripada Nnotria Gilga, Espada nomor 5 yang dulu pernah Kenpachi kalahkan.

2. Memiliki Resurreccion Kedua Seperti Ulquiorra

Dalam manga Bleach, Ulquiorra adalah satu-satunya Arrancar yang memliiki perubahan atau Resurreccion kedua—sesuatu yang bahkan tidak diketahui oleh Aizen. Nah, ternyata selain Ulquiorra, Grimmjow juga memiliki Resurreccionkedua, lho!

Perubahan kedua ini sendiri tidak muncul dalam manga, tetapi muncul dalam game Bleach: Brave Souls. Perubahan kedua ini hampir mirip dengan perubahan pertama Grimmjow dalam manga. Bedanya, tubuh bagian atasnya terlihat terbuka, kakinya memiliki corak unik, dan ekornya menjadi lebih panjang dengan variasi belang biru.

Sayangnya, karena Resurreccionini hanya muncul di game, maka bisa dibilang perubahan ini tidak canon dalam dunia Bleach.

3. Selamat dari Peperangan Melawan Quincy

Grimmjow turut berpartisipasi dalam peperangan antara Shinigami melawan Quincy pada arcterakhir Bleach. Dalam arctersebut, Grimmjow terlihat terakhir kali melawan dan membunuh Askin Nakk Levaar.

Sayangnya, nasibnya tidak diketahui setelah peperangan tersebut, karena ceritanya dipercepat (hal ini karena Shonen Jump selaku penerbit Bleachmeminta Bleachuntuk segera ditamatkan). Nah, bagi kamu yang penasaran dengan nasib Grimmjow setelah peperangan tersebut, maka jawabannya ada dalam novel Can’t Fear Your Own World.

Dalam novel yang dianggap canon tersebut, diceritakan kalau Grimmjow selamat setelah peperangan. Dia dan Nelliel bahkan diceritakan sempat pergi ke penjara Wahrwelt untuk menyelamatkan Tier Harribel yang dikurung. Ketiganya lalu kembali ke Hueco Mundo dengan selamat.

4. Menjadi Pemimpin Hueco Mundo bersama Nel dan Harribel

Semenjak kepergian Aizen, posisi pemimpin di Hueco Mundo secara otomatis beralih ke Espada terkuat yang masih hidup: Tier Harribel. Akan tetapi, Tier Harribel sendiri dikalahkan oleh Yhwach dan pasukan Quincy-nya. Harribel kemudian diselamatkan oleh Grimmjow dan Nelliel dan kembali ke Hueco Mundo.

Nah, dalam novel Can’t Fear Your Own World,diceritakan kalau di Hueco Mundo, Grimmjow bersama Nelliel dan Harribel menjadi pemimpin para Arrancar dan Hollow. Meksipun disebut pemimpin, tetapi Grimmjow sendiri tidak begitu mempedulikan posisinya. Yang dia pedulikan hanyalah mencari pertarungan melawan individu kuat untuk meningkatkan kekuatannya dan berevolusi menjadi Vasto Lorde.

5. Berperang Melawan Quincy di Hueco Mundo

Meskipun menyatakan kalau dirinya tidak peduli dengan posisi pemimpin di Hueco Mundo, tetapi Grimmjow membantu Nelliel dan Harribel dalam memukul mundur Quincy yang ada di Hueco Mundo. Mereka juga dibantu oleh Arrancar lain seperti Rudbornn Chelute, Loly Aivirrne, Menoly Mallia, dan Tres Bestias untuk membangun kembali Las Noches.
Saat melawan para Quincy, Grimmjow menolak melawan Quincy yang lemah dan hanya mau melawan Quincy yang kuat.

6. Desain Karakternya Mirip dengan Karakter Manga Zombie Powder

Menariknya, Grimmjow memiliki desain karakter yang mirip dengan Gamma Akutabi dari manga Zombie Powder. Manga ini sendiri juga merupakan manga ciptaan Tite Kubo sebelum dirinya menciptakan Bleach.

Zombie Powder sendiri adalah manga yang menceritakan tentang petualangan para Powder Hunter yang mencari zombie powder, sebuah powder yang disebut-sebut bisa memberi keabadian kepada penggunanya dan bahkan menghidupkan kembali orang yang telah mati.

More Stories
10 Fakta Yhwach Bleach: Pemimpin Quincy, Anak Soul King?