7 Fakta Rukia Kuchiki Bleach: Karakter Pertama Ciptaan Tite Kubo?

Rukia Kuchiki Bleach

Rukia Kuchiki bisa dibilang sebagai protagonis kedua setelah Ichigo Kurosaki di dalam manga/anime Bleach. Dia adalah karakter yang pertama kali muncul di manga.

Kisahnya berawal sebagai seorang Shinigami biasa, kehilangan kekuatannya, menjadi Kapten Divisi 13, lalu berakhir dengan menikahi Renji Abarai di penghujung kisah Bleach.

Menariknya, setelah menikah dengan Renji, nama belakang Rukia tidak berubah menjadi Abarai—seperti kebanyakan wanita Jepang yang menikah.

Selain itu, tahukah kamu kalau Rukia memiliki bankai yang sangat berbahaya bahkan bagi dirinya sendiri? Berikut ini adalah 7 fakta Rukia Kuchiki yang menarik untuk kalian ketahui!

1. Karakter Pertama Bleach yang Diciptakan Tite Kubo

Meskipun gelar karakter utama adalah milik Ichigo Kurosaki, tetapi karakter yang pertama kali muncul di manga Bleach sebenernya Rukia, lho!

Tidak sampai di situ. Menariknya, ketika pertama kali membuat manga Bleach, Tite Kubo selaku kreator ingin menggambar karakter Shinigami menggunakan kimono. Nah, karakter yang dia gambar pertama kali adalah Rukia Kuchiki.

Hal ini membuat Rukia resmi sebagai karakter pertama yang lahir di manga Bleach.

2. Sejak Awal Memiliki Kemampuan untuk Menjadi Wakil Kapten

Meskipun diperkenalkan sebagai Shinigami biasa di awal cerita, namun ternyata Rukia memiliki kemampuan yang setara dengan penjabat bangku dan bahkan wakil kapten, lho!

Hal ini disebutkan sendiri oleh Artificial Soul Chappy milik Rukia.

Chappy menyebutkan bahwa Rukia sejak awal memiliki kemampuan yang setara dengan pejabat bangku. Akan tetapi, Rukia tidak mendapatkan jabatan tersebut karena campur tangan kakaknya, Byakuya Kuchiki.

Byakuya menghalangi Rukia agar naik jabatan karena tidak ingin Rukia dalam bahaya.

Hal ini dikarenakan jika jabatan seorang Shinigami naik, maka misi yang dia dapatkan pun akan lebih berbahaya.

3. Pose Shikai Rukia Kuchiki Mirip Dengan Pose Bankai Byakuya

Kebanyakan Shinigami memiliki pose unik ketika mengubah zanpakutou mereka ke tahap selanjutnya—tidak terkecuali Rukia.

Ketika memanggil nama shikai zanpakutou-nya, Sode no Shirayuki, Rukia akan berpose dengan merentangkan tangannya ke depan dan mengarahkan ujung pedangnya ke bawah.

Menariknya, pose ini mirip dengan Byakuya, lho!

Bedanya, jika Rukia melakukan pose tersebut ketika memanggil shikai miliknya, maka Byakuya melakukan pose tersebut ketika memanggil bankai-nya, Zenbonzakura Kageyoshi.

Bedanya lagi, Byakuya akan melepaskan pedangnya ke atas tanah.

Lalu setelah itu membiarkan Zenbonzakura menembus tanah seperti menembus air, hingga muncul kembali dalam bentuk bilah pedang raksasa dari tanah dalam jumlah yang banyak dan berubah menjadi bilah kecil bagaikan bunga sakura.

4. Shikai-nya hanya Perpanjangan Jangkauan Serang

Meskipun terlihat seperti mengeluarkan es dari pedangnya, tetapi kekuatan zanpakutou Rukia sebenarnya bukanlah menghasilkan es dari pedangnya, lho!

Rukia menjelaskan bahwa pedangnya hanyalah perpanjangan tangannya atau perpanjangan jangkauan serangannya.

Kekuatan sebenarnya dari Sode no Shirayuki adalah mengatur temperatur tubuh penggunanya hingga suhu dingin yang ekstrem. Temperatur tubuhnya ini akan mempengaruhi segala sesuatu yang berada di sekitarnya.

5. Bankai-nya Berbahaya bagi Dirinya Sendiri

Di penghujung kisah Bleach, Thousand Year Blood War, Rukia akhirnya mendapatkan bankai-nya, Hakka no Togame.

Bankai milik Rukia ini memperluas area yang dibekukan oleh Rukia hingga mencapai titik 0 absolut (absolute zero) di mana segala molekul membeku, berhenti, membuat segala makhluk hidup mati.

Proses pembekuan ini sendiri berlangsung secara instan ketika Rukia memanggil bankai-nya.

Meskipun terlihat kuat, tetapi Byakuya berkata kalau bankai Rukia adalah salah satu bankai yang sangat sulit untuk dikuasai.

Tingkat kesulitannya sangat tinggi sampai-sampai jika Rukia tidak berhati-hati mengatur suhu tubuhnya, maka dia sendiri bisa mati.

6. Sering Muncul di Berbagai Novel Bleach

Selain manga, Bleach juga memiliki banyak kisah lain dalam bentuk novel, lho!

Nah, Rukia adalah salah satu karakter yang paling sering muncul dalam berbagai novel Bleach yang pernah dirilis.

Terhitung, Rukia muncul di 4 dari 6 novel Bleach yang pernah dirilis. Novel tersebut antara lain: Letters From The Other Side, The Honey Dish Rhapsody, The Death Save The Strawberry,dan WE DO knot ALWAYS LOVE YOU.

7. Nama Keluarga dan Nama Tentara Berbeda

Di akhir kisah Bleach, Rukia diangkat menjadi Kapten Divisi 13.

Tidak hanya itu, dia juga menikah dengan Renji Abarai dan memiliki anak bernama Ichika Abarai.

Menariknya, setelah menikah dengan Renji, nama keluarga Rukia ketika diperkenalkan sebagai kapten tetap Kuchiki dan bukan Abarai.

Padahal, dalam budaya Jepang, seharusnya nama keluarganya mengikuti nama suaminya.

Hal ini dijelaskan dalam novel WE DO knot ALWAYS LOVE YOU yang menceritakan hubungan Rukia dan Renji.

Dalam novel tersebut diceritakan jika Rukia mendaftarkan namanya sebagai Rukia Abarai di surat pernikahannya dengan Renji.

Akan tetapi, Rukia memutuskan untuk tetap menggunakan nama Kuchiki yang sudah terdaftar di Gotei 13. Dengan kata lain, Rukia Abarai adalah nama pribadinya, sementara Rukia Kuchiki adalah nama profesionalnya.

More Stories
Timnas Dota Indonesia IESF
Timnas DOTA 2 Indonesia Tumbangkan Aljazair di IESF 2022