7 Fakta Orihime Inoue Bleach: Manusia Berkemampuan Setingkat Dewa!

Orihime Inoue dikenal sebagai seorang karakter pendukung di anime Bleach. Inoue jadi penting bagi kelompoknya, karena ia punya kemampuan penyembuh yang membuat karakter lain jadi bisa bertarung lagi-contohnya Ichigo Kurosaki.

Akan tetapi, ternyata seiring berjalannya cerita, diungkapkan kalau kekuatan Orihime ini sebenarnya bukanlah menyembuhkan luka, lho!

Aizen menyembut kekuatan milik Orihime sebagai “sesuatu yang melanggar aturan dewa”.

Apakah itu? Berikut ini 7 fakta Orihime Inoue, manusia yang memiliki kemampuan dalam ranah dewa!

1. Kekuatannya Bangkit Karena Hogyoku

Aizen mengatakan kalau kekuatan Orihime bangkit karena Hogyoku. Hogyoku sendiri adalah sebuah orb misterius yang mampu mengabulkan keinginan terdalam dari hati seseorang.

Orihime mendapatkan kekuatannya setelah dia merasa tidak berdaya ketika berhadapan dengan hollow dan ingin menyelamatkan sahabatnya, Tatsuki Arisawa.

Hogyoku yang saat itu disembunyikan Urahara dalam gigai. Rukia Kuchiki pun mendengarkan hal tersebut dan membangkitkan kekuatan supernatural Orihime.

Kekuatan Orihime bersemanyam dalam jepit rambut yang merupakan peninggalan kakaknya. Orihime dapat menggunakan kekuatan supernaturalnya ini untuk menyerang, “menyembuhkan” luka, dan membuat perisai pelindung.

2. Jepit Rambutnya Adalah “Zanpakutou” Inoue

Hachigen Usoda, salah satu anggota Visored, mengatakan bahwa jepit rambut Orihime yang bisa berubah menjadi spirit. Ia lalu menggunakan jepit rambut tersebut mirip seperti konsep zanpakutou.

Hachigen mengatakan bahwa, jepit rambut Orihime dan zanpakutou shinigami adalah manifestasi dari kekuatan supernatural pemiliknya.

Hachigen pun mengajari Orihime untuk memperbaiki Tsubaki, meskipun Orihime tidak memiliki pecahan jepit rambutnya sama sekali.

3. Kekuatannya Bukan “Menyembuhkan”

Kekuatan sesungguhnya Orihime ternyata bukan menyembuhkan!

Sebenarnya, Orihime bisa “menolak” suatu fenomena, misal kerusakan atau luka anggota tubuh. Gara-gara hal itu, tentunya banyak orang mengira kalau Orihime bisa luka.

Secara konsep, kekuatan Orihime bisa mengembalikan kondisi suatu obyek menjadi seperti sebelumnya (dari tubuh yang terluka menjadi sehat kembali). Bisa dibilang, kekuatan Orihime yang sebenarnya adalah memutar balik waktu.

Aizen berkata bahwa kekuatan Orihime sebenarnya sudah memasuki ranah dewa—sesuatu yang terlarang bagi seorang manusia.

Meskipun begitu, kekuatan ini tidak bisa digunakan untuk mengembalikan Soul King seperti semula setelah terbunuh oleh Yhwach.

Hal ini karena Soul King adalah makhluk spesial yang benar-benar berbeda dengan segala hal di dunia.

4. Bisa Menghidupkan Kembali Orang Mati

Karena kemampuannya dasarnya adalah mengembalikan kondisi suatu obyek ke kondisi awal, maka Orihime pun bisa menggunakan kekuatannya untuk menghidupkan orang mati.

Kekuatan itu diperlihatkan Orihime di Hueco Mundo.

Saat itu, Orihime “menyembuhkan” kembali Arrancar Loly Aivirme yang terluka dan menghidupkan kembali Menoly Mallia yang seharusnya sudah tewas terkena serangan Grimmjow.

5. Kemampuan Orihime Tetap Memiliki Kelemahan

Meskipun memiliki kekuatan yang masuk dalam ranah dewa, tetapi kemampuan Orihime tetap memiliki kelemahan.

Kelemahan pertama dijelaskan oleh Arrancar Tesra.

Dia mengatakan, meskipun serangan Orihime kuat, tetapi benda fisik yang menjadi sumber serangannya sangatlah lemah. Maksudnya benda fisik, adalah jepit rambutnya, yang bisa dihancurkan dengan mudah.

Kelemahan kedua adalah, serangan Orihime sangat bergantung kepada kekuatan tekadnya; dan ini kelemahan fatal.

Emosi-emosi negatif seperti, rasa ragu atau khawatir akan membuat serangannya lemah. Belum lagi, pada dasarnya Orihime benci kekerasan.

Hal tersebut bisa mengurangi daya serang Orihime secara drastis dan membuat jepit rambutnya mudah dihancurkan. Contohnya adalah ketika Tsubaki untuk menyerang Yammy Llargo.

Tsubaki mengomentari bahwa tekad Orihime yang setengah-setengah membuat serangannya dengan mudah dipentalkan.

6. Masuk Kategori “Fullbringer”

Pada dasarnya, Fullbringer adalah manusia yang memiliki kemampuan untuk memanipulasi kekuatan supernatural yang berada di dalam suatu obyek.

Kebanyakan dari mereka terlahir dari ibu yang selamat dari serangan hollow. Oleh karena itu, bisa dibilang bahwa Fullbringer terlahir karena “infeksi” dari reiatsu hollow.

Nah, meskipun Orihime membangkitkan kekuatannya karena efek Hogyoku, tetapi Kisuke Urahara mengatakan bahwa Orihime (dan Yasutora Sado) masuk ke dalam kategori Fullbringer.

Novel Bleach: Can’t Fear Your Own World, yang ditulis oleh Narita Ryogo, menceritakan hal tersebut.

7. Dalam Cerita One-Shot, Kisah Hidup Orihime Berbeda Jauh

Menariknya, dalam manga one-shot Bleach yang dibuat sebelum Bleach menjadi cerita berseri, skenario hidup Orihime ternyata beda jauh.

Manga one-shot menceritakan Orihime meninggal setelah jatuh dari tangga.

Dalam one-shot tersebut, Ichigo Kurosaki sebagai seorang shinigami mendapatkan tugas untuk mengirimkan arwah Orihime ke Soul Society.

Menariknya lagi, berbeda dengan versi manga yang kita kenal saat ini, hollow yang berusaha untuk membunuh Orihime, bukanlah kakaknya, tetapi ayahnya yang sudah meninggal.

Dia mendorong Orihime jatuh dari tangga dan hendak memakannya sebagai hollow. Pada akhirnya, masalah dengan hollow ayah Orihime selesai dan Orihime meninggal dan dibawa ke Soul Society.

Itulah beberapa fakta Orihime Inoue. Ternyata, karakter yang satu ini sakti juga yah kekuatannya! Share artikel ini dan tuliskan pendapatmu soal karakter Bleach yang satu ini ya!

More Stories
Fakta Unik Jujutsu Kaisen yang Mungkin Belum Kalian Tahu!